G20 Background G20 Background G20 Background

Recover Together
Recover Stronger

G20 merupakan sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. G20 memiliki posisi yang strategis di dalam menentukan masa depan pertumbuhan ekonomi dunia. Hal ini dikarenakan secara kolektif, anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Dimulai sejak tahun 1999 sebagai pertemuan di tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral, pertemuan G20 semakin intens dilaksanakan dengan KTT tahunan yang diikutsertai oleh masing-masing Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan.

Population
POPULASI
60%
Populasi
Dunia
Population
EKONOMI
80%
PDB
Global
Population
PERDAGANGAN
75%
Perdagangan
Internasional
Sejarah G20
Bali
2022
Bali, Indonesia

G20 dibentuk pada 1999 dengan tujuan untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan dalam rangka mewujudkan stabilitas keuangan internasional. Forum ini dibentuk sebagai salah satu upaya menemukan solusi atas kondisi ekonomi global yang dilanda krisis keuangan global pada 1997-1999 dengan melibatkan negara-negara berpendapatan menengah dan memiliki pengaruh ekonomi secara sistemik, termasuk Indonesia.

Atas saran dari para Menteri Keuangan G7, para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara G20 mulai mengadakan pertemuan untuk membahas respon terhadap krisis keuangan global yang terjadi. Setelah itu, pertemuan tingkat Menteri Keuangan dilaksanakan secara rutin pada musim gugur.

Sembilan tahun kemudian, pada 14-15 November 2008, Para pemimpin negara-negara G20 bertemu untuk pertama kalinya di dalam KTT G20 pertama. Pada kesempatan itu, para pemimpin negara melakukan koordinasi respon global terhadap dampak krisis keuangan yang terjadi di AS saat itu dan sepakat untuk melakukan pertemuan lanjutan.

Untuk mempersiapkan KTT setiap tahunnya, para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20, bersama-sama dengan para perwakilan pemimpin negara yang dikenal sebagai Sherpa melakukan beberapa kali pertemuan dalam setahun.

Anggota G20

Anggota G20 adalah Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Spanyol juga diundang sebagai tamu tetap.

Setiap tahun, tuan rumah juga mengundang negara-negara tamu, yang mengambil bagian penuh dalam pertemuan-pertemuan G20. Beberapa organisasi internasional dan regional juga turut berpartisipasi, memberikan ruang representasi yang lebih luas di dalam forum G20.

Indonesia
Indonesia
Amerika Serikat
Amerika Serikat
Cina
Cina
Jepang
Jepang
Selandia Baru
Selandia Baru
Rusia
Rusia
Argentina
Argentina
Kanada
Kanada
India
India
Italia
Italia
Brazil
Brazil
Prancis
Prancis
Afrika Selatan
Afrika Selatan
Turki
Turki
Korea Selatan
Korea Selatan
Arab Saudi
Arab Saudi
Jerman
Jerman
Inggris
Inggris
Meksiko
Meksiko
Uni Eropa
Uni Eropa
TEMA BESAR DAN ISU PRIORITAS PRESIDENSI G20 INDONESIA
Agenda Presidensi G20
1
PERTEMUAN KONFERENSI TINGKAT TINGGI
2
PERTEMUAN TINGKAT MENTERI & GUBERNUR BANK SENTRAL
3
PERTEMUAN TINGKAT SHERPA
4
PERTEMUAN TINGKAT DEPUTI
5
PERTEMUAN TINGKAT WORKING GROUP
6
PERTEMUAN TINGKAT ENGAGEMENT GROUP
7
PROGRAM SIDE EVENT
8
PROGRAM ROAD TO G20 INDONESIA 2022