LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Umroh Kembali Dibuka Secara Bertahap Mulai 4 Oktober 2020 | tvOne

Kamis, 24 September 2020

Arab Saudi,- Pemerintah Arab Saudi membuka kembali ibadah umroh secara bertahap mulai tanggal empat oktober atau 16 safar mendatang. Sebelumnya, layanan ibadah umroh ditutup sementara sejak Maret lalu akibat pandemi covid-19.

Menurut sumber di kementerian dalam negeri Arab Aaudi yang dikutip saudi press agency dan media massa "saudi gazette", izin tersebut dikeluarkan langsung oleh raja arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz as-sa'ud.

Pada tahap pertama, empat oktober mendatang, warga negara arab saudi dan ekspatriat yang tinggal di kerajaan Saudi, diizinkan umroh dalam jumlah paling banyak 30 persen. Atau paling banyak 6.000 jamaah umroh per hari.

Pada tahap kedua, mulai 18 oktober mendatang,  warga negara saudi dan ekspatriat di sana dapat melakukan umroh, mengunjungi roudoh di masjid Nabawi Madinah, serta sholat di dua masjid suci.
Pada fase kedua tersebut jumlah jamaah yang diizinkan maksimal 75 persen, atau sebanyak maksimal 15-ribu orang jamaah per hari.

Tahap ketiga adalah pada satu november mendatang, dengan kapasitas penuh yaitu hingga 20.000 jamaah umroh. Serta memungkinkan ekspatriat dari luar kerajaan saudi dengan mematuhi protokol kesehatan.

Selain umrah, Pemerintah Saudi sebelumnya juga membatasi layanan ibadah haji, yang biasanya dapat mengumpulkan sekitar tiga juta orang dari seluruh dunia, menjadi hanya untuk beberapa ribu jamaah dalam negeri saja.

Data resmi menunjukkan bahwa layanan haji dan umrah mendatangkan pendapatan bagi Arab Saudi hingga sebesar 12 miliar dolar AS atau setara Rp177 triliun per tahun.

Sementara itu, jumlah infeksi COVID-19 yang dikonfirmasi Arab Saudi hingga 22 September 2020 adalah sebanyak 330,798 kasus, bertambah sekitar 500 kasus baru dari hari sebelumnya, dengan total kematian 4.542 kasus.

Sementara itu, Kementerian Agama RI masih menunggu pengumuman resmi dari Kerajaan Arab Saudi perihal daftar negara yang mendapat izin untuk memberangkatkan jamaah umrah. Pihak Kemenag RI berharap Indonesia termasuk yang mendapat izin memberangkatkan jamaah umrah. (ito)
 

(Lihat Juga: Bukan resesi yang hancurkan ekonomi tapi kecemburuan sosial)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
15:09

Dahnil: Prabowo ingin Kumpulkan Mantan Presiden

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengaku fokus terhadap Persiapan Penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di KPU pada Rabu esok.
img_title
08:21

Babak Akhir Sengketa Hasil Pilpres 2024

Drama politik tanah air di sepanjang tahun ini menemui babak akhir saat palu Hakim dari Mahkamah Konstitusi menolak seluruh permohonan yang diajukan oleh paslon nomor urut 1 dan juga 3.
img_title
02:16

Petaka Roller Coaster TKL Eco Park Kota Magelang, Korban Patah Tulang dan Tak Bisa Kerja

Tiga orang menjadi korban kecelakaan wahana permainan Dragon Coaster di taman Kyai Langgeng Eco Park Kota Magelang, Jawa Tengah. Korban berharap pengelola bertanggung jawab.
img_title
01:56

Pasca Putusan MK, Parpol Tunggu Arahan untuk Berkoalisi atau Oposisi

Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyatakan keputusan PDIP berada di dalam atau di luar pemerintah menunggu arahan dari Ketua Umum PDIP yakni Megawati Soekarnoputri.
img_title
01:08

Oknum Polisi di Surabaya Diduga Cabuli Anak Tiri

Oknum polisi di Surabaya, Jawa Timur yang diduga melakukan aksi pencabulan terhadap anak tirinya akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.
img_title
01:07

