LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Kronologi Didepaknya Indonesia dari All England, PBSI: Mimpi Indah Kita Berantakan! | tvOne

Kamis, 18 Maret 2021

Jakarta – Indonesia terpaksa keluar Dari all england 2021 setelah ada pemberitahuan dari pemerintahan Inggris mengenai adanya seseorang pada satu penerbangan yang sama terkonfirmasi positif Covid-19. Para pemain indonesia yang rencananya akan tampil di ajang tersebut pun mengungkapkan kekecewaannya.

Marcus gideon dan kawan-kawan yang bertanding di All England meluapkan kekecewaanya. Para atlet mengaku terkejut dengan kabar seluruh Tim Indonesia harus ditarik dari All England. Mereka memasang logo Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) di laman media sosialnya.

Sebagian besar menuliskan bahwa BWF harus bertanggung jawab dan BWF dinilai gagal melindungi atletnya. Curahan hati dan luapan kekesalan pemain indonesia mendapat dukungan dari para atlet bulu tangkis dunia yang juga berlaga di All England.

Dan bagaimana Kronologi tim Indonesia yang dipaksa mundur dari turnamen bulutangkis All England 2021. Berikut kronologi yang tertuang dalam laman resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI):

Pada 12 maret 2021, rombongan tim indonesia berangkat ke Birmingham, Inggris, berbekal hasil negatif test PCR.
13 maret 2021, tim Indonesia menjalani tes PCR saat tiba di Birmingham Inggris, dan hasilnya semua anggota tim negatif Covid19. Namun ada temuan kasus Covid-19 dari anggota tim Denmark, India dan Thailand. Federasi bulu tangkis dunia (BWF) kemudian melakukan tes PCR ulang, dan hasilnya semua peserta dinyatakan negatif Covid-19.
17 maret 2021, turnamen All England resmi bergulir. Semua wakil indonesia yang bertanding menang dan lolos ke babak berikutnya. Namun kemudian, seluruh wakil indonesia dipaksa mundur. Penyebabnya adalah adanya salah satu penumpang pesawat yang sama dengan rombongan tim Indonesia terpapar Covid19. Kemudian sesuai regulasi pemerintah Inggris, tim indonesia harus menjalani isolasi mandiri hingga 23 maret 2021.
PBSI Kecewa

Sementara itu, Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna menyampaikan kekecewaannya atas keputusan BWF yang memaksa tim nasional bulu tangkis Indonesia mundur dari turnamen All England 2021 di tengah jalannya pertandingan babak pertama hari Rabu.

Dalam konferensi pers yang berlangsung di Gedung BPK RI Jakarta, Kamis, Ketum Agung menegaskan akan meminta penjelasan dari pihak NHS, yang merupakan otoritas kesehatan Inggris, selaku pemberi rekomendasi kepada BWF untuk menarik timnas Indonesia dari turnamen Super 1000 ini.

"Kami tidak akan berhenti memperjuangkan kehormatan kita dalam ajang internasional. Jujur saya sangat kecewa, kami sudah melakukan persiapan maksimal, di saat yang sama menjalankan protokol kesehatan ketat. Ditambah lagi kami sudah melakukan dua kali vaksin," kata Agung.

Hingga sekarang, PBSI masih berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI untuk mencari tahu rincian keterangan dari NHS yang menyebutkan bahwa 24 anggota kontingen Indonesia sempat melakukan kontak dengan penumpang yang positif COVID-19 dalam perjalanan dari Istanbul (Turki) ke Birmingham (Inggris).

Menurut Agung, hal ini perlu diselidiki mendalam agar diketahui secara pasti apakah timnas memang benar-benar melakukan kontak, sementara dari hasil uji usap PCR yang dilakukan BWF hari Sabtu diketahui seluruh anggota timnas baik atlet, pelatih, dan ofisial dinyatakan negatif COVID-19.

"Publik harus tahu, kami tidak bisa bertanding karena timnas dinyatakan berada satu pesawat dengan penumpang lain yang positif COVID. Tapi sampai sekarang kami tidak diberi tahu siapa penumpangnya itu, yang katanya juga berinteraksi dengan 24 anggota timnas. Itu tidak masuk akal. Padahal di saat yang sama ada pemain dan pelatih Turki tapi tetap dibiarkan (bertanding)," Agung mengungkapkan.

Selain itu, keputusan itu muncul setelah dua wakil Indonesia dari sektor ganda putra yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menyingkirkan wakil tuan rumah di babak pertama.

