LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Menkes Siapkan Tiga Strategi Hidup Berdampingan dengan Pandemi

Rabu, 25 Agustus 2021
Jakarta- Vaksinasi nasional hingga saat ini telah mencapai 90 juta dosis yang disuntikkan.

Presiden menargetkan hingga akhir Agustus 2021 lebih dari 100 juta harus sudah disuntikkan ke masyarakat.

Menteri Kesehatan ( Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan pencapaian itu akan mendukung penerapan hidup berdampingan dengan Pandemi.

Menurut Menkes ada tiga strategi yang diterapkan, diantara memperketat protokol kesehatan,  melakukan testing dan tracing pada orang yang tepat, serta memaksimalkan pengobatan pasien Covid-19.

Menurut Menkes, ada beberapa arahan Presiden yang perlu segera ditindaklanjuti agar masyarakat dapat segera menerapkan hidup berdampingan dengan pandemi.

“Pertama, menyeimbangkan antara hidup yang sehat dan hidup yang bermanfaat secara ekonomi, yang paling penting adalah protokol kesehatannya  harus diimplementasikan dengan disiplin,” tutur Budi.

Arahan bapak Presiden, pemerintah akan harus waspada. Selain itu, protokol kesehatan di masing-masing daerah pun akan dibuka secara bertahap.

“Jadi kami sudah bekerja sama dengan beberapa asosiasi, beberapa perkumpulan, untuk mulai menyusun protokol kesehatan berbasis teknologi informasi pada aplikasi Pedulilindungi yang akan kita pakai secara nasional untuk membantu menjaga implementasi dari protokol kesehatan ini berbasis teknologi informasi’, imbuhnya.

Protokol kesehatan akan diterapkan di semua sektor termasuk di sektor perdagangan, baik itu modern maupun tradisional.

Selain itu protokol kesehatan juga akan diterapkan di sektor transportasi darat, laut, dan udara. 

Sektor kerja baik itu industri maupun juga perkantoran juga akan menerapkan protokol kesehatan berbasis teknologi informasi ini. 

Protokol kesehatan juga akan diterapkan di sektor pariwisata dan hiburan baik itu pertandingan sepak bola atau konser musik atau juga kuliner.

Di bidang pendidikan, akan diterapkan juga protokol kesehatan baik di tingkat SD, SM, SMA, dan Universitas.

Protokol kesehatan juga akan diterapkan di acara hari keagamaan ritual-ritual minggan atau hari raya besar. 

Protokol kesehatan berbasis teknologi informasi ini akan membantu masyarakat membangun hidup bersama dengan menyeimbangkan antara sisi kesehatan dengan sisi aktivitas ekonomi.

Selain strategi protokol kesehatan, penting juga adalah testing dan tracing terpusat hanya kepada kontak erat dan bergejala.

Menurut Menkes, Presiden memberikan arahan secara spesifik bahwa nantinya harus ada peralatan untuk layanan primer isolasi.

Nantinya, rumah sakit akan menyiapkan ruangan isolasi khusus hanya bagi pasien-pasien yang kritis. (awy)
Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
00:48

RUU DKJ Disahkan Jadi Undang-undang, Jakarta Resmi Bukan Lagi Ibu Kota Negara

DPR RI mengesahkan RUU Daerah Khusus Jakarta menjadi sebuah Undang-Undang. Keputusan diambil dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat yang dipimpin ketua DPR Puan Maharani.
img_title
00:49

Rencana Pertemuan Megawati dan Prabowo

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bicara soal rencana pertemuan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan presiden terpilih Prabowo Subianto.
img_title
02:02

Pura-Pura Ikut Shalat Berjemaah, Pemuda Curi Tas Jemaah Masjid

Sebuah video memperlihatkan seorang pria terekam kamera pengawas mencuri tas ransel milik jamaah di sebuah masjid di Jalan Tengger Kandangan, Surabaya, Jawa Timur.
img_title
11:45

