Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

GEGER! Napi Pesta Narkoba di Lapas Sulut Amarah Netizen | tvOne

Jumat, 29 Januari 2021
Oleh :

Jakarta – Sebuah video yang memperlihatkan sejumlah warga binaan di balik penjara pesta narkoba, viral di media sosial. Rekaman yang disebut terjadi di Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat itu menyulut amarah netizen.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 19 detik itu, terlihat enam orang di dalam sebuah kamar tahanan tengah menggelar pesta sabu. Rekaman diyakini diabadikan oleh seorang warga binaan yang juga menghuni sel tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kepala Rutan Salemba, Yohanis Varianto menampik hal tersebut. Menurutnya, berdasarkan bentuk kamar tahanan, tak sesuai dengan bangunan di Rutan Salemba. Serta orang-orang yang ada di dalam video, kata Yohanis, bukan merupakan warga binaan di rutan asuhannya.

“Terkait video viral yang beredar selama ini, saat ini kami bersama jajaran sudah turun ke lapangan untuk melihat langsung apa yang terjadi. Jadi memang kami berusaha semaksimal mungkin membenahi apa yang ada. Dan dari semua yang ada, struktur bangunan segala macam kejadian tersebut tidak ada di Rutan Salemba. Saat ini kami masih baru ingin membenahi apa yang ada di dalam,” kata Yohanis Varianto.

Pria yang akrab disapa Varit ini berjanji akan mempelajari kasus yang ramai diperbincangkan di jagat maya ini.

“Ya sementara kami mempelajari itu, semoga tidak ada di dalam. Kalau untuk warga binaan tidak ada di sini. Jadi makanya kami masih mempelajari semua yang ada, karena di sini kan bukan cuma 100 orang. Sekitar—isinya sekarang 2.900 (orang). Jadi pada prinsipnya kami akan berusaha seluruh petugas untuk turun ke lapangan untuk mengecek apakah benar atau tidak,” tambahnya.

Varit mengaku rutin menggelar razia untuk mencegah warga binaan menyimpan barang-barang terlarang termasuk telepon genggam, apalagi narkotika.

“Dengan melakukan razia, saya selama kurang lebih satu bulan kami sudah melakukan beberapa kali razia, sudah lima kali dalam satu bulan, dan itu akan kami tingkatkan terus pelaksanaan razia dan barang-barang yang terlarang akan kami laporkan,” ujar Yohanis.

Ia berharap dengan semakin gencarnya razia maka citra warga binaan dan juga Rutan Kelas I Jakarta dapat dipandang baik oleh masyarakat dan tidak ada pengucilan pada saat warga binaan sudah keluar dari rumah tahanan.

Mantan Kepala Seksi Pembinaan Napi dan Anak Didik di Lapas Nusakambangan ini mengatakan bahwa ia dan jajarannya siap perang melawan dan memberantas narkoba. Menurutnya, bila ada petugas atau warga binaan yang melakukan tindakan terlarang, maka ia akan memberi tindakan tegas. (act)

Lihat juga: BNN BERHASIL RINGKUS SINDIKAT NARKOBA INTERNASIONAL

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:46

Ruangan Kelas Rusak Akibat Gempa, Siswa Pandeglang Belajar di Tenda

Gempa bumi yang mengguncang Banten membuat ruang kelas di sebuah MTS rusak.
img_title
04:32

Banjir di Cilacap Meluas, 400 Rumah di Empat Dusun Terendam

Banjir yang terjadi di Cilacap, Jawa Tengah semakin meluas. Ratusan rumah di empat dusun terendam banjir dengan ketinggian hingga mencapai 70 cm.
img_title
01:08

Awan Panas Gunung Merapi Kembali Meluncur Sejauh 2 Km ke Arah Barat Daya

Panas Gunung Merapi kembali meluncur sejauh dua kilometer pada Minggu malam 16 Januari 2021 pada Minggu malam.
img_title
02:50

Berantas Sindikat Narkoba, 11 Orang Tersangka Diamankan BNN

Badan Narkotika Nasional mengungkap tiga sindikat narkoba dengan barang bukti sabu seberat ratusan kilogram dan juga ekstasi belasan ribu butir.
img_title
02:04

Balap Perahu di Jambi Memakan Korban Jiwa

Seorang peserta lomba balap perahu mesin tradisional meninggal dunia setelah perahu mesin yang ia kemudian mengalami kecelakaan tunggal.
img_title
01:48

Ribuan Warga Johar Baru Antre Minyak Goreng Murah

Operasi pasar minyak goreng murah terus berlangsung. Hari ini Pemkot Jakarta Pusat menjual 3.000 liter minyak goreng di Johar Baru.
img_title
01:41

