LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Black Box Ditemukan! Sejumlah Pejabat Merapat ke JICT | tvOne

Selasa, 12 Januari 2021

Jakarta – Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara ditemukan. Black box berisi data penerbangan yang bisa digunakan untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Tim SAR TNI AL mengungkapkan tantangan dan proses panjang pencarian hingga pengangkatan kotak hitam jenis rekaman data penerbangan atau Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu pada Selasa (12/1).

"(Tantangannya) banyak, jadi penemuan kotak hitam itu prosesnya panjang. Mulai dari awal kita temukan bongkahan besar, bagian-bagian part pesawat yang besar terus kita lakukan pencarian jam hingga mendapatkan beacon-nya, kemudian siang hari dapat casing FDR nya, pas terakhir saya (menyelam) bersama tiga rekan saya, kita dapat FDRnya," ujar Mayor Laut Teknik Iwan Kurniawan di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, sejak jam 7 pagi tim mulai melakukan penyelaman.

"Pertama kita dikasih titik koordinat dari KRI Rigel. Kita buang jangkar di situ, lalu kita lakukan pencarian kemudian kita circle di situ, ketemu puing-puing, lalu kita pindahkan jangkar kita floating awal lagi. Setelahnya baru kita survei lagi dimana material-material objek yang agak besar dan berat harus kita angkat," katanya.

Proses pencarian dari awal penyelaman selama tiga hari. Tim melakukan survei terlebih dulu dan kemudian itu melihat titik-titik yang terdapat bongkahan-bongkahan besar.

Pada hari-hari berikutnya bongkahan-bongkahan tersebut diangkat. Begitu sudah diangkat semua harapannya bongkahan besar itu bisa mempermudah pencarian.

Pada hari keempat, Tim SAR TNI AL melanjutkan pencarian korban serta puing dan komponen pesawat Sriwijaya Air SJ 182 seperti kotak hitam.

Pencarian pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 pada hari keempat atau Selasa (12/1) antara lain dilakukan melalui udara dengan melaksanakan pencarian sesuai search area yang sudah ditentukan.

Sedangkan melalui laut dilaksanakan pencarian di atas permukaan air sesuai area pencarian yang sudah ditentukan. Selain itu juga akan dilaksanakan pencarian di bawah permukaan air menggunakan perangkat side scan sonar, MBES, ping locator, dan ROV. Penyelaman juga dilakukan di sekitar lokasi penemuan body part dan serpihan pesawat.

Sebelumnya, Pesawat jenis Boeing 737-500 itu hilang kontak pada posisi 11 nautical mile di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang setelah melewati ketinggian 11.000 kaki dan pada saat menambah ketinggian di 13.000 kaki.

Pesawat lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pukul 14.36 WIB. Jadwal tersebut mundur dari jadwal penerbangan sebelumnya 13.35 WIB. Penundaan keberangkatan karena faktor cuaca. (mii)

 

 

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
02:27

Denny Indrayana: MK Batalkan Kemenangan Gibran Lantik Prabowo

Pakar Hukum Tata Negara Denny Indrayana mengklaim,  memiliki opsi bocoran putusan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). 
img_title
01:09

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, Petugas Evakuasi 828 Warga

Terjadi peningkatan aktivitas Gunung Ruang dari Level II (waspada) menjadi Level III (siaga) di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara.   
img_title
01:27

Apple akan Bangun Empat Akademi di Indonesia

CEO Apple Tim Cook menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta Rabu pagi.
img_title
08:20

Kondisi GT Cikampek Utama dan Kalikangkung Terpantau Ramai Lancar di H+6 Lebaran

Arus balik lebaran di sejumlah ruas jalan baik di tol dan arteri pada Rabu siang terpantau ramai lancar.
img_title
05:27

19 Pihak Ajukan Diri sebagai Amicus Curiae ke MK

Secara harfiah amicus curiae ini merupakan sahabat pengadilan yang dapat memberikan masukan kepada majelis hakim atas suatu perkara yang berlangsung.
img_title
01:12

Pemudik Masih Ramaikan Ruas Tol Japek, Sistem One Way dan Contraflow Tidak Diterapkan