Kendati dinilai janggal, namun PP PBSI berusaha tidak berburuk sangka dengan keputusan final tersebut. Ia juga meminta para atlet Skuad Merah Putih agar tetap semangat dan bersabar. "Saya pastikan kondisi atlet di sana sehat-sehat saja, tapi pasti ada goncangan berat di mental mereka karena ada keputusan merugikan yang tiba-tiba seperti ini," pungkasnya. (ito/ant)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
00:48

RUU DKJ Disahkan Jadi Undang-undang, Jakarta Resmi Bukan Lagi Ibu Kota Negara

DPR RI mengesahkan RUU Daerah Khusus Jakarta menjadi sebuah Undang-Undang. Keputusan diambil dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat yang dipimpin ketua DPR Puan Maharani.
img_title
00:49

Rencana Pertemuan Megawati dan Prabowo

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bicara soal rencana pertemuan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan presiden terpilih Prabowo Subianto.
img_title
02:02

Pura-Pura Ikut Shalat Berjemaah, Pemuda Curi Tas Jemaah Masjid

Sebuah video memperlihatkan seorang pria terekam kamera pengawas mencuri tas ransel milik jamaah di sebuah masjid di Jalan Tengger Kandangan, Surabaya, Jawa Timur.
img_title
11:45

Polisi Bongkar Sindikat BBM Palsu, Pertalite Disulap Jadi Pertamax

Bareskrim Polri membongkar kasus Bahan Bakar Minyak (BBM) palsu dengan mengubah bensin Pertalite menjadi Pertamax. Total ada lima tersangka yang diamankan.
img_title
01:34

Remaja di Sulbar Bunuh Pacar Lalu Gantung Jasad Korban di Pohon

Kasus pembunuhan yang disamarkan sebagai peristiwa bunuh diri terjadi di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.
img_title
03:03

Jumlah Pasien Malaria di Nias Selatan Kian Meningkat

Jumlah pasien malaria di Pulau Simuk, kepulauan terluar Indonesia di Kabupaten Nias, Selatan Sumatera Utara kian bertambah.
img_title
02:22

RSUD Nganjuk Tidak Mampu Tampung Pasien DBD

Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Nganjuk sejak 3 bulan terakhir mengalami peningkatan signifikan.
img_title
06:51

Ramai soal Ferienjob di Jerman, Begini Penjelasannya

Belakangan ini istilah ferienjob jadi viral karena peristiwa mahasiswa magang di Jerman yang diduga menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Tapi apa itu ferienjob?
img_title
06:45

Cerita Mahasiswi Jambi yang Jadi Korban TPPO Modus Magang di Jerman

Kasus tindak pidana perdagangan orang atau TPPO yang berkedok magang di Jerman dan di Jambi diduga melibatkan total ribuan orang mahasiswa yang menjadi korban.
img_title
02:04

Warga Tulungung Serbu Layanan Penukaran Uang Baru

Warga Tulungagung, Jawa Timur antusias mulai menukarkan uang baru. Layanan penukaran uang baru Bank Indonesia melalui mobil kas keliling diserbu warga.
img_title
04:06

Mahasiswa Jambi Jadi Korban TPPO Modus Magang di Jerman

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengungkap jumlah terbaru mahasiswa Indonesia yang terindikasi menjadi korban TPPO di Jerman yaitu sebanyak 1.900 orang. 
img_title
04:25

Ngeri, Agen Perbankan di Lamongan Disatroni Perampok Bersenjata Api

Dalam menjalankan aksinya, pelaku menggunakan senjata yang diduga pistol untuk mengancam korban dan merampas handphone milik korban.
img_title
01:56

Momen Presiden Jokowi & Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama

Presiden Jokowi wakil presiden Maruf Amin melaksanakan buka puasa bersama pada Kamis (28/3/2024) kemarin para menteri di Kabinet Indonesia maju di Istana.
img_title
02:19

Gegara Gelar Jumpa Pers, Anwar Usman Langgar Etik Lagi

Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) kembali memutuskan Hakim Konstitusi Anwar Usman melanggar kode etik dan perilaku kehakiman. 
img_title
03:50

Update Perkembangan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu 2024

Sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 hari kedua digelar hari ini (28/3/2024). Adapun sejumlah poin dan garis besar dari persidangan sengketa PHPU
img_title
07:15

Laporan Utama: Manuver Baru Partai Demokrat

Meski perolehan suara Partai Demokrat pada pemilu 2024 mengalami penurunan signifikan, Ketua Partai AHY tetap optimistis Partai Demokrat tetap berkinerja baik ke depannya.
img_title
02:00

Pihak KPU Nyatakan Tuduhan Termohon Manipulatif

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menilai permohonan sengketa Pilpres 2024 yang dilayangkan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bukan ranah MK.  
img_title
03:57

Suami Sandra Dewi Ditetapkan sebagai Tersangka Korupsi

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung resmi menetapkan suami Sandra Dewi, Harvey Moeis sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.
img_title
01:10

Menag Ingatkan Petugas Haji untuk Fokus Melayani Jemaah Umroh

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan kepada para petugas haji harus fokus untuk melayani para jemaah yang merupakan tamu Allah.
Jangan Lewatkan
Pemain Lawan Mau Dekati Megawati Hangestri, Tapi Pemain Red Sparks ini Seperti Tidak Terima, Langsung Jaga Megatron dan Minta...

