Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Diduga Angkat Kasus Korupsi, Rumah Jurnalis Disulut Api

Rabu, 19 Januari 2022
Oleh :

Aceh - Selasa dini hari, 30 Juli 2019, belas Asnawi Ruby yang tengah terlelap dibuat terkejut rumahnya Kecamatan Lawe Sigala-gala, Aceh Tenggara itu dibakar orang tak dikenal.

Selain diketahui sebagai jurnalis Serambi Indonesia, Asnawi juga dikenal lantang melontarkan kritik terhadap berbagai hal yang dianggapnya menyimpang. Sehari berikutnya, Asnawi melapor ke Polres Aceh Tenggara namun lebih dari 2 tahun kasusnya mandek hingga diambil alih Ditreskrimum Polda Aceh pada 5 Oktober 2021.

Dari hasil penyelidikan sementara mengungkapkan, pelaku pembakaran itu diduga mengarah ke oknum anggota TNI. Informasi beredar inisial terduga pelaku berinisial HW, berpangkat Sersan Satu.

Lebih dari 2 tahun misteri pembakaran rumah Asnawi seperti terkatung-katung. Tapi kini di tangan Pomdam Iskandar Muda, harapan agar kasus ini lekas terungkap. 

Harapan besar itu tak hanya datang dari Asnawi sebagai korban, namun juga dewan pers, apalagi pihak TNI juga berjanji akan mengusut tuntas jika benar ada oknum anggotanya yang terlibat dalam tindak pidana ini.

Kendati masih teka-teki, namun latar belakang pembakaran rumah Asnawi itu diduga terkait dengan sejumlah pemberitaan kasus korupsi yang diturunkannya. Salah satu isu menonjol saat itu adalah dugaan korupsi Jalan Muara Situlen Gelombang di Kabupaten Aceh Tenggara Tahun Anggaran 2018.

Nilai proyek itu mencapai Rp 11,6 miliar yang diambil dari dana otonomi khusus Aceh di dinas PUPR Aceh. Sedangkan perkiraan kerugian negara disebut-sebut sekitar Rp 4,2 miliar.

Insiden pembakaran rumah itu masih meninggalkan trauma pada Asnawi maupun keluarganya. Kini mereka pun telah meninggalkan Desa Lawe Loning Aman ke Banda Aceh yang terpisah hampir 600 kilometer arah barat laut. Kesan baik Asnawi dikenang betul oleh tetangga sekitarnya.

Proses hukum yang dijalani Asnawi tampaknya masih panjang. Akankah Asnawi mendapatkan keadilan, ataukah sebaliknya? Waktu jualah yang kelak menjawabnya.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:13

Dalam Pengaruh Miras, Seorang Pria di Murung Raya Tewas Dibunuh Teman Sendiri

Berselisih saat dalam pengaruh alkohol, seorang pria tewas dibunuh temannya di Permata intan, Murung Raya, Kalimantan Tengah.
img_title
01:44

Tak Pulang Semalaman, Pedagang Rujak di Pidie Ditemukan Tewas di Warungnya

Seorang pedagang rujak tewas di warung miliknya di Pidie, Aceh. Pada jasad ditemukan luka akibat senjata tajam.
img_title
02:11

Pura-Pura Jadi Intel Untuk Gasak Motor, Pelaku Menangis saat Ditangkap

Berpura-pura menjadi Intel, seorang pemuda berupaya mencuri sepeda motor. Menariknya ketika digelandang ke kantor polisi, si pemuda justru menangis histeris di hadapan penyidik.
img_title
01:06

Sidang Kasus Pembunuhan Diwarnai Kericuhan

Sidang kasus pembunuhan imam masjid di Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan berlangsung ricuh.
img_title
02:12

Detik-detik Sopir Taksi Online di Palembang Dirampok, Pelaku Bawa Alat Setrum 12.000 Volt

Seorang sopir taksi online nyaris dirampok penumpangnya. Namun korban berhasil keluar dan meminta tolong kepada warga.
img_title
02:36

