Tutup Menu
LIVESTREAM
Artikel
Anak-anak bermain di Visual Art Space The Art Ground Singapura
Sumber :
  • Antara

8 Aktivitas untuk Berwisata Bersama Anak di Singapura

Minggu, 21 November 2021 - 10:03 WIB

Jakarta - Tak hanya orang dewasa, Singapura juga memiliki tempat wisata yang ramah bagi anak. Anak-anak juga dapat bersenang-senang sekaligus menambah ilmu baru di sini. Singapura dapat menjadi tujuan untuk wisatawan keluarga melakukan berbagai aktivitas bersama anak.

Ada banyak tempat di Singapura dengan kegiatan khusus untuk anak belajar mengenai seni, budaya, sains, dan alam. Dikutip dari siaran resmi Singapore Tourism Board, berikut ini adalah delapan aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Singapura bersama buah hati tercinta.

Belajar sains dan seni di ArtScience Museum

ArtScience Museum di Marina Bay Sands yang memiliki bentuk bak lotus ini memiliki 21 galeri dengan luas 6.000 meter persegi. Future World adalah pameran tetap di museum ini, hasil kerja sama dengan teamLab asal Tokyo, sebuah perkumpulan seni antar disiplin yang terkenal.

Pameran ini akan mengajak pengunjung bertualang dalam dunia baru terbagi menjadi tema City in A Garden (Kota dalam Taman), Sanctuary (Tetirah), Park (Taman) , dan Space (Angkasa Luar). ArtScience Museum sengaja membuat pameran interaktif bagi pengunjung.

Anak-anak dapat menyentuh bahan pameran, bermain seluncuran yang juga bagian dari pameran. Museum ini juga mendedikasikan setiap Jumat sebagai Jumat Keluarga. Setiap pembelian tiket dewasa gratis tiket anak-anak maksimal empat anak di bawah usia 12 tahun.

Mengenal hewan di Singapore Zoo

Singapore Zoo terkenal sebagai kebun binatang ramah keluarga dengan banyak pilihan aktivitas yang dirancang khusus untuk anak-anak. Anak-anak bisa ikut Wildlife Tour, sebuah tur yang menjelajah kebun binatang dengan kendaraan khusus yang terbuka dan pemandu, memberi makan binatang, dan bertanya pada zoo keepers atau pawang binatang.

Anak-anak bisa bertemu dan berinteraksi dengan binatang lucu seperti Asian Small-Clawed Otters (berang-berang kecil), Capybara (kapibara), dan Great White Pelican (pelican putih besar). Di sini juga ada area kemah khusus anak serta kegiatan team bonding yang membuat anak belajar kebersamaan dan semakin akrab dengan alam.

Belajar membuat keramik dan melukis di National Gallery Singapore

National Gallery Singapore punya satu arena khusus untuk aktivitas anak-anak bernama Keppel Centre for Art Education. Tempat ini menjadi wadah untuk mengembangkan imajinasi, kreaktivitas, dan eksplorasi anak melalui seni.

Ada enam area khusus aktivitas anak, dibagi berdasarkan kegiatan. Art Playscape, area anak bisa membuat karya seni dari cat. Ink Studio, tempat anak-anak melihat cara kerja robot melukis.

Studio Workshop, tempat keluarga beraktivitas seni bersama seperti membuat aneka kriya. Project Gallery, tempat anak berimajinasi dengan pahatan Dayung Sampan raksaksa. Sculpture Studio, tempat anak berlajar membuat pahatan dengan material dan alat yang sudah disediakan.

Terakhir ada Story Corner, tempat anak-anak mendengarkan, menari, dan benyangi dengan cerita serta karya seni yang sudah dibuat di galeri.

Keppel Centre for Art Education mendapatkan penghargaan Children in Museums Award pada 2018 dari European Museum Academy and Hands On! International Association of Children in Museums.

Belajar metamorfosis kupu-kupu sampai main salju di Science Centre Singapore

Belajar sains jadi lebih seru di Science Centre Singapore! Ada 24 pameran berbeda yang sesuai untuk anak usia dini dan lanjut belajar di sini. Bahkan, orang tua juga bisa ikut belajar bersama anak di sini.

Topik setiap pameran sangat beragam, dari belajar tentang kinetik atau gerak dan energi di Kinetic Garden, metamorfosis kupu-kupu di Butterflies Up-Close, refleksi di Mirror Maze, sampai belajar tentang kotoran atau sekresi tubuh di Know Your Poo.

