Tutup Menu
LIVESTREAM

Tinjau Sirkuit Mandalika, Sandiaga Uno Optimis Gelar MotoGP di Indonesia | Oneprix Minute

Jumat, 7 Mei 2021
Oleh :

Lombok, Klik Disini - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau langsung sirkut Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk mengetahui proses perkembangan arena balap internasional tersebut. Dalam kunjungannya kali ini, Sandiaga berkesempatan untuk berkeliling Sirkuit Mandalika dengan menggunakan sepeda listrik buatan anak bangsa. Selain itu, Ia juga optimis Indonesia bisa menggelar dua ajang balapan bergengsi dunia, yakni Superbike dan MotoGP.

Pria yang akrab dipanggil Sandi Uno ini memastikan progres pembangunan Sirkuit Mandalika dan kawasan ekonomi khusus sudah mematuhi environmental, social dan governance (ESG) sebagai panduan. "Selain kementerian sendiri memiliki panduan yang ketat, ITDC dengan pendanaan yang multilateral sangat berpegang pada ESG tadi," ujar Sandiaga saat meninjau sirkuit Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Kamis (6 Mei 2021).

Dalam kunjungan tersebut, Menparekraf Sandiaga juga menerima penyerahan pengadaan lahan 6,5 hektare dalam Penlok 2 (penetapan lokasi dua) untuk sirkuit MotoGP dari BPN. Begitu pula dengan Penlok 1 yang ganti ruginya sudah dibayarkan. Oleh karena itu, kunjungan ini selain memastikan pembangunan infrastruktur berjalan, aspek lingkungan dan sosial ekonomi masyarakat dan pelaku pariwisata NTB ditata kembali.

Masyarakat yang mendapatkan ganti rugi pembayaran lahan akan didampingi dan diberikan pelatihan untuk usaha. "Mulai November tahun ini untuk Superbike sampai tahun depan Mandalika akan mulai dikunjungi ribuan orang. Ini peluang bagi masyarakat," jelas Sandi.

Selain itu untuk memastikan sukses penyelenggaraan event internasional itu, vaksinasi dan penerapan CHSE di destinasi wisata terbukti diakui oleh masyarakat internasional sejak gelaran Bali Democracy Forum. "Dan penegakan protokol kesehatan tidak boleh berhenti," tegas Sandiaga.

Dalam kunjungan ke sirkuit Mandalika, Sandiaga menjelaskan, proses pengaspalan lapisan pertama 4,3 kilometer sirkuit dan pembayaran 29 bidang lahan warga dengan dukungan lembaga manajemen aset negara. Sandi menambahkan, Penlok dua yang dialokasikan sebagai fasilitas pendukung ini nantinya aksesnya sangat terbuka bagi masyarakat sebagai infrastruktur dasar pasca gelaran event internasional sebagai dukungan Kemenparekraf dalam pemulihan ekonomi NTB. (ari/ant)

(Lihat juga Presiden Jokowi: Kota Lain Nggak Usah Ruwet Urus Sampah, Lihat Saja Surabaya!)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Jangan Lewatkan
Pasien Positif Covid-19 di Kendari Terus Bertambah

Pasien Positif Covid-19 di Kendari Terus Bertambah

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Kendari, per tanggal 23 Juni terdapat penambahan 46 pasien hingga total yang terkonfirmasi menjadi 197 orang.
Polisi Ringkus Pembunuh Pemulung di Pasar Tasikmalaya

Polisi Ringkus Pembunuh Pemulung di Pasar Tasikmalaya

Satreskrim Polresta Tasikmalaya berhasil menangkap seorang pria terduga pelaku pembunuhan di kompleks Pasar HPKP Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.
Belanda Tanpa Luuk de Jong di Sisa Euro 2020 Akibat Cedera

Belanda Tanpa Luuk de Jong di Sisa Euro 2020 Akibat Cedera

Penyerang timnas Belanda Luuk de Jong terpaksa mengakhiri kiprahnya di ajang Piala Eropa 2020 setelah mengalami cedera lutut dalam sesi latihan, kata asosiasi sepak bola Belanda (KNVB) dalam sebuah pernyataan.
Mantan Direktur Garuda Indonesia Hadinoto Soedigno Divonis 8 Tahun Penjara

Mantan Direktur Garuda Indonesia Hadinoto Soedigno Divonis 8 Tahun Penjara

Hadinoto Soedigno divonis 8 tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 3 bulan kurungan karena terbukti menerima suap dan pencucian uang terkait pengadaan pesawat.
Taman Mini Indonesia Indah Tutup Sementara Layanan Operasional

Taman Mini Indonesia Indah Tutup Sementara Layanan Operasional

Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, menutup sementara layanan operasional sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan, untuk pengunjung mulai Rabu siang.
Pembatasan Mobilitas Jakarta Tidak Berlaku Bagi Ojek Daring

Pembatasan Mobilitas Jakarta Tidak Berlaku Bagi Ojek Daring

Pembatasan mobilitas di 10 ruas jalan Jakarta pada pukul 21.00-04.00 WIB tidak berlaku bagi ojek daring (ojek online/ojol).
Sejumlah Kantor di Jakarta Terapkan PPKM Mikro

Sejumlah Kantor di Jakarta Terapkan PPKM Mikro

Sejumlah kantor di DKI Jakarta telah menerapkan PPKM Mikro, dengan tidak mempekerjakan di kantor sebagian besar pekerjanya.
Gubernur Aceh Kembali Perpanjang PPKM Berbasis Mikro

Gubernur Aceh Kembali Perpanjang PPKM Berbasis Mikro

Gubernur Aceh Nova Iriansyah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro untuk pengendalian penyebaran COVID-19.
Harga Sapi Kurban Mulai Naik

Harga Sapi Kurban Mulai Naik

Di pasar hewan di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, berbagai jenis sapi jantan kualitas kurban mulai mengalami lonjakan harga.
Industri Pengolahan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara

Industri Pengolahan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara

Pertumbuhan ekonomi Maluku Utara di kuartal I-2021 mencapai angka 7%. Peningkatan ekonomi ini, tidak terlepas dari hadirnya industri pengolahan mineral logam yang berada di tiga daerah .
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
02:30 - 03:00
Kabar Hari Ini
03:00 - 03:30
Buru Sergap
03:30 - 04:00
Sidik Jari
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
Selengkapnya