Tutup Menu
LIVESTREAM

Kemenag Cegah Kasus Ribuan Kotak Amal Disalahgunakan Teroris Terjadi Lagi| tvOne

Sabtu, 19 Desember 2020
Oleh :

Jakarta, Klik Disini - Kementerian Agama (Kemenag) RI akan memperketat pengawasan zakat dan infak seiring adanya kotak amal yang disalahgunakan untuk menghimpun dana teroris. "Jadi, kita akan memperketat di satu sisi dan akan mengevaluasi lembaga amil zakat yang terbukti menyalahgunakan pendistribusian zakatnya," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta.

Ia mengatakan, Kemenag akan mendiskusikan kotak amal yang disalahgunakan untuk pendanaan terorisme. Nantinya akan ada evaluasi komprehensif terhadap lembaga amil zakat (LAZ).

Dirjen Bimas Islam mengatakan, pihaknya juga akan membahas soal kemungkinan sanksi terhadap lembaga amil zakat yang menyalahgunakan dana zakat, seperti mencabut izin operasi LAZ. "Kita akan beri sanksi, kita cabut izinnya. Aturan kotak amal, bisa kita perketat pengawasannya, bisa kita buat peraturan baru, kita evaluasi secara komprehensif," katanya.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim, mengatakan, pengetatan bagi lembaga zakat menjadi perlu seiring ada penyalahgunaan kotak amal, terutama jelang bulan puasa. "Jelang bulan puasa itu lembaga-lembaga zakat ada di mana-mana dengan menawarkan program yang bagus. Metode kita kadang kalah, kadang pengumpul datang entah dari mana. Aturan jangan terlalu longgar, jangan sampai kita kecolongan dengan dana umat dipakai untuk kegiatan-kegiatan yang merugikan umat Islam," katanya.

Sebelumnya, Kepolisian RI menemukan kotak amal di sejumlah supermarket yang justru disalahgunakan oleh Jamaah Islamiyah dengan tujuan terorisme. Polri menjelaskan, organisasi teroris Jamaah Islamiah (JI) mendapatkan sumber dana dari kotak-kotak amal yang disebar di berbagai tempat dengan menggunakan beberapa nama yayasan agar tidak memancing kecurigaan masyarakat.

Kotak-kotak amal yang disebar tidak memiliki ciri spesifik yang mengarah ke organisasi teroris. "Ciri-ciri spesifik yang mengarah ke organisasi teroris tidak ada karena bertujuan agar tidak memancing kecurigaan masyarakat dan dapat berbaur," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Jakarta.

Argo menjelaskan, ada dua metode pengumpulan dana untuk JI yaitu dengan menggunakan kotak amal dan pengumpulan secara langsung melalui acara-acara tabligh. Dalam metode kotak amal, mereka menggunakan nama yayasan resmi yang mencantumkan nama dan kontak yayasan, nomor SK Kemenkumham, Baznas dan Kemenag, serta melampirkan majalah yang menggambarkan program-program yayasan. "Penempatan kotak amal mayoritas di warung-warung makan konvensional karena tidak perlu izin khusus dan hanya meminta izin dari pemilik warung yang biasanya bekerja di warung tersebut," katanya.

Untuk mempertahankan legalitas yayasan tersebut, mereka tetap melaporkan jumlah pemasukan dari kotak amal setelah terlebih dahulu dipotong sejumlah tertentu untuk pemasukan organisasi JI. "Sebelum dilaporkan atau audit sudah dipotong terlebih dahulu untuk alokasi jamaah, sehingga netto/ jumlah bersih yang didapatlah yang dimasukkan ke dalam laporan audit keuangan yang mana laporan keuangan tersebut yang nanti akan dilaporkan kepada BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) per semester agar legalitas kotak amal tetap terjaga," katanya.

Selain metode kotak amal, mereka juga melakukan penggalangan dana pada acara-acara tertentu yang biasanya disebutkan untuk membantu para korban konflik di Suriah dan Palestina. "Uang infak dikumpulkan dengan cara membuat acara-acara tabligh yang menghadirkan tokoh-tokoh dari Suriah atau Palestina," katanya.

Dari penyelidikan Polri, metode kotak amal ini dilakukan dengan mencantumkan nama Yayasan Abdurrahman Bin Auf (ABA) dan FKAM. Sementara untuk metode pengumpulan langsung menggunakan nama Yayasan Syam Organizer (SO), One Care (OC), Hashi dan Hilal Ahmar. Dalam mengumpulkan dana, belum pernah ditemukan Jamaah Islamiyah menggunakan nama yayasan palsu.

