Tutup Menu
LIVESTREAM
Artikel
Fried Carrot Cake
Sumber :
  • (HO/STB)

Tak Perlu Ke Singapura, Kuliner ini Bisa Dibuat di Rumah

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 19:25 WIB

Jakarta - Selain menjadi tempat favorit untuk berbelanja, Singapura juga dikenal sebagai tempat yang asyik untuk wisata kuliner. Anda bisa menemukan berbagai macam sajian kuliner mulai dari jajanan pinggir jalan alias street food hingga restoran-restoran ikonik ternama maupun yang berbintang Michelin, dengan cita rasa yang menggugah selera. Kuliner Singapura sendiri datang dari perpaduan berbagai tradisi, misalnya masakan Melayu, Tiongkok, India, Eurasia, Peranakan, dan Hainan.

Chef Martin Praja berkolaborasi dengan Singapore Tourism Board membuat tayangan seri kuliner bertajuk "Cook With Me" untuk mengobati kerinduan orang-orang yang ingin berwisata kuliner ke Singapura. Lulusan akademi kuliner At-Sunrice Singapore Global Chef Academy ini akan mengajak Anda menghidupkan kembali impian ke Singapura melalui sajian kuliner khasnya yang mudah dimasak, namun tetap menggugah selera.

Fried Carrot Cake

Jangan salah sangka, ini bukan hidangan penutup Kue Wortel, kue basah yang diolah dari wortel dan rempah-rempah serta dibalut frosting krim keju. Fried Carrot Cake merupakan salah satu hidangan khas Singapura yang memiliki tampilan dan cita rasa yang unik. Bila Anda foodies yang tidak suka wortel, Anda mungkin akan langsung menghindari makanan ini. Tapi jangan salah, meskipun menggunakan nama carrot atau wortel, tidak ada sama sekali bahan baku yang berasal dari wortel.

Nama carrot yang muncul berasal dari lobak atau biasa disebut white carrot di Singapura. Lobak menjadi bahan baku utama Fried Carrot Cake, yang dikukus dengan adonan tepung beras, kemudian ditumis dengan bawang putih, daun bawang, telur dan lobak asin. Bagi Anda yang hobi dengan makanan berupa sayuran dengan rasa yang gurih, maka Fried Carrot Cake cocok untuk Anda santap bersama keluarga. Apabila Anda berkunjung ke Singapura, Anda dapat menemukan sajian Fried Carrot Cake halal di Soon Lee Fried Kway Teow, yang terletak di Bedok Corner.

Laksa

Dengan cita rasa perpaduan kuah kaldu dan santan yang gurih, dipadukan dengan pugasan seperti udang dan tahu – Laksa dianggap sebagai Singapore soul food yang lazim Anda temui apabila berwisata di Negeri Singa. Kuliner ini, berasal dari budaya Peranakan, yang saat ini banyak terpusat di daerah Katong. Menurut Chef Martin Praja, makanan khas ini jangan sampai terlewatkan. Apalagi ada salah satu restoran yang menghidangkan Laksa dengan rasa yang otentik di daerah Katong, tepatnya di restoran 328 Katong Laksa.

Kepala dan cangkang udang adalah kunci utama untuk membuat kuah Laksa yang enak. Selain itu, cita rasa asli Laksa Singapura memang sedikit pedas, namun umumnya belum mencapai tingkat kepedasan yang sesuai dengan selera orang Indonesia. Bila Anda penyuka pedas, ketika Anda memasak Laksa di rumah, Anda bisa menambahkan cabai rawit atau cabai merah keriting. Dijamin, kuah Laksa Anda akan semakin pedas dan segar. Jangan lupa tambahkan santan, sereh, dan daun jeruk untuk menambah cita rasa kuahnya.
 

Nasi ayam Hainan

Hampir sama seperti Laksa, Nasi Ayam Hainan dapat Anda temukan di berbagai sudut negara Singapura. Mulai dari pusat jajanan kuliner, food court hingga restoran mewah menyediakan kuliner favorit ini. Hainanese Chicken Rice merupakan sajian nasi wangi yang dipadukan dengan irisan tipis potongan daging ayam, ditambah sambal dan juga jahe bubuk.

