Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Ganjar Resmi Berlakukan Gerakan Jateng di Rumah Saja

Jumat, 5 Februari 2021
Oleh :

Semarang, Jawa Tengah – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, resmi memberlakukan gerakan “Jateng di Rumah Saja” pada hari Sabtu dan Minggu, 6-7 Februari 2021. Gerakan ini dilakukan sebagai upaya menekan angka penularan Covid-19.

Keputusan itu diambil setelah Ganjar melaksanakan rapat dengan para Sekretaris Daerah se-Jateng dan sebagian besar menyetujui untuk melakukan gerakan di rumah saja secara bersama-sama.

 “Jadi saya ingin melihat, bisa enggak ya Jawa Tengah sepi? Dua hari saja kita menjaga diri. Sehingga yang ada di jalan adalah mereka yang sedang bertugas untuk memonitor kondisi yang ada di lapangan. Iya di rumah saja, jadi kita coba menahan diri, dua hari saja mungkin atau tidak. Yuk, kita menahan diri dengan menahan diri betul-betul kita tidak bergerak ke mana pun kita bisa siap-siap dulu di rumah,” kata Ganjar.

Dalam surat edaran juga disiapkan imbauan pada tempat-tempat keramaian untuk tutup pada akhir pekan. Pada waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk bersih-bersih sekaligus penyemprotan desinfektan.

"Hanya dua hari saja tempat-tempat keramaian pariwisata toko pasar kita istirahat dulu. Nah nanti pasar-pasar kesempatan kita semprot semuanya biar sekalian bersih, tempat pariwisata juga ditutup dulu," ujarnya.

Ganjar berharap pelaksanaan Gerakan Jateng di Rumah Saja dapat memunculkan kesadaran pada masyarakat sebab pelaksanaannya tidak akan efektif tanpa partisipasi masyarakat.

Dia menjelaskan kebijakan ini merupakan respon dari daerah setelah Presiden Joko Widodo dalam keterangan persnya beberapa waktu lalu menyebut pelaksanaan PPKM gagal.

"Dan cara itulah yang kira-kira menurut saya penting untuk menterjemahkan apa yang diinginkan oleh pemerintah," ujarnya.

Menurut dia, penilaian Presiden Jokowi bahwa PPKM gagal itu artinya semua yang di daerah harus mencari cara-cara ekstra untuk berupaya menekan pertumbuhan kasus COVID-19.

Oleh karena itu, lanjut Ganjar, dirinya menggagas kebijakan Gerakan Jateng di Rumah Saja dengan harapan memberi pemahaman pada masyarakat tentang kedisiplinan yang akan berdampak baik pada penurunan kasus COVID-19.

Ganjar mengungkapkan target dari gerakan ini adalah meningkatkan kedisiplinan dan menumbuhkan rasa empati, terutama kepada para tenaga kesehatan, dokter, pengurus jenazah, dan lainnya.
"Nah kita mau uji coba, coba ke masyarakat ini COVID-nya masih tinggi lho ya, korban sudah banyak lho ya, rumah sakit makin penuh lho ya, nah dengan kondisi seperti ini ayo kita bareng-bareng berpartisipasi kita latihan dua hari saja, tanggal 6-7 Februari 2021 kita di rumah. Nah kalau itu bisa dilaksanakan eh siapa tahu Jawa Tengah bisa jadi contoh," katanya. (act)

Lihat juga: BATASI MOBILITAS WARGA DI AKHIR PEKAN, PEMKOT BOGOR TERAPKAN GANJIL GENAP

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:31

HKTI Soroti Rendahnya Kesejahteraan Petani di Papua

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyoroti rendahnya kesejahteraan petani yang masih menjadi salah satu persoalan dalam pembangunan sektor pertanian.
img_title
04:03

Perangkat Mobil Balap Formula E Tiba di Komplek JIS

Pembangunan di Jakarta International EPrix Circuit terus dilakukan. Sirkuit Formula E ditargetkan selesai pada akhir Mei. Saat ini proses pembangunan sirkuit telah mencapai 88 persen.
img_title
01:55