Polisi Bongkar Sindikat BBM Palsu, Pertalite Disulap Jadi Pertamax

Bareskrim Polri membongkar kasus Bahan Bakar Minyak (BBM) palsu dengan mengubah bensin Pertalite menjadi Pertamax. Total ada lima tersangka yang diamankan.
img_title
01:34

Remaja di Sulbar Bunuh Pacar Lalu Gantung Jasad Korban di Pohon

Kasus pembunuhan yang disamarkan sebagai peristiwa bunuh diri terjadi di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.
img_title
03:03

Jumlah Pasien Malaria di Nias Selatan Kian Meningkat

Jumlah pasien malaria di Pulau Simuk, kepulauan terluar Indonesia di Kabupaten Nias, Selatan Sumatera Utara kian bertambah.
img_title
02:22

RSUD Nganjuk Tidak Mampu Tampung Pasien DBD

Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Nganjuk sejak 3 bulan terakhir mengalami peningkatan signifikan.
img_title
06:51

Ramai soal Ferienjob di Jerman, Begini Penjelasannya

Belakangan ini istilah ferienjob jadi viral karena peristiwa mahasiswa magang di Jerman yang diduga menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Tapi apa itu ferienjob?
img_title
06:45

Cerita Mahasiswi Jambi yang Jadi Korban TPPO Modus Magang di Jerman

Kasus tindak pidana perdagangan orang atau TPPO yang berkedok magang di Jerman dan di Jambi diduga melibatkan total ribuan orang mahasiswa yang menjadi korban.
img_title
02:04

Warga Tulungung Serbu Layanan Penukaran Uang Baru

Warga Tulungagung, Jawa Timur antusias mulai menukarkan uang baru. Layanan penukaran uang baru Bank Indonesia melalui mobil kas keliling diserbu warga.
img_title
04:06

Mahasiswa Jambi Jadi Korban TPPO Modus Magang di Jerman

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengungkap jumlah terbaru mahasiswa Indonesia yang terindikasi menjadi korban TPPO di Jerman yaitu sebanyak 1.900 orang. 
img_title
04:25

Ngeri, Agen Perbankan di Lamongan Disatroni Perampok Bersenjata Api

Dalam menjalankan aksinya, pelaku menggunakan senjata yang diduga pistol untuk mengancam korban dan merampas handphone milik korban.
img_title
01:56

Momen Presiden Jokowi & Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama

Presiden Jokowi wakil presiden Maruf Amin melaksanakan buka puasa bersama pada Kamis (28/3/2024) kemarin para menteri di Kabinet Indonesia maju di Istana.
img_title
02:19

Gegara Gelar Jumpa Pers, Anwar Usman Langgar Etik Lagi

Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) kembali memutuskan Hakim Konstitusi Anwar Usman melanggar kode etik dan perilaku kehakiman. 
img_title
03:50

Update Perkembangan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu 2024

Sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 hari kedua digelar hari ini (28/3/2024). Adapun sejumlah poin dan garis besar dari persidangan sengketa PHPU
img_title
07:15

Laporan Utama: Manuver Baru Partai Demokrat

Meski perolehan suara Partai Demokrat pada pemilu 2024 mengalami penurunan signifikan, Ketua Partai AHY tetap optimistis Partai Demokrat tetap berkinerja baik ke depannya.
img_title
02:00

Pihak KPU Nyatakan Tuduhan Termohon Manipulatif

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menilai permohonan sengketa Pilpres 2024 yang dilayangkan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bukan ranah MK.  
img_title
03:57

Suami Sandra Dewi Ditetapkan sebagai Tersangka Korupsi

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung resmi menetapkan suami Sandra Dewi, Harvey Moeis sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.
img_title
01:10

Menag Ingatkan Petugas Haji untuk Fokus Melayani Jemaah Umroh

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan kepada para petugas haji harus fokus untuk melayani para jemaah yang merupakan tamu Allah.
Jangan Lewatkan
Antisipasi Penyalahgunaan BBM Jelang Lebaran, Polda DIY Lakukan Patroli dan Pengecekan SPBU

Antisipasi Penyalahgunaan BBM Jelang Lebaran, Polda DIY Lakukan Patroli dan Pengecekan SPBU