Evakuasi Lima ABK Terombang-ambing di Laut Selama 2 Hari

Setelah dua hari terombang-ambing di tengah laut dengan menggunakan papan gabus, lima awak kapal motor akhirnya dapat diselamatkan.
img_title
02:29

Petugas BPBD Bubarkan Warga yang Berkumpul di Lokasi Longsor

Lokasi longsor Bukit Leuweung Kadu yang berlokasi di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ramai didatangi warga.
img_title
01:49

Viral! Barang Tidak Sesuai, Seorang Wanita Menolak Bayar COD

ibu rumah tangga di Deli Serdang, Sumatra Utara menolak membayar barang pesanan secara online karena barang yang datang tak sesuai ekspektasinya
img_title
01:52

Menteri BUMN Erick Thohir Resmikan Kampung Pecinan Kapasan di Surabaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akan memulai membangun infrastruktur untuk wisata lokal berbasis digital dengan cara membuat ekosistem super apps
img_title
01:11

Sejumlah Kapal Nelayan Terbalik & Tenggelam Pasca Terjangan Tsunami

warga yang berada di pesisir masih diimbau untuk tetap berada di tempat tinggi sebelum peringatan tsunami dicabut lantaran dikhawatirkan adanya tsunami susulan
img_title
01:16

Ricuh! Aksi Saling Serang Antar Dua Suporter Sepak Bola

Kericuhan terjadi antara suporter dua klub sepakbola di Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku karena tidak terima dengan hasil pertandingan.
img_title
02:03

Selebgram Alnaura Tersangka Kasus Investasi Bodong, Disoraki Korban

Seorang selebgram di kota Palembang, Sumatra Selatan diduga terlibat investasi bodong dengan kerugian hampir mencapai satu miliar rupiah
img_title
01:09

Airlangga Hartarto Akan Menambah Cakupan Program Perlindungan Sosial

Airlangga Hartarto menyebut cakupan program perlindungan sosial akan ditambah. Ada sebesar 2,76 juta orang yang akan menerima bantuan tunai sebesar Rp600 ribu
img_title
03:10

Mengintip Progres Pembangunan JIS, Direncanakan Rampung Pada Bulan Maret 2022

Pembangunan Jakarta International Stadium atau JIS diproyeksi bakal rampung pada Maret 2022. Berbagai fasilitas canggih kelas dunia pun akan tersedia
img_title
02:58

BMKG Beri Peringatan Munculnya Gempa Megathrust di Pulau Jawa dan Jakarta

Menurut BMKG ada potensi gempa megathrust dengan kekuatan hingga 9 magnitudo yang dapat menimbulkan dampak kerusakan parah dan tsunami di wilayah selat sunda
img_title
03:54

Penonton Street Race di Ancol Membludak hingga Memanjat Pagar

Balapan jalanan atau street race yang digelar pada Minggu (16/1) di Ancol, Jakarta Utara menarik perhatian masyarakat.
img_title
02:03

Kondisi Terkini di Sumedang Pasca Tanah Longsor

Akibat tanah longsor, dua hektar lahan persawahan di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, tertimbun material tanah dan mengancam rumah warga
img_title
01:32

Cuaca Ekstrem akan Terjadi Beberapa Hari, BMKG Beri Peringatan Gelombang Tinggi

Pengguna transportasi laut perlu mewaspadai cuaca ekstrem dan diprediksi terjadi juga gelombang tinggi di perairan Maluku Utara
img_title
02:47

Tak Memahami Pembayaran COD, Seorang Ibu Tak Mau Bayar Pesanan Hingga Cekcok

Tak memahami siste COD seorang ibu rumah tangga di Serdang Bedagai Sumatera Utara tak mau membayar barang pesanan onlinenya.
Jangan Lewatkan
Kata KPAI Soal Kesepakatan Pengasuhan Anak dari Mendiang Vanessa-Bibi

Kata KPAI Soal Kesepakatan Pengasuhan Anak dari Mendiang Vanessa-Bibi

KPAI mengatakan, kesepakatan keluarga almarhumah Vanessa Angel dan keluarga almarhum Bibi untuk bersama-sama mengasuh anak mereka, inisial G patut diapresiasi.
Apresiasi Menteri PPPA Atas Kinerja Tim Gugus Tugas Perjuangkan Percepatan Penyusunan RUU TPKS

Apresiasi Menteri PPPA Atas Kinerja Tim Gugus Tugas Perjuangkan Percepatan Penyusunan RUU TPKS