Saling Ejek, Dua Kubu Perguruan Silat Terlibat Bentrok

Diduga karena saling ejek dua perguruan pencak silat di Madiun, Jawa Timur bentrok. Satu orang korban terluka dan dua sepeda motor hancur.
img_title
00:58

Detik-detik Tim SAR Selamatkan Wisatawan Dari Gulungan Ombak

Aksi penyelamatan seorang wisatawan di Pantai Parangtritis yang terseret arus terekam video amatir.
img_title
03:41

Kibarkan Bendera LGBTQ+, Kedubes Inggris Dikecam

Unggahan foto kibaran bendera LGBTQ+ di akun Instagram tersebut Kedubes Inggris tetap terpampang hingga hari ini
img_title
01:46

Nekat Melintas Meski Sudah Diberi Tanda, Minibus Tertabrak KA Wisata Ambarawa

Sebuah mobil tertabrak kereta api wisata di Ambarawa Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
img_title
01:50

"Unboxing" Mobil Balap & Perangkat Formula E yang Tiba di Sirkuit Ancol

Logistik mobil balap dan juga fasilitas pendukung Formula E ini sudah mulai tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (22/5) pagi.
img_title
01:04

Angkot Ugal-ugalan Dibikin Remuk Warga, Sopir Melarikan Diri

Sopir mobil angkutan umum di Medan, Sumatra Utara. Mobil angkot ini ugal-ugalan di jalan hingga kemudian menyebabkan kecelakaan.
img_title
06:43

Pemerintah Buka Kegiatan Ekspor Sawit, Harga Minyak Goreng Masih Mahal

Airlangga Hartarto memastikan ketersediaan bahan baku minyak goreng dengan memberlakukan aturan domestic market obligation dan juga domestic price obligation.
img_title
01:51

Adu Mekanik! Bentrok Perguruan Silat, Dua Kubu Saling Lempar Batu

Diduga karena saling ejek, dua perguruan pencak silat di Madiun, Jawa Timur kembali bentrok. Satu orang korban terluka dan dua sepeda motor pun ikut hancur.
img_title
00:57

Teror Panah Misterius Hantui Warga, Seorang Pria Terluka

Teror panah misterius menghantui warga di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, bahkan seorang pengendara pun menjadi korban teror panah misterius ini.
img_title
01:09

Jambret Ponsel Habis Dipukuli Massa

Seorang pria dipukuli massa setelah tertangkap menjambret telepon genggam di Jalan Madrasah 1 Cilandak, Jakarta Selatan pada Minggu malam.
img_title
00:54

Rusia Berhasil Hancurkan Gudang Senjata Milik Ukraina dengan Rudal

Rusia juga menghancurkan sebuah gudang senjata di wilayah Zhytomyr, Ukraina dengan rudal penjelajah yang diluncurkan dari wilayah perairan.
img_title
12:36

NIK Jadi NPWP, Lalu Siapa yang Wajib Bayar Pajak?

Pemerintah berencana menerapkan nomor induk kependudukan (NIK) menjadi NPWP sebagai identitas wajib pajak yang berlaku mulai tahun 2023
img_title
01:42

Merinding, Detik-detik Mobil Tabrak Pemotor hingga Tewas di Palangkaraya

Insiden tabrakan antara sebuah minibus dan sepeda motor mengakibatkan satu orang tewas di Jalan Menteng 16, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
img_title
01:12

Ngeri! Sedan Ringsek Parah Digencet 2 Truk di Pantura Tuban

Kecelakaan beruntun terjadi di jalur nasional Pantura Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Sebuah mobil sedan kehilangan kendali sehingga menghantam dua truk sarat muatan.
img_title
02:51

Jadi Korban Kecelakaan Maut di Ciamis, Omah Sedang Dibonceng Saat Tertabrak Bus

Suasana duka masih menyelimuti keluarga korban kecelakaan maut bus pariwisata Pandawa yang mengalami rem blong sehingga menabrak rumah, kendaraan.
img_title
05:06

Kondisi Korban Luka Kecelakaan Bus Maut yang Dirawat di RSUD Ciamis

Dokter IGD RSUD Ciamis, Ihsan Luthfi mengatakan bahwa total ada empat korban yang ditangani oleh RSUD Ciamis.
img_title
02:59