Science Centre Singapore merupakan lokasi yang kerap digunakan oleh sekolah di Singapura untuk karyawisata. Perjalanan belajar bisa ditutup dengan hal menyenangkan seperti bermain di Kidsstop atau lapangan bermain interaktif, bermain salju di area Snow City Singapore, dan bermain jadi ninja dalam Laser Maze Challenge.

Memanjat dan terbang di Forest Adventure

Anak Anda tipe yang aktif dan pemberani? Cobalah atraksi seru di Forest Adventure. Aktivitas di sini dapat melatih mental, koordinasi gerak tubuh, dan manajemen waktu.

Jangan khawatir, sebab kegiatan di sini sangat aman karena dibagi berdasarkan kategori, diberi peralatan keamanan yang maksimal, dan didampingi pemandu berpengalaman.

Anak usia lima sampai sembilan tahun bisa mengikuti kegiatan Kids Course, yang terbagi menjadi 22 lintasan tantangan dan dua zip line.
Sementara anak usia di atas sembilan tahun dapat menggunakan jalur Junior Course degan 26 lintasan tantangan dan dua zip line, termasuk yang melintasi air.

Meneliti dinosauraus di Lee Kong Chian Natural History Museum dan Jurassic Mile
​​​​​​​
Makhluk raksasa dinosaurus begitu memukau bagi anak-anak. Tak ada salahnya untuk membawa anak Anda ke tempat yang terkenal akan fosil dinosaurus yakni di Lee Kong Chian Natural History Museum.

Lee Kong Chian Natural History Museum merupakan museum biodiversitas tekemuka di Asia Tenggara. Ada 10.000 koleksi spesimen yang terbagi dalam 15 zona menarik.

Tiga fosil dinosurus sauropod menjadi daya tarik di sini. Kondisi fosil ini 80 persen utuh dan membuat pengunjung yang melihatnya langsung terkesima.

Selain melihat fosil, anak-anak pencinta dinosaurus juga bisa melihat pahatan dinosaurus yang menyerupai aslinya di Jurassic Mile. Lokasinya berada di kawasan Bandara Changi.

Lebih dari 20 dinosaurus dengan sembilan spesies berbeda dipamerkan di sini. Area ini sangat cocok dijelajahi sambil joging atau bersepeda. Bintangnya? Siapa lagi kalau bukan Tyrannosaurus Rex, si karnivora yang terkenal. Kabar gembiranya, atraksi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Memanjat, menari, dan berkebun di The Art Ground
​​​​​​​
The Artground in Goodman Arts Centre memfasilitasi kegiatan seni yang bervariasi untuk mengembangkan kreativitas dan motorik anak. Di sini pameran seni bahkan menjadi tempat bermain anak, seperti dijadikan seluncuran atau area panjat.

Setiap akhir pekan The Artground juga menghadirkan program aktivitas untuk anak-anak, misalnya seni pertunjukan drama, sesi mendongeng, berkebun, dan membuat kerajinan tangan.

The Artground juga memiliki program Artist Incubation, tempat para seniman lokal terhubung dengan anak-anak, guru, dan orang tua untuk membuat pengalaman seni yang bermakna.

Belajar tentang tanaman dan lingkungan hidup di Jacob Ballas Children’s Garden
​​​​​​​
Jacob Ballas Children's Garden adalah taman pertama di Asia yang didedikasikan untuk anak-anak dan dapat dikunjungi gratis, tanpa biaya tiket masuk. Taman ini berlokasi di Singapore Botanic Garden yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Anak-anak dapat bertualang dan belajar mengenai tanaman dan hubungan timbal balik antara mahluk hidup dan alam (ekologi) di taman.

Ada beberapa area menyenangkan untuk anak, seperti jembatan gantung dan area bermain alam, jalur trekking di sepanjang sungai, rumah pohon, dan area kebun untuk belajar bercocok tanam.

Saat anak lapar dan haus, jangan khawatir. Ada beberapa restoran dan kafe cantik bertema alam untuk tempat anak istirahat setelah beraktivitas di bawah sinar matahari. (ant/afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Update Pembunuhan Subang: Istri Muda Yosef Dicecar 40 Pertanyaan

Update Pembunuhan Subang: Istri Muda Yosef Dicecar 40 Pertanyaan

Mimin Mintarsih (51 Tahun), istri muda Yosef diperiksa pihak kepolisian selama empat jam di Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Subang pada Senin (29/11/2021).
Memaknai Lima Sila di Pancasila

Memaknai Lima Sila di Pancasila

Seluruh warga negara Indonesia diharapkan dapat bersikap mencerminkan nilai-nilai yang ada pada setiap butir Pancasila.
Kondisi AKBP Dermawan Karosekali Korban Pengeroyokan Ormas PP Mulai Membaik

