LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Dijawab UAS dan Sahabat Tentang Saatnya Mendidik Diri

Kamis, 23 Maret 2023

Jakarta, tvOnenews.com - Ustaz Profesor Abdul Muta'ali mengingatkan kepada seluruh umat muslim untuk tidak menjadikan Bulan Ramadhan sebagai bulan untuk menumpuk amal.

“Banyak orang anggap ditumpuk semua amal, saat Ramadhan menumpuk amal, ditumpuk dzikir khatam Al-Qur’an berat sekali-kali ketika ditanya bekal 11 bulan agar santai. Mindset kita harus diluruskan bahwa Ramadhan itu bulan pendidikan,” ujar Ustaz Profesor Abdul Muta'ali dalam program tvOne Indahnya Ramadhan Bersama UAS dan Sahabat.

Ustaz Profesor Abdul Muta'ali kemudian menjelaskan arti manusia dalam ilmu logika.

“Manusia ini dalam ilmu logic atau ilmu mantiq disebut dengan hewan, mohon maaf yang pandai bisa berbicara bisa berkomunikasi dengan baik. Dia membedakan manusia dengan hewan, maaf adalah adabnya.”

Oleh karena itu Allah memberikan satu bulan penuh yang bernama Ramadhan dengan tujuan menempa para umatnya.

“Bagaimana cara membentuk manusia ini maka dibuat oleh Allah subhanahu wa ta'ala satu waktu yang ditempa khusus yang disebut yang namanya disebutkan dalam Al-Qur’an,” ujarnya. 

UAS menjelaskan bahwa makna dari sahur adalah pada bangun awal hari. Hal itu karena akan memberikan banyak berkah.

“Ya Allah berikanlah berkah pada umatku kepada awal hari siapa yang paling awal bangunnya dialah yang paling banyak dapat berkah,” jelas Ustaz Profesor Abdul Muta'ali.

“Bersahurlah kamu karena di sahur ada barokah, bahkan kata nabi jika tidak sahur minimal seteguk air,” tambahnya.

Dengan bangun lebih sahur, artinya setiap umat muslim akan bangun lebih awal. Sehingga dapat menjalankan ibadah lainnya, seperti shalat tahajud, witir, membaca Al-Qur’an, berdzikir.

“Menunggu adzan subuh kemudian dia kumpul bersama keluarga. Mungkin selama ini bangun pagi anak sudah pergi sekolah, istri sudah pergi, dia pun tidak sempat makan. Maka di bulan Ramadhan kita sempat bercengkrama bertukar pikiran dan bisa bersilaturahim” kata Ustaz Profesor Abdul Muta'ali.

Sementara hikmah kedua dari Bulan Ramadhan disebutkan oleh UAS adalah dididiknya setiap umat islam untuk menjaga potensi yang ada di tubuh kita.“Kemudian kita dididik untuk menjaga potensi yang ada di tubuh kita,” lengkapnya. 

“Dari tatapan mata menunduk jika melihat yang tidak layak ia menunduk. Jika ada yang menantang berantem, kita menunduk dan berkata aku sedang puasa,” katanya.

Sejak dini hari hingga malam, setiap muslim banyak melakukan ibadah. Maka dengan selesainya Bulan Ramadhan, maka diharapkan setiap muslim sudah lulus dari pendidikan madrasah ramadhan.

“Siangnya Syiam malamnya qiyam, keluar dari madrasah Ramadhan dia bukan lagi penumpuk amal tapi dia orang orang  sudah dididik secara mental. Semoga keluar dari madrasah ramadhan ini menjadi alumni-alumni Ramadhan yang terdidik dengan baik insya Allah,” harap Ustaz Profesor Abdul Muta'ali. (put) 

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
03:40

Menelusuri Eksotika Kota Alexandria

Kota Alexandria yang pernah menjadi ibu kota Mesir ternyata menjadi salah satu kota yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.
img_title
05:59

Fenomena Tarawih Kilat dan Super Lama, Apa Hukumnya?

Di Indramayu, Jawa Barat sebuah pondok pesantren menyelenggarakan salat tarawih hanya cukup dikerjakan dalam waktu 7 menit.
img_title
06:38

Agar Tidak Sia-Sia! Inilah Adab-Adab dalam Berpuasa

Kegiatan puasa di bulan suci Ramadan menjadi kewajiban bagi umat Muslim. Adapun sejumlah kebaikan dilakukan sebulan penuh untuk meraih gelar taqwa sesuai dengan perintah Allah SWT agar puasa kita tak sia-sia. 
img_title
02:40

Apakah Mengupil Membuat Batal Puasa? | Habib Fachry Jamalulai

Namun, bagaimana jika kebiasaan buruk mengupil terjadi dengan sadar maupun tidak disengaja di bulan suci Ramadan? Apakah akan membatalkan puasa kita?
img_title
01:50

