Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Sebanyak 398 Ekor Sapi Positif Terjangkit PMK di Deli Serdang

Rabu, 18 Mei 2022
Oleh :

Deli Serdang, Sumatera Utara - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi Kian merebak di sejumlah daerah. Di Deli Serdang, Sumatera Utara lebih dari 300 sapi terjangkit PMK. sementara di dua kabupaten di Nusa Tenggara Barat diketahui lebih dari 400 ekor sapi terjangkit PKM.

Dalam sepekan terakhir, jumlah hewan ternak sapi yang terjangkit PMK di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara terus meningkat. Per hari ini sebanyak 398 ekor sapi terjangkit PMK.

Data dari Dinas Pertanian Deli Serdang mencatat, sapi-sapi yang terjangkit PMK berada di lima wilayah kecamatan.

Kondisi sapi yang terjangkit PMK tampak kurus dengan bintik-bintik hitam di area badan dan sela-sela kuku. Di pergelangan kaki juga tampak luka yang mengering, mengeluarkan air liur dari mulut, dan mengidap sariawan.

Isolasi hewan ternak pun dilakukan terhadap hewan yang terjangkit PMK agar tidak menular ke hewan lainnya. Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang pun telah memberikan obat-obatan dan vitamin terhadap hewan yang terjangkit PMK.

Dua wilayah di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yakni Desa Mandapajaya dan Desa Cirukem terjangkit PMK. Ada 7 ekor sapi terkonfirmasi positif PMK dari hasil uji sampel laboratorium. Pemeriksaan ternak sapi kini ketujuh sapi tersebut diisolasi selama 14 hari dan dipisahkan dari kandang agar PMK tidak menyebar ke hewan ternak lainnya. 

Merebaknya wabah PMK pada hewan ternak membuat Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan membentuk Tim Satgas PMK untuk mencegah masuknya hewan ternak sapi dari luar daerah ke Kuningan serta melakukan pengawasan secara berkala kepada peternak sapi.

Operasional pasar hewan di Kecamatan Masbagik Lombok Timur Nusa Tenggara Barat ditutup selama dua minggu, sebagai bentuk antisipasi sebaran wabah PMK yang menyerang hewan ternak.

Hingga hari ini, jumlah ternak sapi yang positif terjangkit PMK di dua Kabupaten yakni Lombok Timur dan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mencapai 492 ekor. Dari jumlah tersebut tercatat 143 ekor diantaranya mengalami kesembuhan.

Laju sebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak sapi di dua kabupaten ini diduga akibat interaksi ternak di pasar hewan, sehingga untuk sementara waktu operasional pasar hewan pun dihentikan.

Untuk mencegah penyebaran lebih luas, penyemprotan desinfektan juga gencar dilakukan di kandang-kandang ternak kolektif maupun pribadi milik peternak.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
02:30

Kabar Duka dari Dunia Musik, Bob Tutupoly Tutup Usia

Berita duka kembali datang dari dunia hiburan tanah air. Penyanyi pembawa acara dan aktor tanah air Bob Tutupoly meninggal dunia dalam usia 82 tahun.
img_title
00:52

Menteri Agama & Rombongan Melakukan Umrah Wajib

Menteri Agama yaqut Cholil Qoumas tiba di tanah suci. Setibanya di tanah suci, Menteri Agama langsung melakukan proses ibadah umrah wajib di Masjidil Haram.
img_title
03:59

Tuduh Suami Korban Pengedar Narkoba, Polisi Gadungan Tikam Ibu & Anak

Pelaku penusukan ibu dan anak yang memakai atribut polisi di Bekasi, Jawa Barat berhasil dibekuk petugas Polres Metro Bekasi Kota.
img_title
04:09

8 Orang Saksi Diperiksa Pasca Kerusuhan Kelompok Pemuda di Babarsari

Situasi di kawasan Babarsari, Sleman, Yogyakarta kembali kondusif usai kericuhan yang terjadi pada Senin (4/7/2022) kemarin.
img_title
11:50

Komnas Haji Bicara Soal Ribuan Jemaah Haji Furoda Gagal ke Tanah Suci

Ribuan calon anggota jemaah haji furoda gagal berangkat ke Arab Saudi. Mereka terkendala mengenai visa.
img_title
08:54

