LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Terang-terangan! Alami Kerugian Besar, Fahri Hamzah Cerita Pengalaman Sebagai Pebisnis Lobster

Rabu, 25 November 2020

Jakarta – Politikus Partai Gelora Fahri hamzah menceritakan secara terang-terangan pengalamannya menjadi pebisnis lobster. Mantan Wakil Ketua DPR RI ini mengaku mengalami kerugian besar meski baru dua kali melakukan pengiriman benih.

Fahri juga menceritakan sulitnya mendapat izin untuk memulai usaha lobsternya.

“Pengurusan izin tidak mudah karena ada keharusan dan kewajiban memiliki nelayan binaan. Dan nelayan binaannya itu ada dua kategori, nelayan tangkap dan nelayan budi daya. Nah itu dikumpulkan. Saya melakukannya sekitar sepanjang bulan Februari-Maret karena semua berkas, tanda tangan, persetujuan, dan kontrak dengan nelayan harus kita siapkan,” ungkap Fahri di Program Kabar Petang tvOne, Rabu, 25 November 2020.

“Saya  termasuk yang mengumpulkan banyak sekali nelayan binaan sampai 2600 nelayan di wilayah tangkap Nusa Tenggara Barat. Nah memang ini sangat ideal sekali, sebab kalau nelayan ini berhasil kita bina mereka tidak hanya bisa melakukan penangkapan tapi di saat yang bersamaan mereka juga melakukan budi daya,” tambahnya.

Fahri mengungkapkan, untuk menjadi pengusaha lobster juga harus memenuhi sejumlah syarat.

“Bulan April saya mulai apply untuk diverifikasi. Syaratnya ada sekitar 30 poin yang harus diverifikasi satu per satu. April, Mei, Juni turun ke lapangan, diperiksa, dilihat betul enggak punya infrastruktur menyelenggarakan kegiatan ini sampai nanati kita berurusan dengan pihak Kementerian Keuangan karena setiap benih yang diekspor itu langsung uangnya diambil oleh negara. Dan dalam hal ini negara sampai sekarang perusahaan saya saja masih diikat uangnya sekitar Rp1 miliar, uang perusahaan itu di dalam kas Bank Negara Indonesia yang diambil setiap ada pengiriman,” kata Fahri.

Menurut mantan politikus PKS ini infrastruktur untuk budi daya lobster merupakan teknologi yang mahal. Itu sebabnya banyak pengusaha yang memilih menangkap.

“Perlu diketahui adalah budi daya lobster itu adalah bisnis mahal makanya pengusaha-pengusaha yang ada di masa lalu sebelum Pak Menteri ini lebih cenderung menangkap. Mereka tidak melakukan pembudi dayaan karena mahal. Teknologinya buat kita masih belum populer,” kata Fahri lagi.

Fahri mengaku bisnisnya ini merugi sehingga dia memutuskan untuk berhenti.

“Saya mulai mencoba mengirim tanggal 16 dan 19 bulan Juli. Tetapi kedua pengiriman itu rugi. Saya menyuruh teman-teman, ‘sudah setop kita enggak jalan lagi karena ini pasti ada masalah’,” bebernya.

“Kalau saya menghitung dari harga ideal yang kita ambil di tingkat petani sampai pengirimannya enggak masuk ini bisnis rugi. Inilah mungkin yang menyebabkan orang-orang seperti saya yang baru mau mulai bisnis beginian enggak punya modal besar akhirnya baru dua kali saya terus terang saya berhenti, enggak kuat,” pungkas Fahri. (act)

(Lihat juga: KPK TETAPKAN 7 TERSANGKA DUGAAN KORUPSI EKSPOR BENIH LOBSTER)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
02:31

PDIP Sampaikan Sejumlah Catatan Khusus soal Putusan MK

PDIP merespon keputusan MK yang menolak permohonan sengketa Pilpres yang diajukan oleh Ganjar-Mahfud. PDIP menyatakan tetap mengambil langkah hukum lain melalui PTUN. 
img_title
04:59

Prabowo soal Putusan Gugatan Pilpres: Terima Kasih kepada MK

Presiden terpilih Prabowo Subianto merespon putusan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dibacakan kemarin (22/4/2024). Prabowo mengaku bersyukur dan tengah melakukan persiapan untuk langkah ke depan. 
img_title
01:41

Presiden Jokowi Tanggapi Putusan MK

Presiden Joko Widodo menghormati keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa Pilpres 2024. Menurut presiden, tuduhan kepada pemerintah yang disampaikan pemohon tidak terbukti. 
img_title
02:18