Modus Pura-Pura Pingsan Pengedar Sabu saat Hendak Ditangkap Polisi

Residivis kasus perampokan pencurian sekaligus pengedar narkoba kelas kakap di Suradadi Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pingsan ketika polisi menemukan sabu siap edar.
img_title
02:05

Warga Bekasi Digegerkan oleh Penemuan Jasad Pria di Gedung Kosong

Jasad seorang pria bertato ditemukan di belakang bangunan kosong di bantaran Kali CBL, Desa Kertamukti, Cibitung, Kabupaten Bekasi.
img_title
03:07

Nyamar Jadi Tamu Undangan, Pria Mencuri di Acara Nikahan

Seorang pelaku pencurian sepeda motor babak belur diamuk massa setelah kepergok mencuri sepeda motor tamu undangan pernikahan.
img_title
04:03

Diduga Depresi, Ibu Tega Lukai Anaknya yang Masih Balita

Seorang ibu rumah tangga di Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, Jambi tega melukai anak kandungnya sendiri yang masih berusia 13 bulan.
img_title
01:13

Viral Polisi Pekanbaru Ditikam di Depan Rumah, Istri Histeris

Seorang pria nekat menikam seorang anggota kepolisian di depan rumahnya di Pekanbaru, Riau. Aksi nekat ini terekam kamera pengawas yang terpasang di rumah korban.
img_title
01:28

Cinta Segitiga, Motif Dibalik Pembunuhan Dini Nurdiani

Motif aksi keji Nur Umayyah pelaku pembunuhan wanita yang hilang berpamitan untuk berbuka puasa bersama, perlahan mulai terungkap.
img_title
41:06

[FULL] Gorden 43 Miliar, Anggaran Fantastis Rumah Dinas DPR | Fakta

Pembaruan gorden untuk rumah dinas anggota DPR RI menuai polemik. Pasalnya anggaran yang dikucurkan untuk 505 unit rumah dinas itu menyentuh angka fantastis
img_title
02:33

Tragis! Pria di Batanghari Tewas Dibunuh Teman di Depan Anak

Seorang pria di kabupaten Batanghari Jambi tewas dibunuh rekannya sendiri. Tragisnya korban dihabisi di hadapan putranya yang masih berusia lima tahun.
img_title
01:38

Penemuan Mayat Laki-Laki di Gunung Kendil Gegerkan Warga Madiun

Penemuan mayat laki-laki tanpa identitas yang sudah membusuk di Pegunungan Kendil di Kabupaten Madiun,  Jawa Timur menggegerkan warga.
img_title
01:12

Sopir Truk Korban Begal Diselamatkan Warga Sekitar

Seorang sopir truk menjadi korban begal. Video amatir saat Sejumlah warga menyelamatkannya di semak-semak dengan kondisi tangan terikat lakban, viral di media sosial.
img_title
01:47

BEJAT! Ayah Kandung Tega Cabuli Anak Kandungnya

Seorang ayah di Kepahiang Bengkulu tega memperkosa putri kandungnya yang masih di bawah umur. Mirisnya korban diperkosai saat pulang dari pesantren.
img_title
01:56

Jatah Makan Siang Terlambat, Pemuda di Bandar Lampung Ngamuk

Gara-gara telat memberikan jatah makan siang, sekelompok pemuda bersenjata tajam mengamuk di kawasan wisata Pantai Tiska.
img_title
02:25

Renggut Nyawa Seorang Wanita, Mulyadi Dicari Warga

Pasca pembunuhan seorang janda warga Gunung Bentang, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat hari Minggu lalu, sejumlah warga desa setempat mengejar pelaku yang melarikan diri ke perbukitan dan Gunung Halimun Cipatat.
img_title
18:43

Pencuri Spesialis Pecah Kaca | Buru Sergap

Aksi pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil kian marak di Kota Cirebon, Jawa Barat. Sindikat ini mengincar barang-barang yang ditinggalkan di dalam mobil
img_title
01:22