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengapresiasi kinerja tim gugus tugas dalam memperjuangkan percepatan penyusunan Rancangan Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS).
Bali United Sukses Kandaskan Persita Tangerang Berkat Dua Gol di Menit Akhir

Bali United Sukses Kandaskan Persita Tangerang Berkat Dua Gol di Menit Akhir

Bali United kandaskan perlawanan Persita Tangerang dengan skor 2-0 berkat dua gol yang mereka cetak di menit-menit akhir pertandingan pada pekan ke-20 Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (17/1/2022) malam.
PSIS Semarang Tahan Imbang Arema FC Tanpa Gol pada Pekan ke-20 Liga 1 di Stadion  Kapten I Wayan Dipta Bali

PSIS Semarang Tahan Imbang Arema FC Tanpa Gol pada Pekan ke-20 Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali

​​​​​​PSIS Semarang menahan imbang Arema FC tanpa gol pada laga pekan ke-20 Liga 1 2021-2022 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Senin (17/1/2022) malam.
Keluarga Korban Lima Orang ABK KM Mila I Yang Hilang Kontak Lakukan Tabur Bunga di Laut

Keluarga Korban Lima Orang ABK KM Mila I Yang Hilang Kontak Lakukan Tabur Bunga di Laut

Sejumlah keluarga korban melakukan tabur bunga di tengah laut, usai dilakukannya kembali pencarian lima orang ABK KM Mila I selama 3 hari, yang hilang kontak pada Desember 2021 yang lalu, dan hingga kini nasib para ABK nya tersebut masih belum ditemukan.
Wagub DKI Jakarta Riza Patria Sebut Sudah Sudah 243 Kasus Covid-19 Varian Omicron Transmisi Lokal

Wagub DKI Jakarta Riza Patria Sebut Sudah Sudah 243 Kasus Covid-19 Varian Omicron Transmisi Lokal

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan, jumlah pasien terpapar Covid-19 varian Omicron di Jakarta terus meningkat dan kini sudah ada 825 kasus dengan 243 kasus di antaranya merupakan transmisi lokal.
Tiga Rumah di Jalinsum Kabupaten Toba Terbakar, Lalulintas Sekitar Lokasi Macet Total Hingga Belasan Kilometer

Tiga Rumah di Jalinsum Kabupaten Toba Terbakar, Lalulintas Sekitar Lokasi Macet Total Hingga Belasan Kilometer

Tiga unit rumah di Desa Simpang Sigura-gura Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Sumatera Utara ludes terbakar dilalap sijago merah. Peristiwa kebakaran ini terjadi pada Senin(17/1/2022) malam tadi sekitar pukul 20.00 Wib.
Titip Uang Rp 300 Ribu Kepada Teman Untuk Beli Narkoba, Januardo Dituntut 2,6 Tahun Penjara

Titip Uang Rp 300 Ribu Kepada Teman Untuk Beli Narkoba, Januardo Dituntut 2,6 Tahun Penjara

Terdakwa kasus narkoba, Januardo (18) yang ditangkap oleh anggota Satresnarkoba Polres Landak, pada (18/10/2021) lalu, dituntut 2 tahun 6 bulan penjara oleh JPU PN Kabupaten Landak.
Kasus Investasi Bodong Budidaya Ikan Lele DHD Kerugian Senilai Rp 1,2 Miliar Lebih Telah Masuk Putusan Sela

Kasus Investasi Bodong Budidaya Ikan Lele DHD Kerugian Senilai Rp 1,2 Miliar Lebih Telah Masuk Putusan Sela

Kasus dugaan investasi bodong budidaya lele PT Darsa Hakam Darussalam (DHD) Farm Indonesia, sudah memasuki persidangan di PN Palembang dengan agenda pembacaan putusan sela yang diajukan tiga terdakwa.
Waspada Hujan Deras Disertai Angin Kencang, BPBD Kabupaten Semarang Minta Warga Tanggap Bencana

Waspada Hujan Deras Disertai Angin Kencang, BPBD Kabupaten Semarang Minta Warga Tanggap Bencana

Hujan deras yang mengguyur di sebagian wilayah kabupaten Semarang yang disertai angin kencang mengakibatkan beberapa wilayah mengalami bencana pada Senin (17/1/2022).
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Pagi
06:00 - 06:30
Kabar Arena Pagi
06:30 - 08:00
Apa Kabar Indonesia Pagi
08:00 - 09:00
Rumah Mamah Dedeh
09:00 - 10:00
Hidup Sehat
10:00 - 10:30
Coffee Break
Selengkapnya