Beberapa rekomendasi restoran nasi ayam Hainan yang diklaim terenak di Singapura adalah Liao Fan Hawker Chan di Smith Street Chinatown, restoran Michelin Star termurah dengan sajian kuliner yang enak. Tempat rekomendasi lainnya yakni Lam's Noodle House, Tian Tian Hainanese Chicken Rice di Maxwell Food Centre, dan Ming Kee Chicken Rice di Bishan Street.

Chef Martin punya tips untuk Anda yang ingin memasak hidangan ini di rumah. Kiatnya adalah jangan lupa menaruh ayam di es batu setelah proses perebusan. Gunanya adalah untuk menghentikan proses pematangan, agar gizi dan cita rasa ayam tetap terjaga.

Hidangan Ala Zi Char

Zi char, sejatinya bukan merupakan makanan. Istilah ini lebih kepada tradisi makan bersama di Singapura, baik dengan teman maupun keluarga atau kerabat. Warga Indonesia lebih familiar dengan istilah ‘makan tengah’. Bagi Anda yang suka bercengkerama dengan sanak saudara dan teman, bisa juga mencoba zi char a la Singapura dengan mematuhi protokol kesehatan dan batas maksimum jumlah orang.

Dalam sajian makan tengah khas Singapura ini, Chef Martin mengajak para pemengaruh di Instagram. Dia menyajikan hidangan sayuran berupa buncis tumis daging cincang, tumis kailan saus bawah putih, udang seral dan kepiting cabai Singapura. Ada beberapa restoran yang direkomendasikan untuk makan dengan tradisi ini, yakni Two Chefs Eating Place dan Kok Sen Restaurant. Bagi Anda yang ingin merasakan makan zi char dengan konsep halal, Anda dapat mengunjungi Mak's Place – The Hawkerant, Chai Chee Seafood Restaurant, dan Jiak Modern Tzechar. Ada satu tips tambahan lagi dari Chef Martin, yaitu ajak teman Anda dalam jumlah banyak, agar harga yang dibayarkan lebih murah dan bisa mencicipi berbagai macam hidangan zi char.
 

Ikan Patin, sajian khas lokal dan Madu Cerana

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Pembunuhan Ibu-Anak Subang Masih Misteri, Yosef Dicecar sampai Tengah Malam

Pembunuhan Ibu-Anak Subang Masih Misteri, Yosef Dicecar sampai Tengah Malam

"Kita berharap penyidik segera menemukan pelakunya, ditetapkan, supaya jelas. Tidak ada tudingan dan fitnah lagi," kata kuasa hukum.
Terbukti Bersalah, Polisi yang Smackdown Mahasiswa Dijatuhi Sanksi Terberat

Terbukti Bersalah, Polisi yang Smackdown Mahasiswa Dijatuhi Sanksi Terberat

Brigadir NP diberi sanksi terberat secara berlapis salah satu di antaranya adalah penahanan.
Saksi JPU Tuntas Beri Keterangan, Kuasa Hukum Sebut Dakwaan ke Nurdin Abdullah Lemah

Saksi JPU Tuntas Beri Keterangan, Kuasa Hukum Sebut Dakwaan ke Nurdin Abdullah Lemah

Penasehat Hukum Nurdin Abdullah mengklaim hingga saat ini belum ada bukti kuat yang menyebut keterlibatan NA dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi lingkup Pemprov Sulsel.
Maroko Wajibkan Menunjukkan Surat Keterangan Vaksin Covid-19 Untuk Masuk Area Publik

Maroko Wajibkan Menunjukkan Surat Keterangan Vaksin Covid-19 Untuk Masuk Area Publik