Tradisi Turun Menurun, Salat Tarawih di Jombang Selesaikan 23 Rakaat dalam 10 Menit

Selain di Udanawu, Blitar, salat tarawih cepat juga dilakukan jamaah sebuah masjid di Jombang, Jawa Timur. yang dimana Salat tarawih 23 rakaat hanya dalam waku 10 menit saja.
img_title
03:00

Amalan yang Membuat Seseorang Wafat dalam Husnul Khotimah

Hampir semua umat muslim bercita-cita bisa meninggal dalam keadaan husnul khotimah dan dimudahkan jalannya menuju sisi Allah SWT.  
img_title
02:04

Buka Puasa Terpanjang Hingga 2,1 Km di Makassar Dapat Rekor Muri!

Ribuan warga Kota Makassar berbuka puasa bersama membentuk barisan hingga 2,1 kilometer. Buka puasa terpanjang di Indonesia ini sekaligus menjadi silaturahmi antar warga. 
img_title
02:53

Menilik Sejarah Masjid Luar Batang yang Didirikan oleh Pendakwah Asal Yaman

Masjid Luar Batang cagar budaya di daerah Penjaringan Jakarta Utara menjadi salah satu destinasi favorit wisata religi umat muslim pada bulan suci Ramadan.
img_title
05:19

Kesiangan Sahur dan Belum Niat, Sahkah Puasanya?

Sahur diartikan aktivitas memakan makanan atau minuman sebelum seseorang memulai berpuasa dan sebelum waktu imsak datang.
img_title
04:02

Kronologi Wafatnya Habib Hasan Bin Ja'far Assegaf Usai Sholat Dhuha dan Tetap Puasa

Berita duka datang dari kalangan ulama Habib Hasan Bin Ja’far Assegaf yang meninggal dunia pada Rabu (13/3/2024) pagi yang rencananya jenazah almarhum akan dimakamkan pada siang hari ini (14/3/2024). 
img_title
02:16

Keindahan Masjid Unik Berbentuk Kapal Laut di Cimahi

Di Cimahi, Jawa Barat terdapat masjid yang bentuknya unik yakni dibangun layaknya kapal laut yang dimana pembangunan masjid tersebut terinspirasi dari kisah Nabi Nuh. 
img_title
05:38

Kritik Pedas Gus Miftah Terkait Penggunaan Pengeras Suara Selama Ramadan

Imbauan Kementerian Agama (Kemenag) tentang penggunaan pengeras suara dalam beribadah khususnya selama bulan Ramadan menuai polemik. 
img_title
03:10

Bolehkah Berenang Saat Puasa?

Meski tengah menjalankan ibadah puasa, aktivitas olahraga dianjurkan tetap dilaksanakan dengan intensitas rendah. Salah satunya, olahraga berenang. Namun apakah diperbolehkan?
img_title
06:24

Memanfaatkan Ramadan Sebaik-Baiknya Agar Tidak Terlewat Sia-Sia

Umat muslim yang puasa diwajibkan untuk memperbanyak amal kebaikan, termasuk memberikan sedekah dan membantu sesama yang membutuhkan.  
img_title
03:07

Agar Istiqomah dalam Beribadah Saat Ramadhan dan Setelahnya

Selepas bulan Ramadan, keistiqomahan ibadah inilah yang harus dijaga oleh umat Muslim. Khususnya, ketika kita berada di luar ruang atau masyarakat umum yang dimana banyak sekali godaan-godaan.
img_title
10:13

Orang-Orang yang Beruntung di Bulan Ramadhan

Umat muslim yang puasa diwajibkan untuk memperbanyak amal kebaikan, termasuk memberikan sedekah dan membantu sesama yang membutuhkan. 
img_title
13:29

Ramadan Adalah Bulan Meraih Hidayah

Bulan suci Ramadan menjadi bulan ajang latihan bagi umat Muslim untuk meningkatkan kualitas iman dan juga kualitas ilmu yang akan melahirkan ilmu amal sholeh dan meningkatkan derajat.
img_title
09:25

Pesan Ustadz Taufiqurrahman Dalam Menjalani Ibadah Ramadan

Ustadz Taufiqurrahman menyampaikan sejumlah pesan bermakna dalam menjalankan ibadah Ramadan agar terlalui dengan penuh keberkahan dan kebaikan. 
img_title
07:31

Perjalanan Isra Mi'raj Rasulullah dengan Ruh, Jasad atau Keduanya?

