LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Menteri Agama: Vaksin Ini Tidak Memanfaatkan Bahan yang Tercemar Babi | tvOne

Selasa, 12 Januari 2021

Jakarta - Sebanyak 15 juta dosis bahan baku vaksin COVID-19 dari Sinovac Biotech tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Selasa (12/1) sekitar pukul 12.30 WIB. Dalam penerimaan bahan baku Sinovac ini, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan vaksin asal China tersebut aman digunakan umat Islam.

Yaqut Cholil Qoumas pun mengajak umat di Indonesia untuk tidak ragu mengikuti vaksinasi COVID-19, terlebih Majelis Ulama Indonesia menyatakan antivirus SARS-CoV-2 itu halal dan suci.

"Alhamdulillah hari ini sudah tiba 15 juta dosis vaksin. Saya minta kepada seluruh umat beragama agar jangan ragu mengikuti vaksinasi COVID-19 dan khususnya umat Islam," kata dia dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ajakan Gus Yaqut itu disampaikan saat menyambut kedatangan vaksin COVID-19 tahap III sebanyak 15 juta dosis di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa.

Menurut dia, Fatwa MUI soal Sinovac jelas yaitu halal dan suci. Beberapa alasannya karena tidak tercemar materi babi, tidak memanfaatkan bahan dari tubuh manusia, dan tidak najis.

"Saya juga mengimbau kepada segenap rakyat Indonesia untuk saling melindungi karena semua agama mengajarkan itu," katanya.

Ia mengatakan kedatangan vaksin Sinovac tahap III ini merupakan bentuk ikhtiar dan wujud kecintaan pemerintah kepada bangsa dan rakyat Indonesia.

"Vaksin ini sebagai bentuk upaya bersama dalam mencegah COVID-19," kata dia.

Sementara itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyebutkan efektivitas vaksin COVID-19 akan diketahui dalam kurun waktu tertentu setelah dilakukan pemantauan efek perlindungan yang terjadi di masyarakat.

“Efektivitas vaksin ini akan diketahui setelah dilakukan pemantauan efek perlindungannya di masyarakat yang divaksinasi dalam kurun waktu tertentu," kata Wiku dalam konferensi pers daring dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Setelah dilakukan proses vaksinasi, Wiku mengatakan pemerintah akan melihat apakah terjadi penurunan tingkat penularan COVID-19 atau tidak.

"Herd immunity (kekebalan komunal) akan tercapai apabila penularannya menurun terus menerus sampai sangat minimal atau tidak ada sama sekali," kata Wiku.

Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) sudah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin buatan Sinovac. BPOM menyatakan efikasi Vaksin Sinovac sebesar 65,3 persen.

Angka efikasi 65,3 persen Vaksin COVID-19 buatan Sinovac, kata Wiku, muncul dari hasil uji klinis. Angka tersebut muncul setelah melihat perbandingan efektivitas vaksin antara kelompok yang divaksin maupun yang tidak. (mii)

 

Lihat Juga:RESMI! BPOM Keluarkan Izin Darurat Vaksin | tvOne

 

 

 

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
08:11

Waspada Erupsi Gunung Ruang, BPBD Sulut: Pengungsi Sudah Aman

Terjadi Peningkatan aktivitas Gunung Ruang dari Level II (waspada) menjadi Level III (siaga) di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara.    
img_title
03:52

Menlu China Bertemu Jokowi Bahas Stabilitas Kawasan Hingga Hilirisasi

Menteri Luar Negeri China Wang Yi menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta. 
img_title
03:54

Dampak Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara ditutup sementara. Hal ini imbas erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).
img_title
01:36

Bus Bawa Puluhan Penumpang Terbakar di Tepi Jalan

Sebuah bus antar kota antar provinsi ludas terbakar saat sedang mengangkut puluhan penumpang di Jalan Raya Kota Sleman, Yogyakarta.
img_title
01:22