Tunggu Kondusif, Polisi Batal Meringkus Anak Kiai Tersangka Kasus Kejahatan Seksual

Polisi belum berhasil menangkap anak yang berstatus tersangka di Jombang, Jawa Timur.
img_title
00:54

Ruang Perawatan RS Terbakar, Pasien Dipindahkan

Rumah Sakit Siloam di Kota Palembang terbakar. Kebakaran ini berasal dari ruang poli rawat jalan. Asap diduga berasal dari AC atau alat medis yang terbakar.
img_title
00:43

Perhatikan Tanda Panah! Buaya Menampakkan Diri di Tempat Wisata

2 ekor buaya muara terlihat berenang di Pantai Batu Saung kawasan Pantai Anyer, Serang, Banten. Wisatawan pun sontak terkejut oleh kemunculan 2 ekor buaya tersebut.
img_title
04:40

Motif Polisi Gadungan Tikam Seorang Ibu & Anak di Bekasi

Pelaku penusukan ibu dan anak yang memakai atribut polisi di Bekasi, Jawa Barat dibekuk oleh petugas Polres Metro Bekasi Kota.
img_title
01:20

Pimpinan Chechnya Ramzan Kadyrov Berhasil Kuasai Benteng Besar Ukraina

Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov mengklaim, pasukan sekutu telah menguasai Kota Lysychansk, Ukraina yang merupakan benteng besar terakhir Ukraina.
img_title
01:39

Pasukan Militer Arab Saudi Gelar Simulasi Pengamanan Haji

Pasukan keamanan Arab Saudi menggelar parade militer menjelang pelaksanaan ibadah haji. Langkah ini dilakukan guna mempersiapkan pengamanan ibadah haji.
img_title
02:56

Sejumlah Ruko Hancur Saat Kericuhan di Babarsari

Keributan kelompok pemuda memicu kerusakan sejumlah ruko dan pembakaran 7 sepeda motor di kawasan Babarsari, Sleman, Yogyakarta.
img_title
02:15

4 Korban Kecelakaan Maut Truk vs Bus di Tol Cipali Masih Menjalani Perawatan di RS

Sebanyak 4 dari 18 korban kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Tol Cipali Subang, Jawa Barat pada Minggu (3/7/2022) sore kemarin masih menjalani perawatan intensif.
img_title
04:26

Uji Coba Beli BBM Pakai MyPertamina

Hari keempat uji coba aplikasi MyPertamina untuk pembelian BBM bersubsidi, warga mengeluhkan penggenap penggunaan aplikasi.
img_title
01:00

Ricuh di Babarsari Sleman, 2 Ruko dan 6 Motor Terbakar

Sejumlah ruko dan motor di kawasan Babarsari Sleman, Yogyakarta dibakar massa. Kericuhan ini terjadi sebagai imbas dari keributan dua kelompok massa yang terjadi dua hari lalu.
img_title
03:18

Kementan Siapkan 47 Ribu Sapi Di Jakarta

Mendekati pelaksanaan Iduladha 2022 Kementerian Pertanian memasok puluhan ribu sapi untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di Jakarta.
img_title
01:29

Ratusan Tenaga Honorer Medis dan Non-Medis Gelar Demo di DPRD Garut

Ratusan tenaga honorer berunjuk rasa di DPRD Garut, Jawa Barat. Mereka memprotes rencana penghapusan tenaga honorer yang akan diberlakukan pemerintah pusat mulai tahun depan.
img_title
01:21

PDIP Belum Tentukan Pengganti Tjahjo Kumolo

Posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang sebelumnya dijabat oleh Almarhum Tjahjo Kumolo masih kosong.
img_title
00:59

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 1 Agustus 2022

Pemerintah memperpanjang pemberlakuan PPKM luar Jawa-Bali hingga 1 Agustus 2022 mendatang.
img_title
01:02

Pabrik Pengolahan Minyak Goreng di Mojokerto Terbakar

Pabrik pengolahan minyak goreng di Mojokerto, Jawa Timur terbakar. Banyaknya bahan baku yang mudah terbakar membuat api sulit dipadamkan.
Jangan Lewatkan
Pemerintah Pusat Mendukung Penuh Program Penanganan Dampak Iklim Global di Indonesia

Pemerintah Pusat Mendukung Penuh Program Penanganan Dampak Iklim Global di Indonesia