Peristiwa Isro Mi'raj Nabi Muhammad Saw. merupakan perjalanan nabi menuju ke langit ke-7. Di langit ke-7, Nabi Muhammad pun diberi perintah untuk melakukan shalat. 
Jangan Lewatkan
Jelang Pengumuman Pemenang Pilpres, Gibran Minta Relawan Tidak Euforia Berlebihan

Jelang Pengumuman Pemenang Pilpres, Gibran Minta Relawan Tidak Euforia Berlebihan

Wali Kota Surakarta sekaligus calon wakil presiden dari 02, Gibran Rakabuming Raka terlihat santai menjelang pengumuman pemenang pilpres 2024 pada Rabu, (20/3/2024) besok. 
Kisruh KJMU, Pemprov DKI Bentuk Posko Pelayanan, Ini Daftar Lokasinya

Kisruh KJMU, Pemprov DKI Bentuk Posko Pelayanan, Ini Daftar Lokasinya

Beberapa waktu belakangan jagat maya dibuat heboh soal pemutusan secara sepihak bantuan pendidikan program KJMU. Kisruh ini pun menuai banyak persepsi di publik
Tak Terima PDIP Disebut Loyo Soal Hak Angket, Hasto Buka Suara

Tak Terima PDIP Disebut Loyo Soal Hak Angket, Hasto Buka Suara

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto sebut PDIP bantah partainya loyo untuk menggulirkan hak angket DPR terkait dugaan kecurangan Pemilu 2024.
Kemenag Gelar Bimtek PPIH Arab Saudi dengan Pola Baru, Guna Tingkatkan Kualitas Petugas Haji

Kemenag Gelar Bimtek PPIH Arab Saudi dengan Pola Baru, Guna Tingkatkan Kualitas Petugas Haji

Kementerian Agama (Kemenag) RI akan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H / 2024 M.
Rekomendasi Menu Berbuka Puasa yang Lezat, Iga Bakar Khas Jombang Bisa Jadi Pilihan

Rekomendasi Menu Berbuka Puasa yang Lezat, Iga Bakar Khas Jombang Bisa Jadi Pilihan

Sebuah warung makan di Jombang menyajikan menu menarik untuk berbuka puasa. Menu andalan yang banyak dipesan pelanggan tersebut yakni iga bakar.
Selamatkan Anak di Jalan Raya, Ratusan Helm Dibagikan ke Siswa SD di Banyuwangi

Selamatkan Anak di Jalan Raya, Ratusan Helm Dibagikan ke Siswa SD di Banyuwangi

tekan angka kematian akibat kecelakaan yang menimpa anak-anak, Polresta Banyuwangi membagikan helm kepada ratusan siswa Sekolah Dasar di wilayah setempat
Viral Video Mahasiswa Filsafat UGM Akui Lakukan Pelecehan Seksual ke 8 Korban, Pihak Kampus Buka Suara

Viral Video Mahasiswa Filsafat UGM Akui Lakukan Pelecehan Seksual ke 8 Korban, Pihak Kampus Buka Suara

Sebuah video viral menunjukkan seorang mahasiswa Fakultas Filsafat UGM mengakui perbuatannya yang pernah melakukan pelecehan seksual kepada delapan korban.
Hari ke-7 Pencarian Korban KM Youee Jaya 2, Tim Sar Kembali Temukan Satu Orang Korban

Hari ke-7 Pencarian Korban KM Youee Jaya 2, Tim Sar Kembali Temukan Satu Orang Korban

Memasuki hari ke-7 pencarian kapal tenggelam KM Youee Jaya 2, tim Sae gabungan kembali menemukan salah satu  korban dalam keadaan meninggal dunia.
Pelatih Red Spark Akui Ada Ekspektasi Tinggi dari Penggemar Megawati Hangestri di Indonesia

Pelatih Red Spark Akui Ada Ekspektasi Tinggi dari Penggemar Megawati Hangestri di Indonesia

Keberhasilan tersebut diakui pelatih Red Spark Ko Hee-jin tak lepas dari bergabungnya pemain voli Indonesia, Megawati Hangestri. 
Update Kasus Repacking Beras Bulog Dikemas Jadi Premium di Malang, Pelaku Dapat Ide dari Aplikasi Marketing di Facebook

Update Kasus Repacking Beras Bulog Dikemas Jadi Premium di Malang, Pelaku Dapat Ide dari Aplikasi Marketing di Facebook

Tim Satreskrim Polres Malang menetapkan satu orang wanita menjadi tersangka dalam kasus repacking beras bulog menjadi beras premium di Kabupaten Malang
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Sidik Jari
11:00 - 13:00
Kabar Siang
13:00 - 14:00
Damai Indonesiaku
14:00 - 14:30
Manusia Nusantara
14:30 - 15:00
Kabar Pasar Sore
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
Selengkapnya