Hingga hari ini volume kendaraan pemudik balik dari arah timur membuat seluruh gardu transaksi yang dibuka ke arah Jakarta dipadati pemudik. Namun demikian selepas gardu transaksi arus lalu lintas lancar.
img_title
05:39

Detik-detik Evakuasi Bocah Jatuh di Peron St. Manggarai Berlangsung Dramatis

Seorang anak penumpang kereta rel listrik (KRL) terperosok ke celah peron stasiun dengan KRL dan membuat panik seluruh penumpang.
img_title
01:28

Sinyal PPP Gabung Koalisi Prabowo

PLT Ketua Umum PPP Mardiono memberi sinyal siap bergabung dengan koalisi Prabowo-Gibran. Hal itu dikatakan Mardiono usai menghadiri halal bihalal Idul Fitri di Kantor DPP Partai Golkar.  
img_title
04:14

Harga Emas Merangkak Naik

Harga emas hari ini (17/4/2024) terpantau merangkak naik. Serangan Iran terhadap Israel di Timur Tengah dan juga faktor lain diduga menjadi salah satu pemicunya. 
img_title
04:57

Polisi Temukan Uang Ratusan Juta Milik Pemudik Tertinggal di Toilet Rest Area

Seorang petugas kepolisian yang berjaga tepatnya di rest area KM 116A Lampung Tengah menemukan tas pemudik berisi uang ratusan juta rupiah yang tertinggal di toilet.
img_title
04:45

Pemindahan ASN Ke IKN Dilakukan Bertahap

Pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota  Nusantara (IKN) dilakukan secara bertahap. 
img_title
06:27

Ceo Apple Temui Presiden Jokowi

CEO Apple Tim Cook menyambangi Istana Kepresidenan di Jakarta pada Rabu (17/4/2024) pagi untuk bertemu dengan Presiden  RI Joko Widodo (Jokowi). 
img_title
05:03

Pembunuh Sadis Ibu dan Anak di Palembang Ditangkap

Seorang ibu dan anak ditemukan tewas dibunuh di dalam rumah mewah di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pihak kepolisian pun berhasil menangkap si pelaku pembunuhan kasus tersebut. 
img_title
07:00

Fakta Seputar Tukang Kebun Bunuh dan Cor Pria di Bandung Barat

Dalam waktu kurang dari 24 jam polisi berhasil menangkap pelaku pembunuhan sadis seorang pria yang ditemukan dikubur di dapur rumahnya di kompleks Bumi Citra Indah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
img_title
01:14

2 Pelaku Pengoplosan Gas Subsidi di Cianjur Ditangkap

Dua pelaku pengoplos gas LPG ditangkap Polres Cianjur, Jawa Barat.
img_title
03:27

Ini Motif Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak di Palembang

Pelaku pembunuhan ibu dan anak di Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan mengaku kesal dengan suami korban.
img_title
03:20

Menilik Tradisi Lebaran Sapi di Boyolali

Warga lereng gunung Merapi tepatnya di Desa Sruni Kecamatan Musuk, Boyolali, Jawa Tengah memiliki tradisi unik dalam memperingati syawalan atau sepekan setelah hari raya Idul Fitri.
img_title
03:32

Tradisi Syawal, Warga Pesisir Kebumen Gelar Lomba Pacuan Kuda

Ribuan masyarakat Kebumen, Jawa Tengah merayakan datangnya bulan Syawal dengan menggelar lomba pacuan kuda.
img_title
01:49

Pembatasan Jenis dan Jumlah Barang Kiriman PMI Dicabut

Aturan pembatasan kiriman barang dari luar negeri dicabut oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. 
Jangan Lewatkan
Polisi Ringkus Dua Pengedar Narkoba di Wilayah Temanggung Jawa Tengah

Polisi Ringkus Dua Pengedar Narkoba di Wilayah Temanggung Jawa Tengah

Satresnarkoba Polres Temanggung menangkao dua pelaku peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Pasar Dadakan Saat Lebaran Ketupat Diserbu Warga, Makanan Topak Ladeh Khas Bangkalan Jadi Sajian Utama