5 Oknum Polisi Ditangkap Saat Pesta Narkoba di Depok

Lima orang anggota Polri berhasil diamankan oleh unit Reskrim Polsek Sukmajaya Depok Jawa Barat lantaran kedapatan mengkonsumsi narkoba jenis sabu.
img_title
01:09

Cekcok Dengan Istri, Pria di Tasikmalaya Ditemukan Tewas di Dapur

Seorang pria di Tasikmalaya, Jawa Barat ditemukan tewas di dapur rumahnya. Sebelumnya korban sempat terlibat cekcok dengan istrinya.
img_title
01:19

Rumah Via Vallen Digeruduk Warga gegara Adik Diduga Gelapkan Motor

Diduga lakukan penggelapan motor, rumah pedangdut Via Vallen di Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur digeruduk oleh warga.
img_title
03:40

Status Gunung Ruang Siaga, Warga Diimbau Jauhi Radius 4 Kilometer

Status Gunung Ruang yang berada di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara akhirnya ini diturunkan dari level awas menjadi level siaga.
img_title
01:03

Usai Putusan MK, KPU Bakal Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Menanggapi Putusan mk, Komisi Pemilihan Umum ( Kpu) akan menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan presiden dan wakil presiden terpilih pada Rabu (24/4/2024). 
img_title
02:21

KPU Respon Putusan MK Tolak Gugatan Hasil Pilpres 2024

Menanggapi putusan MK, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan presiden dan wakil presiden terpilih pada Rabu (24/4/2024).
img_title
32:44

MK Tolak Permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, Ini Alasannya

Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menolak dalil Ganjar-Mahfud soal permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024. 
img_title
29:29

MK Tolak Permohonan Anies dan Muhaimin, 3 Hakim Dissenting Opinion

Ketua MK Suhartoyo menyebutkan, tiga hakim MK tersebut adalah Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, dan Arief Hidayat. 
img_title
14:32

MK Jawab Dugaan Politik Uang Gus Miftah

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo menyebut tindakan bagi-bagi uang Gus Miftah di Pamekasan, Jawa Timur, saat masa kampanye Pilpres 2024 bukan politik uang. 
img_title
12:03

MK: Penyaluran Bansos Merupakan Tindakan yang Sah Dilakukan

Mahkamah Konstitusi (MK) menyampaikan bahwa tidak ada kejanggalan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. 
img_title
15:40

MK Tidak Mendapat Alasan Kuat Atas Tudingan Cawe-cawe Presiden yang Didalilkan Pemohon

MK mementahkan dalil Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengenai cawe-cawe Presiden Joko Widodo alias Jokowi dalam pencalonan anaknya, Gibran Rakabuming Raka, yang menjadi pasangan Prabowo Subianto, paslon nomor urut 02. 
img_title
09:14

Tanggapan Yusril Ihza Mahendra Terkait Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024 Hari Ini

etua Tim Hukum Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Yusril Ihza Mahendra menilai sejauh ini fakta dan bukti yang disajikan di sidang MK tidak ada yang mendukung pemohon kubu Anies Baswedan ataupun Ganjar Pranowo. 
img_title
05:56

Anies: Kami yakin Majelis Hakim Diberikan Keberanian, Memberikan yang Terbaik

Jelang pembacaan putusan perselisihan hasil pemilihan umum, pasangan Anies-Muhaimin mengaku yakin Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengambil keputusan yang berani. 
img_title
06:39

Jelang Putusan, Otto: Kami Berharap Tidak ada yang Surprise

Dirinya juga menegaskan bahwa pihaknya menghormati keputusan apapun yang dipilih oleh Hakim Konstitusi. 
Jangan Lewatkan
Jika Prabowo Hendak Rekonsiliasi, Anies Baswedan: Kita Adalah Teman Demokrasi 

Jika Prabowo Hendak Rekonsiliasi, Anies Baswedan: Kita Adalah Teman Demokrasi 

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan beri tanggapan soal rekonsiliasi dengan presiden terpilih Prabowo Subianto. Menurutnya, semua adalah teman demokrasi.
Klub Italia Siap Rekrut Dua Bintang Baru Timnas Indonesia Ini jika Sukses Promosi ke Serie A Musim Depan, Siapa Saja?