3 Hari Hilang Tenggelam, Balita Ditemukan Tewas di Sungai

Hilang tenggelam di sungai Kikim Sumatera Selatan, bocah perempuan berusia 5 tahun ditemukan meninggal dunia.
img_title
02:16

MK Terima 18 Surat Amicus Curiae soal Sengketa Pilpres 2024

Juru Bicara MK Fajar Laksono mengatakan, jumlah amicus curiae atau sahabat peradilan untuk sengketa Pilpres yang diterima MK sampai saat ini sudah mencapai 18 surat. 
img_title
03:33

Volume Kendaraan di GT Kalikangkung Mulai Menurun

Libur Lebaran telah usai, masyarakat pun sudah mulai kembali ke tujuan masing-masing guna menjalankan rutinitas. Hal ini bisa terlihat dari situasi dan kondisi di ruas gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah yang mulai normal. 
img_title
08:13

Kasatreskrim Polres Cimahi Beberkan Kronologi Tukang Kebun Tikam Majikan

Telah terjadi pembunuhan sadis seorang pria yang ditemukan dikubur di dapur rumahnya di kompleks Bumi Citra Indah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Berikut kronologinya.
img_title
02:27

Denny Indrayana: MK Batalkan Kemenangan Gibran Lantik Prabowo

Pakar Hukum Tata Negara Denny Indrayana mengklaim,  memiliki opsi bocoran putusan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). 
img_title
01:09

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, Petugas Evakuasi 828 Warga

Terjadi peningkatan aktivitas Gunung Ruang dari Level II (waspada) menjadi Level III (siaga) di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara.   
img_title
01:10

Gegara Sakit Hati, Menantu Perempuan Menjadi Otak Pembunuhan Mertua

Seorang menantu perempuan menjadi otak pembunuhan terhadap mertuanya sendiri di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dengan menyewa seorang pembunuh bayaran. 
img_title
02:52

53 Keluarga Korban Tragedi Sriwijaya Air SJ 182 Menuntut Hak Ganti Rugi

Sebanyak 53 keluarga korban pesawat jatuh Sriwijaya Air SJ 182 di Kepulauan Seribu 3 tahun lalu akan diberangkatkan ke Amerika Serikat.
img_title
01:34

Lapas Cianjur Gagalkan Penyelundupan Narkoba Dalam Sandal

Petugas gabungan menggagalkan penyeludupan sabu ke dalam Lapas kelas 2B Cianjur, Jawa Barat yang dimana 10 gram sabu dimasukkan ke dalam sandal. 
img_title
01:27

Apple akan Bangun Empat Akademi di Indonesia

CEO Apple Tim Cook menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta Rabu pagi.
img_title
08:20

Kondisi GT Cikampek Utama dan Kalikangkung Terpantau Ramai Lancar di H+6 Lebaran

Arus balik lebaran di sejumlah ruas jalan baik di tol dan arteri pada Rabu siang terpantau ramai lancar.
img_title
05:27

19 Pihak Ajukan Diri sebagai Amicus Curiae ke MK

Secara harfiah amicus curiae ini merupakan sahabat pengadilan yang dapat memberikan masukan kepada majelis hakim atas suatu perkara yang berlangsung.
img_title
01:12

Pemudik Masih Ramaikan Ruas Tol Japek, Sistem One Way dan Contraflow Tidak Diterapkan

Hingga hari ini volume kendaraan pemudik balik dari arah timur membuat seluruh gardu transaksi yang dibuka ke arah Jakarta dipadati pemudik. Namun demikian selepas gardu transaksi arus lalu lintas lancar.
img_title
05:39

Detik-detik Evakuasi Bocah Jatuh di Peron St. Manggarai Berlangsung Dramatis

Seorang anak penumpang kereta rel listrik (KRL) terperosok ke celah peron stasiun dengan KRL dan membuat panik seluruh penumpang.
img_title
01:28

