Tutup Menu
LIVESTREAM
Artikel
Logo KPK
Sumber :
  • Antara

KPK Panggil 11 Saksi Pengadaan Barang Covid-19 di Bandung Barat

Jumat, 11 Juni 2021 - 12:52 WIB
Oleh :

Jakarta, 11/6  - KPK memanggil 11 orang saksi dalam penyidikan kasus dugaan korupsi terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19 pada Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020.

"Hari ini dijadwalkan pemeriksaan 11 orang saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19 pada Dinas Sosial Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Jumat.

Sebelas orang yang dipanggil adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Pemerintah Kabupaten Bandung Barat Asep Wahyu FS; Kabid Pendapatan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemkab Bandung Barat Rega Wiguna; Kepala Dinas Sosial Pemkab Bandung Barat Sri Dustirawati; Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemkab Bandung Barat Ade Zakir.

Selanjutnya seorang ibu rumah tangga Floren Sisca Della; karyawan PT Jagat Dir Gantara Bagian Administrasi Umum Donih Adhy Heryady; pihak swasta Mohammad Riyad Mintarja; wiraswasta Djohan Chaerudin; Ajudan Bupati Bandung Barat Wisnu Jaya Prasetia.

Kemudian Staf Pengelola Persidangan pada Sub Bagian Persidangan dan Perundang-undangan pada Sekretariat DPRD Kabupaten Bandung Barat Dicky Yuswandira serta Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Asep Sodikin.

"Pemeriksaan dilakukan di Kantor Polres Cimahi Jalan Jend H Amir Machmud No 333, Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi," tambah Ali.

KPK telah menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus tersebut yaitu Bupati Bandung Barat nonaktif Aa Umbara Sutisna (AUS), Andri Wibawa (AW) dari pihak swasta yang juga anak Aa Umbara, dan pemilik PT Jagat Dir Gantara dan CV Sentral Sayuran Garden City Lembang M Totoh Gunawan (MTG).

Dalam konstruksi perkara ini yaitu pada Maret 2020 dengan adanya pandemi COVID-19, Pemkab Bandung Barat menganggarkan sejumlah dana untuk penanggulangan pandemi COVID-19 dengan melakukan "refocusing" anggaran APBD Tahun 2020 pada Belanja Tidak Terduga (BTT).

Dengan menggunakan bendera CV Jayakusuma Cipta Mandiri (JCM) dan CV Satria Jakatamilung (SJ), Andri mendapatkan paket pekerjaan dengan total senilai Rp36 miliar untuk pengadaan paket bahan pangan Bantuan Sosial Jaring Pengaman Sosial (Bansos JPS).

Sedangkan M Totoh dengan menggunakan PT JDG dan CV SSGCL mendapatkan paket pekerjaan dengan total senilai Rp15,8 miliar untuk pengadaan bahan pangan Bansos JPS dan Bantuan Sosial terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (Bansos PSBB).

Dari kegiatan pengadaan tersebut, Aa Umbara diduga telah menerima uang sejumlah sekitar Rp1 miliar yang sumbernya disisihkan oleh M Totoh dari nilai harga per paket sembako yang ditempelkan stiker bergambar Aa Umbara untuk dibagikan pada masyarakat Kabupaten Bandung Barat.

Sementara M Totoh diduga telah menerima keuntungan sejumlah sekitar Rp2 miliar dan Andri juga diduga menerima keuntungan sejumlah sekitar Rp2,7 miliar.

Selain itu, Aa Umbara juga diduga menerima gratifikasi dari berbagai dinas di Pemkab Bandung Barat dan para pihak swasta yang mengerjakan berbagai proyek di Kabupaten Bandung Barat sejumlah sekitar Rp1 miliar dan fakta ini masih terus akan didalami oleh tim penyidik KPK. (ade/antara).