Pemain Lawan Mau Dekati Megawati Hangestri, Tapi Pemain Red Sparks ini Seperti Tidak Terima, Langsung Jaga Megatron dan Minta...

Megawati Hangestri, saat ini semakin populer di Korea Selatan berkat penampilan impresifnya dengan tim Daejeon Jung Kwan Jang red Saprks di V league musim ini.
Detik-detik Perjuangan Ibu Muda saat Melahirkan di Tenda Pengungsian Gempa Bawean, Gresik

Detik-detik Perjuangan Ibu Muda saat Melahirkan di Tenda Pengungsian Gempa Bawean, Gresik

Gempa bumi susulan Magnitude 6.5 yang mengguncang Pulau Bawean pada Jum'at lalu, menyisakan berbagai cerita
Meski Baru Semusim Main di Red Sparks, Megawati Hangestri Sudah Diidolakan oleh 3 Selebriti Populer Korea: Salah Satunya Bintang K-Pop

Meski Baru Semusim Main di Red Sparks, Megawati Hangestri Sudah Diidolakan oleh 3 Selebriti Populer Korea: Salah Satunya Bintang K-Pop

Bukan hanya di Indonesia, namun popularitas Megawati Hangestri juga didapatkan di Korea sampai para selebritis juga mengidolakannya termasuk bintang K-pop.
3 Korban Longsor Bandung Barat Masih Belum Ditemukan, Basarnas Optimis: Kami Tetap Berupaya

3 Korban Longsor Bandung Barat Masih Belum Ditemukan, Basarnas Optimis: Kami Tetap Berupaya

Kepala Basarnas, Kusworo optimistis semua korban bencana tanah longsor dan banjir di Cipongkor dapat ditemukan sebelum masa operasi pencarian pekan pertama berakhir
Viral Cindy Nyaris Diculik dan Diperas Rp100 Juta oleh Sopir Grab, Polisi Tangkap Pelaku

Viral Cindy Nyaris Diculik dan Diperas Rp100 Juta oleh Sopir Grab, Polisi Tangkap Pelaku

Polisi menangkap sopir Grab Car penganiaya wanita di wilayah Jakarta Barat pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.
Striker Legendaris Malaysia Safee Sali Ternyata Sedang Trending, Cekcok dengan Mantan Istrinya Sampai Ceraikan Lewat...

Striker Legendaris Malaysia Safee Sali Ternyata Sedang Trending, Cekcok dengan Mantan Istrinya Sampai Ceraikan Lewat...

Kabar mengejutkan datang dari mantan striker legendaris asal Malaysia, Safee Sali. Pasalnya, mantan pemain Timnas Malaysia tersebut terlibat cekcok dengan istri
Kitab Al-Qur'an dari Daun Lontar Ditulis dengan Tangan, Disimpan di Masjid Nurussalam Surabaya

Kitab Al-Qur'an dari Daun Lontar Ditulis dengan Tangan, Disimpan di Masjid Nurussalam Surabaya

Al-Qur’an dari daun lontar menjadi kitab suci yang langka, karena terbuat dari daun lontar.
Mengapa Qunut Witir Dilakukan di Separuh Akhir Ramadhan?

Mengapa Qunut Witir Dilakukan di Separuh Akhir Ramadhan?

Sudah maklum bahwa qunut shalat witir dilakukan pada separuh akhir bulan Ramadhan, yakni 15 hari terakhir. Laliu mengapa harus di separuh terakhir ramadhan?
Waspada! Ada 26 Titik Panas di Kaltim Potensi Timbulkan Karhutla, ini Kata BMKG

Waspada! Ada 26 Titik Panas di Kaltim Potensi Timbulkan Karhutla, ini Kata BMKG

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bisa terjadi. Akibat BMKG beri kabar adanya 26 titik panas melanda Kaltim saat ini.
Segini Nominal Uang yang Harus Dikeluarkan Jika Ada Klub yang Ingin Datangkan Megawati Hangestri Musim Depan, Jumlahnya Sampai...

Segini Nominal Uang yang Harus Dikeluarkan Jika Ada Klub yang Ingin Datangkan Megawati Hangestri Musim Depan, Jumlahnya Sampai...

Banyak klub yang berminat terhadap Megawati Hangestri untuk musim depan dan mereka kemungkinan bakal menawarkan gaji yang lebih besar dibandingkan Red Sparks.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Perempuan Bicara
21:00 - 22:00
Kabar Utama
Selengkapnya