Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Pembelaan Prabowo untuk Jokowi | Laporan Utama tvOne

Jumat, 23 Oktober 2020
Oleh :

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto muncul bak tameng bagi Presiden Joko Widodo. Mantan Danjen Kopassus itu turut menjawab semua keluh kesah publik atas lahirnya Undang-undang Omnibus Law dan Cipta Kerja. Prabowo pun tak sungkan menuding peran asing di belakang gelombang penolakan. Mengapa Menhan ikut  turun tangan menjawab segala kritik. Apakah ini pembelaan Prabowo untuk Jokowi?

Selama setahun menjabat sebagai menteri pertahanan, Prabowo sebenarnya tergolong seorang menteri yang irit bicara. Jarang sekali dia berpanjang-panjang mengomentari sepak terjangnya di pemerintah.

Namun pesaing Joko Widodo dalam dua kali pemilihan presiden ini tiba-tiba memberi pesan panjang lebar. Prabowo muncul di kala pemerintah dihujani kritik dengan lahirnya Undang-undang Omnibus Law.

“Setelah saya masuk kabinet, saya lebih lihat bagaimana beliau bekerja dan saya yakin bahwa niat beliau baik. Saya yakin beliau nasionalis, beliau mikirin rakyat. Jadi saya paham bahwa buruh merasa paling terkena dan mereka korban dari ini semua. Tapi niat pimpinan—presiden—niat pemerintah justru ingin segera mengatasi ini. Dan untuk mengatasi ini dicarilah semua upaya dan kiat untuk mengurangi hambatan-hambatan yang bisa membuat lambat kebangkitan ekonomi,” kata Prabowo ketika diwawancarai Sabtu, 10 Oktober 2020 lalu.

Mengapa mendadak Prabowo ingin tampil menjadi tameng bagi Jokowi?

“Apa yang dilakukan Pak Prabowo saya membacanya bisa dilihat dari dua kacamata, pertama kacamata Pak Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Kita tahu menteri pertahanan ini posisi yang sangat strategis, satu posisi menteri yang bisa menggantikan presiden dan wakil presiden ketika dalam posisi berhalangan. Dan tentu tidak ada pilihan lain sebagai menteri pertahanan untuk selalu menegaskan posisinya mendukung posisi politik presiden. Kacamata kedua, posisi Pak Prabowo sebagai  Ketua Umum Partai Gerindra. Kita tahu dibandingkan menteri-menteri yang ada di kabinet saat ini posisi paling atas itu dimiliki oleh menteri yang menjabat sebagai ketua umum partai politik. Karena selain dia memiliki kemampuan profesionalitas, ketua umum partai politik juga memiliki basis massa. Di antara ketum-ketum partai politik yang saat ini menjadi menteri saya melihat yang paling bisa dipegang Pak Jokowi saat ini adalah Pak Prabowo,” kata pengamat politik Muhammad Tri Andika.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahrial Adian mengatakan apa yang dilakukan Prabowo sudah sesuai dengan tugasnya, “itu tugas para menteri untuk menjelaskan ke publik seterang-terangnya. Sebagai bawahan tentu saja sebelum presiden, ya yang bersangkutan yang lebih dulu pasang badan. Sehingga presiden hanya menjelaskan garis besarnya saja, tetapi hal-hal teknis ya tugas para menteri”

Sedangkan pengamat politik Adi Prayitno menilai pembelaan menhan terhadap presiden tak selalu kewajiban konstitusional.

“Bahwa pembelaan Prabowo terhadap Jokowi dalam hal ini bukan melulu soal kewajiban konstitusioanl sebagai pembantu dan menteri. Tetapi ini menyangkut Prabowo ingin menunjukkan kepada publik politik akomodasi yang selama ini dilakukan Jokowi terhadap Prabowo bukan hanya sekadar ingin meredam suasana politik yang ada, tetapi Prabowo ingin menunjukkan dirinya cukup total secara politik sudah tidak ada jarak psikologis yang cukup kuat antara Prabowo dan Jokowi,” kata Adi. (act)

(Lihat juga: PRABOWO TUDING ASING BEKINGI DEMO)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:19

Akhirnya DPR RI Sepakati Pembahasan RUU TPKS | Kabar Petang Pilihan tvOne

DPR RI akhirnya menyetujui untuk segera membahas RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual menjadi Undang-Undang.
img_title
04:55

Haris Azhar & Fatia Maulidiyanti Jalani Pemeriksaan di Polda

Aktivis HAM Haris Azhar dan Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti mendatangi Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan.
img_title
02:40