Pemerintah Maroko pada Kamis (21/10) mulai menerapkan kebijakan wajib menunjukkan surat keterangan vaksin Covid-19 bagi siapa saja yang ingin berpergian maupun memasuki area publik.
Mobil Damkar Pemkab Sidoarjo Hantam Dua Truk, Satu Terguling

Mobil Damkar Pemkab Sidoarjo Hantam Dua Truk, Satu Terguling

Diduga kurang hati-hati saat melintas di perempatan serta tidak mendengar tanya bunyi sirine, dua unit truk dihantam mobil damkar mili Pemkab Sidoarjo di perempata Krian Sidoarjo.
MU Jamu Liverpool di Derbi Barat Laut Edisi Pertama Pekan Ini

MU Jamu Liverpool di Derbi Barat Laut Edisi Pertama Pekan Ini

Pertemuan antara Manchester United menghadapi Liverpool yang kesohor sebagai Derbi Barat Laut jadi sajian utama di Liga Inggris pekan kesembilan.
Trending
Pengakuan Jojo Soal Performanya di Denmark Open

Pengakuan Jojo Soal Performanya di Denmark Open

Jonatan Christie mengungkapkan soal pengaruh kemenangan di Piala Thomas.
Pemprov DKI Telah Bersurat ke KBRI Ankara Soal Nama Jalan Ataturk

Pemprov DKI Telah Bersurat ke KBRI Ankara Soal Nama Jalan Ataturk

Pemprov DKI telah bersurat ke KBRI untuk Ankara (Turki) terkait rencana penamaan salah satu jalan di Jakarta dengan nama Jalan Ataturk yang diambil dari nama Mustafa Kemal Pasha.
Video Oknum Dishub Gowa Peras Sopir Pick Up Rp250 Ribu Viral di Medsos

Video Oknum Dishub Gowa Peras Sopir Pick Up Rp250 Ribu Viral di Medsos

Beredar sebuah video seorang petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang melakukan pungutan liar kepada seorang sopir pengangkut barang, viral diberbagai media sosial pada Kamis (21/10)
Mengenaskan! Tim Besutan Jose Mourinho Dibantai Bodo/Glimt 6-1

Mengenaskan! Tim Besutan Jose Mourinho Dibantai Bodo/Glimt 6-1

AS Roma hancur lebur di markas Bodo/Glimt dan menelan kekalahan telak 1-6 dalam laga lanjutan Grup C Liga Conference di Stadion Aspmyra, Norwegia.
Polri Resmi Terapkan Pasal TPPU Pada Bandar Narkoba Timbulkan Efek Jera

Polri Resmi Terapkan Pasal TPPU Pada Bandar Narkoba Timbulkan Efek Jera

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Krisno H Siregar mengatakan kepolisian dalam pengungkapan tindak pidana narkoba akan menerapkan pasal TPPU kepada bandar narkoba guna memberikan efek jera.
Ditjen Gakkum KLHK Tangkap Dua Orang Pengepul Sisik Trenggiling di Sekadau

Ditjen Gakkum KLHK Tangkap Dua Orang Pengepul Sisik Trenggiling di Sekadau

Tim Gakkum KLHK Wilayah Kalimantan menangkap pengepul sisik trenggiling SK (38) dan BW (33), di di Jalan Raya Sekadau-Nanga Mahap, Desa Nanga Taman, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Kalbar.
Rachel Vennya Dicecar 35 Pertanyaan Oleh Penyidik Kepolisian

Rachel Vennya Dicecar 35 Pertanyaan Oleh Penyidik Kepolisian

Selebgram Rachel Vennya dicecar 35 pertanyaan oleh penyidik Polda Metro Jaya terkait tindakannya kabur dari proses isolasi di RSD Covid-19 Wisma Atlet Pademangan usai berlibur dari luar negeri.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Rumah Mamah Dedeh
09:00 - 10:00
Hidup Sehat
10:00 - 10:30
AB Shop
10:30 - 11:00
Sidik Jari
11:00 - 13:00
Kabar Siang
13:00 - 13:30
Spektakuler
Selengkapnya