Sri Haryati menjadi perwakilan Anies Baswedan membuka kegiatan peningkatan kapasitas dalam implementasi pengendalian dampak bencana iklim global Indonesia
Tito Karnavian Ditunjuk Jadi Menpan RB Ad Interim, Menjabat Hingga 15 Juli 2022

Tito Karnavian Ditunjuk Jadi Menpan RB Ad Interim, Menjabat Hingga 15 Juli 2022

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) ad interim untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Tjahjo Kumolo yang wafat pada Jumat (1/7) pekan lalu.
Asep Kuswanto Menggandeng 30 Kota Besar di Indonesia Dalam Menghadapi Perubahan Iklim Global

Asep Kuswanto Menggandeng 30 Kota Besar di Indonesia Dalam Menghadapi Perubahan Iklim Global

Hadapi iklim global yang semakin mengkhawatirkan, Pemprov DKI Jakarta gelar dialog interaktif dalam implementasi pengendalian dampak bencana iklim Indonesia
Viral Nama Asli Pahlawan Nasional Asal Maluku Thomas Matulessy adalah Ahmad Lussy

Viral Nama Asli Pahlawan Nasional Asal Maluku Thomas Matulessy adalah Ahmad Lussy

Media sosial dihebohkan dengan pernyataan Ustadz Adi Hidayat yang mengatakan nama asli pahlawan nasional asal Maluku Pattimura bukan Thomas Matulessy tetapi Ahmad Lussy. 
Bob Tutupoly Dikenang Sebagai Sosok Ayah yang Tegas

Bob Tutupoly Dikenang Sebagai Sosok Ayah yang Tegas

Sasha Karina Tutupoly mengenang sosok Bobby Williem Tutupoly sebagai seorang ayah yang tegas bahkan kasar saat berbicara namun sejatinya berhati lembut.
Ayah Rozak Terbaring Sakit, Netizen Ini Malah Mendoakan Buruk, Bilang Semoga Ayah Ayu Ting Ting itu Segera Dipanggil Malaikat Izrail

Ayah Rozak Terbaring Sakit, Netizen Ini Malah Mendoakan Buruk, Bilang Semoga Ayah Ayu Ting Ting itu Segera Dipanggil Malaikat Izrail

Para haters Ayu Ting Ting berimbas juga membenci ayah dan ibunya, yakni Umi Kalsum dan Abdul Rozak atau yang akrab dikenal Ayah Rozak.
Kejar Target Juara, Timnas U-19 Mohon Dukungan Seluruh Rakyat Indonesia

Kejar Target Juara, Timnas U-19 Mohon Dukungan Seluruh Rakyat Indonesia

Timnas tetap yakin bisa mewujudkan target juara Piala AFF U-19. Sebelum melangkah lebih jauh, Timnas U-19 mohon dukungan seluruh rakyat untuk melawan Thailand.
DPR RI Siapkan Kebijakan UU Kelas Rawat Inap Standar (KRIS), bagi Pengguna BPJS Kesehatan

DPR RI Siapkan Kebijakan UU Kelas Rawat Inap Standar (KRIS), bagi Pengguna BPJS Kesehatan

Komisi IX DPR RI kini tengah melakukan implementasi penerapan BPJS Kesehatan kelas standar. DPR mendesak Kementerian Kesehatan RI dan DJSN mempersiapkannya.
Mobil Lamborghini, Porsche dan Motor Ducati Milik

Mobil Lamborghini, Porsche dan Motor Ducati Milik "Crazy Rich Soreang" Doni Salmanan yang Disita Turut Diserahkan Sebagai Barang Bukti

Sejumlah barang bukti kasus penipuan tersangka "Crazy Rich Soreang" Doni Salmanan yang disita turut diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bandung. 
Dispatch Bongkar Fakta Kasus Bullying Aktor Nam Joo Hyuk

Dispatch Bongkar Fakta Kasus Bullying Aktor Nam Joo Hyuk

Nam Joo Hyuk tengah menjadi perbincangan hangat usai kabar kasus bully yang diduga dilakukannya saat masih sekolah. Lama diap Dispacth akhirnya ungkap fakta
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Manusia Nusantara
14:30 - 15:00
Kabar Pasar Sore
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
Selengkapnya