39 Sekolah di Jakarta Ditutup Sementara Akibat Kasus Covid-19

Sekolah yang ditutup akibat ditemukannya kasus positif Covid-19 kembali bertambah. Data hingga hari ini total ada 39 sekolah di DKI Jakarta yang ditutup sementara.
img_title
01:50

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan di Jakarta Terendam Banjir

Genangan akibat banjir terjadi  di Jalan Gunung Sahari Raya Pademangan, Jakarta Utara. Ketinggian air mencapai 30 cm pada Selasa siang.
img_title
01:51

Polisi Tangkap Empat Terduga Pelaku Pengeroyokan yang Tewaskan Anggota TNI

Polisi menangkap empat orang yang diduga terlibat dalam pengeroyokan yang berujung kematian seorang anggota TNI.
img_title
07:35

Kronologi Pasien Meregang Nyawa di Dalam Ambulans, Polisi Periksa Sopir

Seorang anak di Makassar, Sulawesi Selatan meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit, karena ambulans yang ditumpanginya tak diberi jalan oleh pengendara lainnya.
img_title
03:30

Langka Disejumlah Pasar di Daerah, Harga Ayam Potong Naik

Harga ayam potong broiler naik. Pedagang di Kuningan menyatakan hal ini dikarenakan pasokan kosong.
img_title
02:26

Warga Penerima Bansos Nol Rupiah Minta Kejelasan Soal Rekening Kosong

Puluhan warga penerima bantuan sosial terdampak Covid-19 menepati rekening mereka kosong tidak terjadi transfer dana meski telah melewati jadwal pemberian.
img_title
05:50

DPR RI Gelar Rapat Paripurna Pembahasan RUU Ibu Kota Negara

DPR RI hari ini menggelar rapat paripurna pengesahan rancangan undang-undang ibu kota negara baru
img_title
04:11

Undang Band Nidji "Check Sound" di JIS, Anies Sindir Giring?

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan takjub melihat penampilan grup band Nidji saat menjajal sound system di Jakarta International Stadium (JIS).
img_title
03:46

Kasus Korupsi ASABRI Rugikan Negara Rp22,7 Triliun, Heru Hidayat Dituntut Hukuman Mati

Terdakwa kasus korupsi ASABRI yang juga presiden komisaris PT Trada Alam Minera, Heru Hidayat, menjalani sidang pembacaan vonis hari ini. Sidang digelar di Pengadilan Negeri, Jakarta Pusat.
img_title
02:02

Bareskrim Polri Musnahkan Ratusan Kilogram Barang Bukti Narkoba

Bareskrim Polri kembali memusnahkan sebanyak 1,8 kilogram ganja, 244 kilogram sabu, 90 gram ekstas, dan juga 47.500 butir halima.
img_title
01:46

Dijemput Paksa, Haris Azhar & Fatia Maulidiyanti Jalani Pemeriksaan di Polda

Aktivis HAM Haris Azhar dan Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti mendatangi Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan.
img_title
01:23

Polda Sulsel Angkat Bicara Soal Video Viral Ambulans Tidak Diberi Jalan

Sebuah video mobil ambulans yang diduga tidak diberi jalan saat membawa seorang bayi dalam kondisi kritis menjadi viral di media sosial.
img_title
01:33

Truk Tanpa Muatan Hantam Pohon, Sopir Meregang Nyawa

Sebuah truk tanpa muatan menabrak pohon beringin di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan.
img_title
01:06

8 Kapal Pencuri Batu Bara Disergap TNI AL

TNI Angkatan Laut berhasil menangkap 8 kapal pelaku pencurian batu bara di daerah Muara Kembang Buoy 17, Samarinda, Kalimantan Timur.
img_title
03:22

Jasad Guru Ngaji Utuh Setelah Dikubur 17 Tahun, Penggali Kubur: Kulitnya Masih Ada

Jasad guru ngaji di wilayah Subang, Jawa Barat yang sudah dimakamkan selama 17 tahun lebih masih utuh ketika makamnya dibongkar untuk dipindahkan.
img_title
12:23

Empat Gunung Api Berstatus Siaga 3, Masyarakat Diminta Waspada

Empat gunung berapi di Indonesia saat ini berstatus siaga 3. Info tersebut berdasarkan laporan laman resmi magma Indonesia dari PVMBG.
img_title
01:23

Anies Terang-terangan Undang Band Nidji "Check Sound" di JIS

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengundang Band Nidji untuk uji coba sound system di Jakarta International Stadium (JIS).
img_title
04:06