Polisi Olah TKP Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Ciamis

Polisi melakukan olah TKP di lokasi kecelakaan bus maut di turun anak Jalan Raya Panjalu, Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat.
img_title
10:34

Kondisi Terkini Pasca Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Ciamis

Bus pariwisata menabrak rumah warga hingga mengakibatkan sejumlah orang tewas. Diduga bus yang mengangkut rombongan peziarah itu tidak menguasai medan jalan yang sulit.
Jangan Lewatkan
Dengan Rekor Ini, Son Heung-min Banggakan Asia

Dengan Rekor Ini, Son Heung-min Banggakan Asia

Son Heung-min pantas menjadi top scorer Premier League musim 2021-2022 seorang diri. Sebab, berbeda dari Mohamed Salah, Son merebut Golden Boot tanpa melakukan satu hal. Apa itu?
V BTS dan Jennie BlackPink Berlibur Bersama Di Pulau Jeju

V BTS dan Jennie BlackPink Berlibur Bersama Di Pulau Jeju

Idol Korea Selatan V BTS dikabarkan berpacaran dengan salah satu anggota grup musik wanita terkenal, Jennie BlackPink. Keduanya tertangkap kamera tengah berlibur
Akses Perbatasan Negara Dibuka, Penerbitan Paspor di Batam Meningkat Tajam

Akses Perbatasan Negara Dibuka, Penerbitan Paspor di Batam Meningkat Tajam

Menurunnya angka pandemi Covid-19 beberapa bulan terakhir di Kota Batam, serta kembali dibukanya pintu masuk ke negara tetangga, membuat masyarakat khususnya warga Batam berbondong-bondong mengurus paspor ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam.
3 Ruangan Kelas di SDN Sinargalih Cianjur Ambruk di Makan Usia

3 Ruangan Kelas di SDN Sinargalih Cianjur Ambruk di Makan Usia

Meski sudah 6 tahun rusak dimakan usia, namun hal itu tidak menjadi perhatian dari Dinas Penddikan, Pemuda dan Olahraga Cianjur.
Mendagri Singapura Sebut Ada Warganya yang Berusia 17 Tahun Percaya ISIS Gegara Nonton Video UAS

Mendagri Singapura Sebut Ada Warganya yang Berusia 17 Tahun Percaya ISIS Gegara Nonton Video UAS

Diketahui bahwa alasan Singapura menolak kunjungan UAS adalah karena menganggap sang pendakwah telah menyebarkan ajaran ekstremisme dan memecah belah.
Dokter Usul Pemerintah Berikan Vaksin Booster Keempat Bagi Dokter dan Nakes

Dokter Usul Pemerintah Berikan Vaksin Booster Keempat Bagi Dokter dan Nakes

Pemerintah diminta memberikan vaksin booster kedua atau vaksinasi keempat bagi dokter dan tenaga kesehatan
Cegah Hepatitis Akut di Sekolah, Ini yang Dilakukan Kemdikbudristek

Cegah Hepatitis Akut di Sekolah, Ini yang Dilakukan Kemdikbudristek

Kemdikbudristek) mengajak semua pihak untuk memenuhi hak anak dalam mendapatkan pendidikan. Hal ini sejalan dengan masuknya kasus hepatitis akut ke Indonesia
Kejari Blora Musnahkan Ribuan Botol Miras di TPA

Kejari Blora Musnahkan Ribuan Botol Miras di TPA

Kejaksaan Negeri Blora memusnahkan 2.400 botol arak. Pemusnahan dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Temurejo Blora, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022)
Gubernur Kalteng Nilai DAS Barito Berpotensi Menjadi Provinsi Baru

Gubernur Kalteng Nilai DAS Barito Berpotensi Menjadi Provinsi Baru

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menilai wilayah DAS Barito berpotensi menjadi provinsi baru terkait dengan keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.
Polisi Dapatkan Rekaman CCTV Aksi Panah Di Mataram

Polisi Dapatkan Rekaman CCTV Aksi Panah Di Mataram

Polresta Mataram berhasil mendapatkan rekaman CCTV terkait aksi orang tak dikenal yang memanah seorang pengendara di Jalan Gajah Mada, Kota Mataram, 23/5.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Fakta
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Menyingkap Tabir
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
Selengkapnya