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Polda DIY melalui Ditsamapta mengerahkan personelnya melaksanakan patroli dengan sasaran SPBU di wilayah Yogyakarta, Jumat (29/3/2024).
Rekap Hasil Liga 1: PSM Tahan Borneo, Madura United hingga PSIS Berbagi Angka

Rekap Hasil Liga 1: PSM Tahan Borneo, Madura United hingga PSIS Berbagi Angka

Tiga pertandingan Liga 1 tersaji pada laga pekan ke-30, Jumat (29/3/2024).
Bakamla RI Bersama Tim SAR Gabungan Cari ABK Kapal Terjatuh di Kei Besar

Bakamla RI Bersama Tim SAR Gabungan Cari ABK Kapal Terjatuh di Kei Besar

Bakamla RI yang tergabung dalam Tim SAR gabungan masih terus mencari korban kecelakaan 1 Anak Buah Kapal (ABK) KM Alistya Utama yang terjatuh ke laut di sekitar Perairan Tj. Weduar Pulau Kei Besar, Maluku Tenggara, Jumat (29/3/2024).
KPU Jombang Santuni Tiga Petugas KPPS yang Sakit dalam Tugas

KPU Jombang Santuni Tiga Petugas KPPS yang Sakit dalam Tugas

KPU Jombang memberi santunan kepada 3 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sempat menderita sakit pada saat melaksanakan tugas
Kejutan, Ten Hag Promosikan 3 Pemain U-18 ke Skuad Senior MU

Kejutan, Ten Hag Promosikan 3 Pemain U-18 ke Skuad Senior MU

Manajer Manchester United, Erik ten Hag, mempromosikan tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pada pekan ini. 
Senator Terpilih 2024 Salut Ketua DPD RI Rendah Hati dan Mau Mendengar

Senator Terpilih 2024 Salut Ketua DPD RI Rendah Hati dan Mau Mendengar

Buka puasa bersama antara Ketua DPD RI dengan beberapa Senator terpilih pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu. Para Senator terpilih itu mengaku salut dengan pribadi Ketua DPD RI yang menurut mereka sangat humble, rendah hati dan mau mendengar.
Pernah Jadi Rekan Setim saat Bela Tim Junior Belanda, Bintang Man City Ini Akui Tak Heran dengan Kehebatan Thom Haye di Timnas Indonesia, Katanya...

Pernah Jadi Rekan Setim saat Bela Tim Junior Belanda, Bintang Man City Ini Akui Tak Heran dengan Kehebatan Thom Haye di Timnas Indonesia, Katanya...

Penampilan memukau Thom Haye di laga debutnya bersama Timnas Indonesia saat lawan Vietnam dapat pujian dari mantan rekan setimnya yang kini bermain di Man City.
Coba Baca Surah ini 17 Kali Saja Sehari, Ustaz Adi Hidayat Bilang Lihat Perubahannya, Seketika Rezeki Mengejar Tiada Henti

Coba Baca Surah ini 17 Kali Saja Sehari, Ustaz Adi Hidayat Bilang Lihat Perubahannya, Seketika Rezeki Mengejar Tiada Henti

Ustaz Adi Hidayat bagikan surah luar biasa dalam Al-Quran yang bisa mendatangkan rezeki, memberi kesembuhan, serta mencukupi kebutuhan di dunia dan akhirat.
Kemenhub Buka Kembali Kuota Mudik Gratis Moda Bus Untuk 10.000 Orang

Kemenhub Buka Kembali Kuota Mudik Gratis Moda Bus Untuk 10.000 Orang

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat membuka kembali pendaftaran mudik gratis moda bus dengan kuota sebanyak 10.000 orang untuk arus mudik dan balik.
Prabowo Buka Suara soal Sengketa Pilpres 2024, Begini Katanya

Prabowo Buka Suara soal Sengketa Pilpres 2024, Begini Katanya

Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianti buka suara terkait perkara sengketa Pilpres 2024.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
01:00 - 02:00
Trust
Selengkapnya