Pria Mabuk Nekat Ajak Duel Polisi di Pati

Aksi pria menantang duel petugas kepolisian viral di media sosial. pria ini diduga berada di bawah pengaruh minuman keras. 
Jangan Lewatkan
Aktor Squid Game, Lee Jung Jae Dapat Standing Ovation Debut Penyutradaraan di Cannes

Aktor Squid Game, Lee Jung Jae Dapat Standing Ovation Debut Penyutradaraan di Cannes

Aktor serial netflix sensasional Squid Game Lee Jung Jae membuat debut penyutradaraan dengan film thriller aksi spionase Hunt, tayang perdana di Cannes ke-75.
Fenomena Langka! Kota Binjai Diguyur Hujan es

Fenomena Langka! Kota Binjai Diguyur Hujan es

Butiran es sebesar guli menghantam seng dan membanjiri halaman rumah warga, di Kota Binjai, Sumatera Utara, pada Minggu (22/5/2022) sore
Tim Basket Putri pun Cetak Sejarah: Hat-trick Final SEA Games

Tim Basket Putri pun Cetak Sejarah: Hat-trick Final SEA Games

Tim nasional bola basket putra dan putri Indonesia membukukan sejarah dalam keikutsertaan di SEA Games. Untuk kali pertama, tim putra meraih medali emas setelah menang pada Minggu (22/05/2022). Tim putri mencapai posisi atas atau final ketiga pada kejuaraan multievent Asia Tenggara.
Alhamduliah, Ibu Hamil dan Anaknya Selamat dari Timbunan Longsor

Alhamduliah, Ibu Hamil dan Anaknya Selamat dari Timbunan Longsor

Wanita hamil delapan bulan dan anaknya berhasil selamat dari peristiwa tanah longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Wisata Religi Jadi Daya Tarik Wisatawan Berkunjung ke Aceh

Wisata Religi Jadi Daya Tarik Wisatawan Berkunjung ke Aceh

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh,dukung penyelenggaraan kegiatan keagamaan karena wisata religi menjadi daya tarik wisatawan berkunjung
Soal Vaksinasi Calon Jemaah Haji, Puan Maharani: Segera Dikebut dan Jadi Prioritas

Soal Vaksinasi Calon Jemaah Haji, Puan Maharani: Segera Dikebut dan Jadi Prioritas

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk memastikan seluruh calon jemaah haji Indonesia tak terkendala masalah vaksinasi saat berangkat ke tanah suci
Pelatih Timnas Basket Indonesia: Mental Pemain Sangat Siap

Pelatih Timnas Basket Indonesia: Mental Pemain Sangat Siap

Milos juga memuji penampilan Derrick Michael yang dinilainya impresif. Derrick, yang tampil sebagai debutan bersama timnas, disebut memberikan energi positif kepada tim.
PM Australia Terpilih Albanese Banjir Ucapan Selamat

PM Australia Terpilih Albanese Banjir Ucapan Selamat

Sejumlah pemimpin negara Pasifik menyampaikan ucapan selamat kepada ketua Partai Buruh Australia Anthony Albanese atas kemenangannya dalam pemilihan umum Australia
Polresta Bandung Bekuk Delapan Pengeroyok Pesilat Hingga Tewas

Polresta Bandung Bekuk Delapan Pengeroyok Pesilat Hingga Tewas

Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandung membekuk delapan tersangka yang melakukan pengeroyokan seorang anggota perguruan silat berinisial DS (42) hingga tewas,
Sejarah! Tim Basket Indonesia Raih Emas Pertama Sekaligus Hentikan Dominasi Filipina di SEA Games

Sejarah! Tim Basket Indonesia Raih Emas Pertama Sekaligus Hentikan Dominasi Filipina di SEA Games

Raihan emas Indonesia sekaligus memutus dominasi Filipina yang menjadi langganan emas SEA Games selama 13 kali beruntun.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
21:00 - 22:00
E-Talkshow
22:00 - 23:00
Kabar Hari Ini
23:00 - 01:30
Bundesliga Seru
Selengkapnya