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Pasien Positif Covid-19 di Kendari Terus Bertambah

Pasien Positif Covid-19 di Kendari Terus Bertambah

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Kendari, per tanggal 23 Juni terdapat penambahan 46 pasien hingga total yang terkonfirmasi menjadi 197 orang.
Polisi Ringkus Pembunuh Pemulung di Pasar Tasikmalaya

Polisi Ringkus Pembunuh Pemulung di Pasar Tasikmalaya

Satreskrim Polresta Tasikmalaya berhasil menangkap seorang pria terduga pelaku pembunuhan di kompleks Pasar HPKP Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.
Belanda Tanpa Luuk de Jong di Sisa Euro 2020 Akibat Cedera

Belanda Tanpa Luuk de Jong di Sisa Euro 2020 Akibat Cedera

Penyerang timnas Belanda Luuk de Jong terpaksa mengakhiri kiprahnya di ajang Piala Eropa 2020 setelah mengalami cedera lutut dalam sesi latihan, kata asosiasi sepak bola Belanda (KNVB) dalam sebuah pernyataan.
Mantan Direktur Garuda Indonesia Hadinoto Soedigno Divonis 8 Tahun Penjara

Mantan Direktur Garuda Indonesia Hadinoto Soedigno Divonis 8 Tahun Penjara

Hadinoto Soedigno divonis 8 tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 3 bulan kurungan karena terbukti menerima suap dan pencucian uang terkait pengadaan pesawat.
Taman Mini Indonesia Indah Tutup Sementara Layanan Operasional

Taman Mini Indonesia Indah Tutup Sementara Layanan Operasional

Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, menutup sementara layanan operasional sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan, untuk pengunjung mulai Rabu siang.
Pembatasan Mobilitas Jakarta Tidak Berlaku Bagi Ojek Daring

Pembatasan Mobilitas Jakarta Tidak Berlaku Bagi Ojek Daring

Pembatasan mobilitas di 10 ruas jalan Jakarta pada pukul 21.00-04.00 WIB tidak berlaku bagi ojek daring (ojek online/ojol).
Trending
Anjing Pelacak Bantu Penyekatan Suramadu

Anjing Pelacak Bantu Penyekatan Suramadu

"Penambahan pasukan dan juga penambahan K9 yang kita tempatkan di beberapa titik dan lokasi yang dimungkinkan terjadi kerusakan-kerusakan seperti beberapa waktu lalu," ujar Wakapolres.
Banyak Luka di Perut Pemuda yang Tewas di Pasar Tasikmalaya

Banyak Luka di Perut Pemuda yang Tewas di Pasar Tasikmalaya

Korban juga tampak lari dan dikejar oleh pelaku, tetapi beberapa saat kemudian korban sudah tersungkur di lantai pasar, dengan sejumlah luka pada bagian perut dan dada.
Luka Modric cs Bawa Kroasia Raih

Luka Modric cs Bawa Kroasia Raih "runner-up" Grup D Usai Bungkam Skotlandia 3-1

Tim nasional Kroasia lolos ke babak 16 besar Euro 2020 selaku runner-up Grup D seusai membungkam Skotlandia 3-1 di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia.
Pelaku Penembakan di Mangga Besar Ditangkap

Pelaku Penembakan di Mangga Besar Ditangkap

Polisi berhasil menangkap sepuluh pelaku keributan yang berakhir dengan penembakan terhadap Mochamad Idris Saputra. Dua di antara sepuluh pelaku yang diamankan merupakan wanita.
Parah! Ada 1078 Pasien Anak di RSDC Wisma Atlet

Parah! Ada 1078 Pasien Anak di RSDC Wisma Atlet

"Memang setelah lebaran sesuai yang kita prediksi akan meningkat dan meningkatnya lebih dari bulan Januari," kata Arifin.
Erick Tohir Rilis Ivermectin, Saham Indofarma Melonjak

Erick Tohir Rilis Ivermectin, Saham Indofarma Melonjak

Saham INAF melesat 8,53% menjadi Rp2.800 per saham, Setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, merilis Ivermectin.
Covid-19 Melonjak Insentif Pajak Diperpanjang

Covid-19 Melonjak Insentif Pajak Diperpanjang

Sejumlah insentif pajak akan diperpanjang hingga akhir tahun 2021, mengingat terdapat sejumlah insentif pajak yang seharusnya akan berakhir bulan Juni ini.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
02:30 - 03:00
Kabar Hari Ini
03:00 - 03:30
Buru Sergap
03:30 - 04:00
Sidik Jari
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
Selengkapnya