Babak Akhir Sengketa Pilpres, Kubu Anies dan Ganjar Hormati Keputusan MK

Kubu Paslon nomor urut 01 Anies-Muhaimin maupun Paslon nomor urut 03 Ganjar-Mahfud menyatakan menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa Pilpres. 
img_title
02:23

Mahfud MD Soroti Tiga Dissenting Opinion Hakim MK

Calon Wakil Presiden nomor urut 03 Mahfud Md menyoroti tiga dissenting opinion Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang pembacaan putusan perkara sengketa Pilpres 2024. 
img_title
01:53

Permohonan Gugatan Ditolak, Tim Hukum Anies-Muhaimin Tetap Apresiasi Para Hakim: Luar Biasa

Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi ( Mk) menolak dalil Ganjar-Mahfud soal permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024. 
img_title
02:05

Usai Terima Putusan MK, Mahfud MD: Mari Tegakkan dengan Baik

Kubu Paslon nomor urut 01 Anies-Muhaimin maupun Paslon nomor urut 03 Ganjar-Mahfud menyatakan Menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa Pilpres.  
img_title
10:59

Membaca Peta Politik Pasca Keputusan MK, Ini Catatan Hanta Yuda

Pasca putusan sengketa Pilpres 2024 di MK yang menolak seluruh permohonan pemohon, baik dari Paslon 01 dan 03 membuat Prabowo-Gibran tinggal selangkah lagi ditetapkan sebagai 2 pimpinan tertinggi di Republik ini. 
img_title
01:42

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulbar

Presiden Joko Widodo meresmikan 147 bangunan yang telah direkonstruksi pasca gempa 6,2 magnitudo yang menerjang wilayah Majene, Sulawesi Barat. 
img_title
02:50

Buang Uang di Jalan, Pelaku Perampokan Modus Pecah Kaca Mobil Ditangkap

Aksi perampokan dengan modus pecah kaca kembali terjadi di Jambi. Pelaku sempat berupaya kabur sambil menghamburkan uang hasil curian ke jalanan. 
img_title
02:07

Ngeri, Ular Piton Besar Masuk Dapur Rumah Warga di Tuban

Darminto warga desa Kembang Ngilo Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban pada Senin dini hari digegerkan dengan kemunculan ular piton sepanjang 1,5 meter di dalam rumahnya.
img_title
02:37

Dataran Tinggi Dieng Diusulkan Menjadi Geopark Tingkat Nasional

Peringatan Hari Bumi 2004 dipusatkan di Taman Syailendra, Kabupaten Wonosobo dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah yang ingin menjadikan kawasan dataran tinggi Dieng menjadi Geopark tingkat nasional. 
img_title
08:04

Salah Satu SPBU di Jakarta Barat yang Sudah Tidak Lagi Menjual Pertalite

Wacana penghapusan pertalite santer terdengar sejak tahun lalu mulai direalisasikan, seperti di salah satu SPBU di Jakarta Barat yang sudah tidak lagi menjual pertalite. 
img_title
07:44

Masuk 8 Besar, Manajer Timnas U-23: Sebelumnya Berharap Lawannya Jepang

Perjalanan Timnas Indonesia menuju babak 8 besar di Piala Asia U23. Manajer Timnas Bapak Sumarji mengatakan saat ini kondisi Timnas baik-baik saja.
img_title
09:33

Jelang Penetapan Pemenang Pilpres 2024

Dari pantauan langsung tim tvOne di lokasi, hingga siang ini tidak terdapat persiapan khusus yang terlihat di Gedung KPU untuk rangkaian penetapan pemenang Pilpres esok hari. 
img_title
09:11

Anies dan Cak Imin Kunjungi Kantor PKS

Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menemui sejumlah elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kantor DPP PKS.
img_title
15:09

Dahnil: Prabowo ingin Kumpulkan Mantan Presiden

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengaku fokus terhadap Persiapan Penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di KPU pada Rabu esok.
img_title
08:21

Babak Akhir Sengketa Hasil Pilpres 2024

Drama politik tanah air di sepanjang tahun ini menemui babak akhir saat palu Hakim dari Mahkamah Konstitusi menolak seluruh permohonan yang diajukan oleh paslon nomor urut 1 dan juga 3.
img_title
06:49

Pembunuh Wanita Hamil di Kelapa Gading, Nangis Ditangkap Polisi

Polisi menangkap pelaku pembunuhan wanita hamil yang tewas bersimbah darah di Jalan Boulevard Raya Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Jangan Lewatkan
Jelang Habis Masa Jabatan di Solo, Gibran: Fokus Menyelesaikan Dana Hibah dari UEA