Pemerintah Sudah Menetapkan Nama untuk Ibu Kota Baru

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur akan diberi nama Nusantara.
Jangan Lewatkan
Kemenkes: 120.621.088 Warga Sudah Divaksin Covid-19 lengkap

Kemenkes: 120.621.088 Warga Sudah Divaksin Covid-19 lengkap

Dalam siaran pers Kemenkes Selasa, menyebutkan jumlah warga yang menerima dua dosis vaksin itu mengalami penambahan 628.236 orang.
Ketum PSSI: PSSI Tak Berniat Depak Shin Tae-yong

Ketum PSSI: PSSI Tak Berniat Depak Shin Tae-yong

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa sama sekali tidak ada niat dari pihaknya untuk mendepak Shin Tae-yong dari kursi pelatih tim nasional Indonesia.
Mengaku Petugas Keamanan Dua Residivis Jambret HP Diringkus Polisi

Mengaku Petugas Keamanan Dua Residivis Jambret HP Diringkus Polisi

Mengaku petugas keamanan, dua  residivis perampas ponsel diringkus Tim Tekab 308 Polresta Bandar Lampung
Waspada! Sedianya Panggil Tukang Servis Televisi, Justru Rumah Dirampok, Satu Korban Tewas

Waspada! Sedianya Panggil Tukang Servis Televisi, Justru Rumah Dirampok, Satu Korban Tewas

Perampokan di siang bolong terjadi di Jember. Ita tewas dengan luka gorok di lehernya, sementara Haryana, ibunya luka di hidung.
Kombes Pol Riko Sunarko Dan Jajaran Diperiksa, Kabid Propam Beberkan Hasil

Kombes Pol Riko Sunarko Dan Jajaran Diperiksa, Kabid Propam Beberkan Hasil

Kapolrestabes Medan diperiksa belasan jam, Senin siang (17/1/2022) di Propam Polda Sumut. Ini merupakan pemeriksaan Riko Sunarko yang kedua kali terkait kasus yang menyeret-nyeret namanya
Tidak Kuat Menanjak, Sebuah Truk Terbalik dan Menabrak Kontainer di Belakangnya

Tidak Kuat Menanjak, Sebuah Truk Terbalik dan Menabrak Kontainer di Belakangnya

Diduga karena mengangkut muatan yang melebihi kapasitas, sebuah truk tidak kuat menanjak dan terguling setelah menabrak truk kontainer yang ada di belakangnya dan terbalik di jalan Solo Semarang, Boyolali, Jawa Tengah.
Sindikat Pelaku Pencurian Kabel Fiber Optic Bawah Tanah Milik PT Telkom Ditangkap, Satu Orang Diberi Tindakan Tegas

Sindikat Pelaku Pencurian Kabel Fiber Optic Bawah Tanah Milik PT Telkom Ditangkap, Satu Orang Diberi Tindakan Tegas

Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, berhasil membekuk enam orang sindikat pelaku pencurian kabel fiber optic bawah tanah milk PT Telkom. Aksi pencurian ini berhasil diungkap, setelah pelaku melakukan aksi pencurian di kawasan Bundaran Aloha Sidoarjo.
Plafon Kelas Terancam Runtuh, Siswa SD di Kudus Cemas Saat Belajar

Plafon Kelas Terancam Runtuh, Siswa SD di Kudus Cemas Saat Belajar

Kondisi ruangan kelas di SD Negeri 2 Klaling, Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sangat memprihatinkan. Para siswa dan guru belajar dengan rasa was-was.
Ratusan Orang Jadi Korban Penipuan Investasi Bodong, Total Kerugian Mencapai 250 Miliar Rupiah

Ratusan Orang Jadi Korban Penipuan Investasi Bodong, Total Kerugian Mencapai 250 Miliar Rupiah

Ribuan orang yang sebagian besar warga Lamongan, menjadi korban penipuan investasi bodong. Total kerugian ditafsir mencapai 250 miliar rupiah.
13 Gardu PLN di Pasuruan Terendam Banjir, 4.378 Pelanggan Terdampak

13 Gardu PLN di Pasuruan Terendam Banjir, 4.378 Pelanggan Terdampak

Sebanyak 13 gardu distribusi PLN ULP Grati terendam banjir di Pasuruan, Jawa Timur sehingga tidak bisa dioperasikan dan mengakibatkan 4.378 pelanggan terganggu.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Catatan Demokrasi
21:30 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Buru Sergap
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
Selengkapnya