Tutup Menu
LIVESTREAM

Pelapor Paparkan Mengenai Kisruh Klaim Obat Corona

Kamis, 6 Agustus 2020
Oleh :

APA KABAR INDONESIA PAGI - Hadi Pranoto dan Anji dianggap menyebarkan informasi yang menyesatkan sehingga dilaporkan Muannas Alaidid atas dugaan pidana ITE.

Muannas berharap laporannya akan segera diproses pihak kepolisian. Sebab ia menulai, pernyataan Hadi dan Anji telah meresahkan masyarakat.

"Kita lebih melihat Pak Hadi mencoba membela diri dengan seolah-olah menunjukkan kepada publik bahwa ini adalah sebuah karya anak bangsa yang harus didukung. Padahal itu bukan yang dipersoalkan," ujar Muannas kepada tvOne.

Ia lalu mencontohkan beberapa hal yang menurutnya harus dikonfirmasi terlebih dahulu, seperti profil dan latar belakang Hadi Pranoto.

"Profilnya saja dia tidak bisa menjelaskan, tentang profesor misalnya. Di beberapa kesempatan Anji juga menyebut sebagai 'dok' atau dokter. Ternyata IDI sendiri membantah dan dia tidak terdaftar di database IDI sebagai dokter. Minimal di tayangan itu dia klarifikasi bahwa dia tidak punya profil (dokter) seperti itu," katanya lagi.

Muannas berpendapat dengan adanya hal tersebut maka Hadi telah memberikan informasi yang menyesatkan. Terutama karena Hadi telah menyebut produk herbalnya sebagai obat.

Masih dalam acara tersebut, Hadi beralasan riset dan produk herbal yang ia keluarkan itu dibuat dengan alasan kemanusiaan.

"Pas waktu Covid ini meledak kami berusaha sebisa mungkin untuk membantu Pemerintah dan terutama memberikan suatu kepastian hidup kepada saudara-saudara kita," tutur Hadi.

Hadi Pranoto sempat viral karena mengklaim telah menemukan obat herbal anti Corona yang bisa mencegah dan menyembuhkan pasien yang telah terinfeksi. Ia juga mengatakan bahwa herbalnya telah melewati tahap uji klinis secara independen.

Ia juga mengatakan sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan menjual produk tersebut ke masyarakat.

Nama Hadi Pranoto mendadak jadi buah bibir netizen usai tampil di video penyanyi Anji.

Banyak netizen menilai bahwa Hadi Pranoto memberikan informasi soal obat Corona yang menyesatkan. Keterangan rinci tentang sosok Hadi Pranoto memang sulit untuk dicari. Namun, di depan Anji, Hadi mengaku telah menemukan obat Corona lewat penelitian yang dilakukannya.

Perbincangan Anji dan Hadi Pranoto sebelumnya diunggah dalam kanal YouTube dunia MANJI dengan judul "Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!". Namun kini video itu sudah dihapus oleh YouTube karena dianggap melanggar pedoman komunitas.

(Lihat juga: Polisi Akan Panggil Pelapor Serta Anji dan Hadi Pranoto Terkait Klaim Obat Corona)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Jangan Lewatkan
Pasien Positif Covid-19 di Kendari Terus Bertambah

Pasien Positif Covid-19 di Kendari Terus Bertambah

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Kendari, per tanggal 23 Juni terdapat penambahan 46 pasien hingga total yang terkonfirmasi menjadi 197 orang.
Polisi Ringkus Pembunuh Pemulung di Pasar Tasikmalaya

Polisi Ringkus Pembunuh Pemulung di Pasar Tasikmalaya

Satreskrim Polresta Tasikmalaya berhasil menangkap seorang pria terduga pelaku pembunuhan di kompleks Pasar HPKP Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.
Belanda Tanpa Luuk de Jong di Sisa Euro 2020 Akibat Cedera

Belanda Tanpa Luuk de Jong di Sisa Euro 2020 Akibat Cedera

Penyerang timnas Belanda Luuk de Jong terpaksa mengakhiri kiprahnya di ajang Piala Eropa 2020 setelah mengalami cedera lutut dalam sesi latihan, kata asosiasi sepak bola Belanda (KNVB) dalam sebuah pernyataan.
Mantan Direktur Garuda Indonesia Hadinoto Soedigno Divonis 8 Tahun Penjara

Mantan Direktur Garuda Indonesia Hadinoto Soedigno Divonis 8 Tahun Penjara

Hadinoto Soedigno divonis 8 tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 3 bulan kurungan karena terbukti menerima suap dan pencucian uang terkait pengadaan pesawat.
Taman Mini Indonesia Indah Tutup Sementara Layanan Operasional

Taman Mini Indonesia Indah Tutup Sementara Layanan Operasional

Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, menutup sementara layanan operasional sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan, untuk pengunjung mulai Rabu siang.
Pembatasan Mobilitas Jakarta Tidak Berlaku Bagi Ojek Daring

Pembatasan Mobilitas Jakarta Tidak Berlaku Bagi Ojek Daring

Pembatasan mobilitas di 10 ruas jalan Jakarta pada pukul 21.00-04.00 WIB tidak berlaku bagi ojek daring (ojek online/ojol).
Sejumlah Kantor di Jakarta Terapkan PPKM Mikro

Sejumlah Kantor di Jakarta Terapkan PPKM Mikro

Sejumlah kantor di DKI Jakarta telah menerapkan PPKM Mikro, dengan tidak mempekerjakan di kantor sebagian besar pekerjanya.
Gubernur Aceh Kembali Perpanjang PPKM Berbasis Mikro

Gubernur Aceh Kembali Perpanjang PPKM Berbasis Mikro

Gubernur Aceh Nova Iriansyah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro untuk pengendalian penyebaran COVID-19.
Harga Sapi Kurban Mulai Naik

Harga Sapi Kurban Mulai Naik

Di pasar hewan di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, berbagai jenis sapi jantan kualitas kurban mulai mengalami lonjakan harga.
Industri Pengolahan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara

Industri Pengolahan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara

Pertumbuhan ekonomi Maluku Utara di kuartal I-2021 mencapai angka 7%. Peningkatan ekonomi ini, tidak terlepas dari hadirnya industri pengolahan mineral logam yang berada di tiga daerah .
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
02:30 - 03:00
Kabar Hari Ini
03:00 - 03:30
Buru Sergap
03:30 - 04:00
Sidik Jari
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
Selengkapnya