Pasar Dadakan Saat Lebaran Ketupat Diserbu Warga, Makanan Topak Ladeh Khas Bangkalan Jadi Sajian Utama

Sebuah pasar dadakan saat lebaran ketupat atau tujuh hari setelah hari raya Idul Fitri yang berada di sekitar Alun-alun Kabupaten Bangkalan Madura diserbu warga
Anak Korban Longsor Minta Bantuan Ternak ke Mensos Risma

Anak Korban Longsor Minta Bantuan Ternak ke Mensos Risma

Suasana haru menyambut kedatangan Menteri Sosial Tri Rismaharini di rumah duka korban meninggal dunia bencana tanah longsor Palangka, Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja.
Gavin Kwan Dikartu Merah Saat Dikalahkan Persija, Pelatih Persis: Andai Ada VAR

Gavin Kwan Dikartu Merah Saat Dikalahkan Persija, Pelatih Persis: Andai Ada VAR

Pelatih Persis Solo Komentari Kartu Merah Gavin Kwan dan Sebut VAR Pasca Kalah Tipis dari Persija Jakarta: Kalau Ada VAR akan Lebih Mudah.
Longsor di Tana Toraja, Dapur Umum Kemensos Sudah Melayani Warga Sejak Hari Minggu

Longsor di Tana Toraja, Dapur Umum Kemensos Sudah Melayani Warga Sejak Hari Minggu

Merespon kejadian bencana tanah longsor di dua lokasi di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Sabtu (13/4) lalu, Kementerian Sosial sudah mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi sejak Minggu (14/4).
Keji, Anak di Bawah Umur di Pamekasan Jadi Korban Pencabulan Mantan Paman

Keji, Anak di Bawah Umur di Pamekasan Jadi Korban Pencabulan Mantan Paman

Seorang anak perempuan inisial NY (16), warga Kabupaten Pamekasan, Madura, Kamis (18/4/2024), diduga menjadi korban pencabulan dari sang mantan paman inisial IB
Rumput Purun Disulap Nasabah PNM Jadi Tas Cantik

Rumput Purun Disulap Nasabah PNM Jadi Tas Cantik

Di tangan nasabah PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dari Banjarmasin, rumput purun disulap menjadi berbagai macam produk fungsional, salah satunya jadi tas cantik. Dia adalah nasabah PNM Unit Cempaka Banjarmasin bernama Salasiah.
Amburadul di Kompetisi Domestik, Kane Bertekad Bawa Bayern Munchen Juara Liga Champions

Amburadul di Kompetisi Domestik, Kane Bertekad Bawa Bayern Munchen Juara Liga Champions

Penyerang Bayern Munchen, Harry Kane berambisi untuk menebus kegagalan di Liga Jerman dengan menjadi juara di Liga Champions.
Dihempas Ombak saat Memancing, Dokter Wisnu Tenggelam dan Masih Belum Ditemukan: Tim SAR Gunakan Drone di Pantai Lancing Lombok Tengah

Dihempas Ombak saat Memancing, Dokter Wisnu Tenggelam dan Masih Belum Ditemukan: Tim SAR Gunakan Drone di Pantai Lancing Lombok Tengah

Tim SAR Mataram bersama aparat gabungan melakukan pencarian Dokter Wisnu yang hilang tenggelam saat memancing ikan di Pantai Lancing, Mekarsari, Lombok Tengah.
Kasus Pengemudi Arogan Mengaku Adik Jenderal Berlanjut, Bareskrim Polri Tetap Mengusut Laporan Dugaan Kekerasan

Kasus Pengemudi Arogan Mengaku Adik Jenderal Berlanjut, Bareskrim Polri Tetap Mengusut Laporan Dugaan Kekerasan

Kasus pengemudi arogan mengaku adik jenderal  berlanjut. Badan Reserse Kriminal Polri tetap mengusut laporan dugaan kekerasan yang dilakukan pengemudi Toyota Fortuner tersebut, yang videonya viral di media sosial pada pekan lalu.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Siang
13:00 - 14:00
Ngopi (Ngobrol Perihal Iman)
14:00 - 14:30
Manusia Nusantara
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
Selengkapnya