Sinyal PPP Gabung Koalisi Prabowo

PLT Ketua Umum PPP Mardiono memberi sinyal siap bergabung dengan koalisi Prabowo-Gibran. Hal itu dikatakan Mardiono usai menghadiri halal bihalal Idul Fitri di Kantor DPP Partai Golkar.  
Jangan Lewatkan
Kedekatan Sarwendah dan Betrand Peto Sempat Dianggap Berlebihan, Sampai Sering Gelendotan, Istri Ruben Onsu itu Malah Bilang Begini

Kedekatan Sarwendah dan Betrand Peto Sempat Dianggap Berlebihan, Sampai Sering Gelendotan, Istri Ruben Onsu itu Malah Bilang Begini

Kedekatan antara Sarwendah dan Betrand Peto Putra Onsu sering dianggap tidak wajar oleh para netizen. Lalu, seperti apa tanggapan istri Ruben Onsu tersebut?
Telah Biaya Hingga Rp4,8 Triliun, Pendapatan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Hanya Rp1 miliar per Bulan. Butuh 400 Tahun Untuk Balik Modal

Telah Biaya Hingga Rp4,8 Triliun, Pendapatan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Hanya Rp1 miliar per Bulan. Butuh 400 Tahun Untuk Balik Modal

Ruas tol  Bengkulu - Taba Penanjung yang diresmikan Presiden Joko Widodo sejak Juli 2023 lalu, ternyata hanya bisa meraih pendapatan Rp1 miliar per bulannya.
Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertemuan APEC SMEWG Ke-57

Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertemuan APEC SMEWG Ke-57

Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam forum penting internasional yaitu Asia - Pasific Economics Corporation Small and Medium Enterprises Working Group (APEC SMEWG) ke-57 yang akan digelar di Nusa Dua, Bali pada 24-25 April 2024.
Menohok, Bahlil Singgung Hasto yang Sebut Tidak Ada Pertemuan antara Megawati dan Jokowi usai Lebaran

Menohok, Bahlil Singgung Hasto yang Sebut Tidak Ada Pertemuan antara Megawati dan Jokowi usai Lebaran

Politisi Golkar Bahlil Lahadalia optimistis pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terealisasi di waktu yang tepat.
Erick Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Erick Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia.
Perintah Menjauhkan Syirik dan Apa Itu Syirik yang Tersembunyi?

Perintah Menjauhkan Syirik dan Apa Itu Syirik yang Tersembunyi?

Oleh : Ustadz Junaid Abu Zubair, Pemimpin Pondok Pesantren Daarul Hadits - Ambon, Maluku
Mentan Apel Siaga Alsintan di Jatim, Tekankan Pompanisasi Solusi Cepat Hadapi El Nino

Mentan Apel Siaga Alsintan di Jatim, Tekankan Pompanisasi Solusi Cepat Hadapi El Nino

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, memimpin Apel Siaga Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Provinsi Jawa Timur.
Makan APBD Rp150 Miliar, Proyek Islamic Center Jambi Disidak Gubernur Al Haris: Saya Minta Selesai Tepat Waktu

Makan APBD Rp150 Miliar, Proyek Islamic Center Jambi Disidak Gubernur Al Haris: Saya Minta Selesai Tepat Waktu

Dalam sidaknya, Gubernur Jambi Al Haris meminta semua pihak yang terkait dalam pembangunan Islamic Center untuk menyelesaikan proyek tersebut secara tepat waktu
Perang Iran-Israel Gemparkan Dunia, Ketua PBNU: Mendesak Gencatan Senjata Segera!

Perang Iran-Israel Gemparkan Dunia, Ketua PBNU: Mendesak Gencatan Senjata Segera!

Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf mengambil sikap atas perang yang terjadi antara Iran dan Israel dengan mendesak gencatan senjata
100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran akan Gelar Aksi di MK Jumat Ini

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran akan Gelar Aksi di MK Jumat Ini

Pendukung Prabowo-Gibran siap mengawal sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang tengah ditangani Mahkamah Konstitusi (MK). 
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Manusia Nusantara
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Dua Sisi
Selengkapnya