Kondisi AKBP Dermawan Karosekali Korban Pengeroyokan Ormas PP Mulai Membaik

Kondisi Kabag Operasional Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali yang menjadi korban pengeroyokan ormas Pemuda Pancasila (PP) mulai membaik.
Terlalu Sadis! Polisi Libatkan Psikolog Periksa Kejiwaan WNA Penyiram Air Keras

Terlalu Sadis! Polisi Libatkan Psikolog Periksa Kejiwaan WNA Penyiram Air Keras

Polres Cianjur, Jawa Barat melibatkan psikolog untuk melakukan tes kejiwaan terhadap warga negara Arab Saudi Abdul Latief, pelaku penyiraman air keras terhadap istri sirinya.
Ronaldo Akan Memberikan Beberapa Jersey Dengan Tanda Tangannya Kepada Aktris Pink

Ronaldo Akan Memberikan Beberapa Jersey Dengan Tanda Tangannya Kepada Aktris Pink

Pink bertanya kepada pemain Sepak Bola asal Portugal yang juga bermain untuk Manchester United, Cristiano Ronaldo.
Tuntut Upah Layak, Ratusan Buruh di Semarang Gelar Unjuk Rasa

Tuntut Upah Layak, Ratusan Buruh di Semarang Gelar Unjuk Rasa

Ratusan buruh dari berbagai elemen di Jawa Tengah menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah di Semarang
Trending
Bikin Terharu, Ini Isi Pesan Status WA Mahasiswa Diklat KSR, Puluhan Rekannya yang Terjebak Air Bah Minta Diselamatkan

Bikin Terharu, Ini Isi Pesan Status WA Mahasiswa Diklat KSR, Puluhan Rekannya yang Terjebak Air Bah Minta Diselamatkan

"BANTU  MINTA TOLONG SEKALI KASIHAN HAMPIR TENGGELAM MI SEMPAT VC TADI ..TOLONG ANAK KSR" begitu isi pesan rekam layar berantai yang tersebar via status WA
Presiden Jokowi Tegaskan Undang-undang Cipta Kerja Tetap Berlaku Pasca Putusan MK

Presiden Jokowi Tegaskan Undang-undang Cipta Kerja Tetap Berlaku Pasca Putusan MK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, Undang-undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker) tetap berlaku pasca-putusan Mahkamah Konstitusi.
Ameer Azzikra Putra Kedua Almarhum Ustaz Arifin Ilham Meninggal Dunia

Ameer Azzikra Putra Kedua Almarhum Ustaz Arifin Ilham Meninggal Dunia

Muhammad Ameer Azzikra, putra almarhum Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia, Senin dini hari (29/11/2021) pukul 01.05 WIB di Rumah Sakit EMC Sentul, Jawa Barat.
Miris! Bosan Tunggu Janji Pemerintah, Warga Cikatomas Perbaiki Jalan Rusak dengan Swadaya

Miris! Bosan Tunggu Janji Pemerintah, Warga Cikatomas Perbaiki Jalan Rusak dengan Swadaya

Warga Desa Lengkong Barang Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya terpaksa memperbaiki jalan rusak secara swadaya. Sebab, kondisi jalan telah lama rusak dan sangat membahayakan sejumlah pengendara.
Tekan Risiko Pasien Meninggal Dunia, IGD Rumah Sakit dr Darsono Terapkan Respon Cepat Kurang dari 5 Menit

Tekan Risiko Pasien Meninggal Dunia, IGD Rumah Sakit dr Darsono Terapkan Respon Cepat Kurang dari 5 Menit

Pasien akan dilayani dengan segera oleh tenaga kesehatan dalam pemeriksaan dan tindakan medis, serta asuhan keperawatan kurang dari 5 menit
Berbekal Kuitansi Persalinan, Ria Bertemu Ibu Kandungnya Kembali Setelah 23 Tahun Berpisah

Berbekal Kuitansi Persalinan, Ria Bertemu Ibu Kandungnya Kembali Setelah 23 Tahun Berpisah

Riatus Solikhah wanita warga Kabupaten Sidoarjo dapat bertemu kembali dengan ibu kandungnya Yeti warga Jalan Mawar, Kecamatan Patrang, Jember setelah terpisah selama kurang lebih 23 tahun
BMKG Ingatkan Hujan Petir Guyur Kalsel di Tengah Bencana Banjir

BMKG Ingatkan Hujan Petir Guyur Kalsel di Tengah Bencana Banjir

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin mengingatkan terjadinya hujan petir di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Menyingkap Tabir
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
01:00 - 01:30
Trust
Selengkapnya