Dari pemeriksaan tersangka Fitria Sanjaya alias Acil dari Yayasan ABA, didapatkan informasi sebaran kotak amal mereka di seluruh Indonesia mencapai 20.068 kotak dengan rincian yakni Sumut 4.000 kotak, Lampung 6.000 kotak, Jakarta 48 kotak, Semarang 300 kotak, Pati 200 kotak, Temanggung 200 kotak, Solo 2.000 kotak, Yogyakarta 2.000 kotak, Magetan 2.000 kotak, Surabaya 800 kotak, Malang 2.500 kotak dan Ambon 20 kotak. (ari/ant)

(Lihat juga Presiden Jokowi Buka Muktamar IX PPP Secara Virtual)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Jangan Lewatkan
M Kece Babak Belur Dianiaya, Ketua MUI Pangandaran : Perilaku Dia Membuat Resah

M Kece Babak Belur Dianiaya, Ketua MUI Pangandaran : Perilaku Dia Membuat Resah

Youtuber M Kece  kembali menjadi sorotan usai dianiaya Irjen Napoleon Bonaparte di tahanan.
Napoleon Bonaparte Masuk Sel M Kece dengan “Gembok Milik Ketua RT”

Napoleon Bonaparte Masuk Sel M Kece dengan “Gembok Milik Ketua RT”

Andi mengatakan, gembok kamar sel yang ditempati oleh Kece ditukar dengan gembok milik tahanan lainnya yang disebut sebagai “Ketua RT”
LHKPN Belum Lengkap, 19 Ribu Pejabat Ditunggu KPK

LHKPN Belum Lengkap, 19 Ribu Pejabat Ditunggu KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat 19.967 penyelenggara negara belum melengkapi kekurangan dokumen laporan harta kekayaan penyelenggara negara
IHSG dan Rupiah Kompak Melemah Selasa Pagi

IHSG dan Rupiah Kompak Melemah Selasa Pagi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (21/9) dibuka melemah 26,52 poin atau 0,44 persen ke posisi 6.049,79.
Arteta Minta Pemain Arsenal  Jalani Vaksinasi

Arteta Minta Pemain Arsenal Jalani Vaksinasi

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, meminta para  pemainnya untuk segera menjalani vaksinasi Covid-19.
Catat, Mulai November Turis Bebas Masuk AS Asalkan...

Catat, Mulai November Turis Bebas Masuk AS Asalkan...

Presiden Joe Biden pada Senin (20/9) mengumumkan akan menghapus larangan perjalanan terkait COVID-19 mulai November
Begini Kronologis Penganiayaan Kece oleh Napoleon Bonaparte

Begini Kronologis Penganiayaan Kece oleh Napoleon Bonaparte

Pada malam kejadian satu orang saksi tahanan lainnya disuruh mengambil plastik putih ke kamar Napoleon Bonaparte yang diketahui berisi tinja (kotoran manusia).
Viral Preman Pungli Pedagang  di Medan, Bawa Samurai dan Pistol

Viral Preman Pungli Pedagang  di Medan, Bawa Samurai dan Pistol

Aksi seorang preman melakukan pungutan liar di pasar Martubung,Kecamatan Medan Labuhan,Kota Medan,Sumatera Utara viral di media sosia.
Dor! Proyektil Bersarang di Paha Siswi SMK di Palangka Raya

Dor! Proyektil Bersarang di Paha Siswi SMK di Palangka Raya

Kepolisian Resor Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, tengah menyelidiki kasus peluru nyasar yang mengenai paha seorang siswi sekolah menengah kejuruan (SMK)
Ricuh Rapat Banggar Humbang Hasundutan, Ketua DPRD Disiram Air

Ricuh Rapat Banggar Humbang Hasundutan, Ketua DPRD Disiram Air

Peserta rapat menyiramkan air dalam gelas ke wajah Ketua DPRD Ramses Lumban Gaol yang dinilai mengabaikan pendapat.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Hidup Sehat
10:00 - 10:30
Coffee Break
10:30 - 11:00
Sidik Jari
11:00 - 13:00
Kabar Siang
13:00 - 13:30
Spektakuler
13:30 - 14:00
Manusia Nusantara
Selengkapnya