Jelang Habis Masa Jabatan di Solo, Gibran: Fokus Menyelesaikan Dana Hibah dari UEA

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku masih fokus menyelesaikan dana hibah dari UEA untuk pengerjaan sejumlah proyek infrastruktur di Kota Solo.
Gibran Sambangi Rumah Prabowo Pasca Putusan MK, Tujuannya karena Ini

Gibran Sambangi Rumah Prabowo Pasca Putusan MK, Tujuannya karena Ini

Gibran Rakabumig Raka ke rumah Prabowo Subianto di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024), untuk beri hasil laporan terkait putusan MK kemarin.
Kisah Kelam Masa Lalu John Kei, Putus Sekolah karena Miskin, sampai ke Ibu Kota jadi Preman dan Hilangkan Nyawa Orang

Kisah Kelam Masa Lalu John Kei, Putus Sekolah karena Miskin, sampai ke Ibu Kota jadi Preman dan Hilangkan Nyawa Orang

John Kei menceritakan kehidupan masa lalunya yang penuh lika-liku. Ia harus putus sekolah karena miskin, hingga merantau ke Jakarta dan menjadi preman.
Terungkap! Kebiasaan Buruk Pria di Cengkareng Jakarta Barat yang Tega Membacok Ibu Kandungnya, Oh Pantas Saja

Terungkap! Kebiasaan Buruk Pria di Cengkareng Jakarta Barat yang Tega Membacok Ibu Kandungnya, Oh Pantas Saja

Kapolsek Cengkareng, Kompol Hasoloan Situmorang pun membeberkan fakta baru kasus penganiayaan di daerah Kapuk, Jakarta yang terjadi pada Selasa (9/4/2024) itu.
Senjata Maut Timnas Indonesia Ini Buat Bintang Korea Selatan Ketakutan di Perempat Final Piala Asia U-23

Senjata Maut Timnas Indonesia Ini Buat Bintang Korea Selatan Ketakutan di Perempat Final Piala Asia U-23

Jelang bertemu di perempat final Piala Asia U-23 2024, salah satu penggawa Korea Selatan akui mewaspadai permainan satu-dua yang jadi andalan Timnas Indonesia.
Dua Wakil Indonesia Pelita Jaya Bakrie dan Prawira Harum Bandung Dominasi Kualifikasi BCL Asia 

Dua Wakil Indonesia Pelita Jaya Bakrie dan Prawira Harum Bandung Dominasi Kualifikasi BCL Asia 

Pelita Jaya Bakrie dan Prawira Harum Bandung berhasil meraih kemenangan di laga perdana putaran dua Kualifikasi BCL Asia. 
Gugatan PDIP terhadap KPU di PTUN Jakarta Siap Disidangkan, Begini Respons PAN

Gugatan PDIP terhadap KPU di PTUN Jakarta Siap Disidangkan, Begini Respons PAN

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto respons sikap PDIP gugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, Selasa (23/4/2024).
Setelah Dipulangkan ke Indonesia, TKW Ini Malah Datang Lagi ke Arab Saudi karena Ketagihan Dapat Majikan yang Diidamkan, tapi Sempat Kecewa saat Mau Berhubungan Intim Malah...

Setelah Dipulangkan ke Indonesia, TKW Ini Malah Datang Lagi ke Arab Saudi karena Ketagihan Dapat Majikan yang Diidamkan, tapi Sempat Kecewa saat Mau Berhubungan Intim Malah...

Seorang TKW Indonesia memilih datang lagi ke Arab Saudi setelah dipulangkan karena ketagihan dapat majikan yang diidam-idamkan, tapi dia malah kaget karena...
Sungai Meluap Akibat Hujan Lebat, Puluhan Rumah Warga Kota Madiun Terendam Banjir

Sungai Meluap Akibat Hujan Lebat, Puluhan Rumah Warga Kota Madiun Terendam Banjir

Hujan lebat yang terjadi di wilayah Kota dan Kabupaten Madiun sejak siang hingga sore hari, membuat air sungai yang melintas di Kelurahan-Kecamatan Manguharjo kota setempat tak kuat menampung debit air hujan, sehingga meluap dan merendam puluhan rumah warga, Selasa (23/4/2024) pukul 17.00 WIB.
Blak-blakan, Kompolnas Beberkan Kabar Terbaru soal Penanganan Kasus Firli Bahuri

Blak-blakan, Kompolnas Beberkan Kabar Terbaru soal Penanganan Kasus Firli Bahuri

Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Yusuf Warsyim mengungkapkan kabar terbaru kasus mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. 
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
01:00 - 01:30
Trust
01:30 - 02:00
Trust
Selengkapnya