Klub Italia Siap Rekrut Dua Bintang Baru Timnas Indonesia Ini jika Sukses Promosi ke Serie A Musim Depan, Siapa Saja?

Klub Italia yang saat ini bermain di Serie B, Como 1907, kabarnya tertarik merekrut dua punggawa baru Timnas Indonesia jika mereka berhasil promosi ke Serie A.
Pemkab Lombok Tengah Kerahkan Nelayan Cari Dokter yang Hilang di Laut

Pemkab Lombok Tengah Kerahkan Nelayan Cari Dokter yang Hilang di Laut

Pemkab Lombok Tengah libatkan semua nelayan untuk melakukan pencarian terhadap dokter Lalu Wisnu Aditya Wardana (27) asal Desa Kateng yang hilang dihantam ombak saat memancing ikan di Pantai Lancing, Kecamatan Praya Barat
Viral Perwira Polri Pamer Senjata dan KTA Usai Tabrak Lari Mobil  Warga, Diduga Tidak Sabar Antre di Gerbang Tol

Viral Perwira Polri Pamer Senjata dan KTA Usai Tabrak Lari Mobil Warga, Diduga Tidak Sabar Antre di Gerbang Tol

Aksi arogan oknum kepolisian terjadi dan viral, korbannya pasangan suami istri. Mereka cekcok dengan Perwira Polri di Tol Binjai, Sumatera Utara, Sabtu (20/4). 
Syarat Minimal Paslon Wali Kota Jalur Independen di Pilkada 2024 Ternyata Harus Ada 7.787 Dukungan

Syarat Minimal Paslon Wali Kota Jalur Independen di Pilkada 2024 Ternyata Harus Ada 7.787 Dukungan

Ternyata syarat minimal paslon wali kota jalur independen harus ada 7.787 dukungan. Dengan waktu Pilkada bakal berlangsung pada 27 November 2024 mendatang.
Mengganti Suasana Rumah Jadi Lebih Nyaman dengan Nikmati Promo di Tokopedia, Bikin Keluarga Makin Betah

Mengganti Suasana Rumah Jadi Lebih Nyaman dengan Nikmati Promo di Tokopedia, Bikin Keluarga Makin Betah

Tokopedia sedang mengadakan promo untuk produk Home and Living, mulai dari kasur, peralatan dapur hingga alat-alat rumah tangga lainnya. Simak promonya berikut
Musim Terakhir di Liverpool, Ternyata Jurgen Klopp Tak Pernah Dipecat Klub Selama Karirnya

Musim Terakhir di Liverpool, Ternyata Jurgen Klopp Tak Pernah Dipecat Klub Selama Karirnya

Karakternya yang selalu menunjukkan gairah ketika mendampingi tim di technical area juga membuat dia begitu dicintai suporter. Bukan hanya ketika jadi nahkoda Liverpool, tapi juga di Mainz 05 dan Borussia Dortmund.
Kejagung: Lima Smelter Timah Sitaan di Bangka Belitung Tetap Dikelola agar Tidak Rusak dan Turun Nilai

Kejagung: Lima Smelter Timah Sitaan di Bangka Belitung Tetap Dikelola agar Tidak Rusak dan Turun Nilai

Kejagung menyatakan lima smelter timah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tetap dikelola agar aset tersebut tidak rusak dan mengalami penurunan nilai.
Jumlah Penumpang di KAI Palembang Naik 18 Persen Saat Lebaran 2024

Jumlah Penumpang di KAI Palembang Naik 18 Persen Saat Lebaran 2024

PT KAI Divre III Palembang, Sumatera Selatan, mencatat jumlah penumpang kereta api dari wilayah itu mencapai 69.950 orang selama masa angkutan Lebaran 2024
Ukraina Alami Krisis Kemanusiaan yang Tak Kunjung Usai Akibat Invasi Rusia

Ukraina Alami Krisis Kemanusiaan yang Tak Kunjung Usai Akibat Invasi Rusia

Krisis kemanusiaan ini tak kunjung selesai karena Invasi Rusia ke Ukraina telah menimbulkan pelanggaran berat terhadap Piagam PBB dan hukum internasional.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Damai Indonesiaku
14:00 - 14:30
Manusia Nusantara
14:30 - 15:00
Kabar Pasar Sore
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
Selengkapnya