Tutup Menu
LIVESTREAM
Artikel
Bek Jerman Robin Gosens (kiri) mencetak gol dari sundulan untuk gol keempat Jerman dalam laga melawan Portugal yang berakhir 4-2.
Sumber :
  • Antara

Jerman Taklukan Portugal 4-2

Minggu, 20 Juni 2021 - 02:30 WIB
Oleh :

Jakarta, tvOne

Jerman akhirnya membuat pembalikan luar biasa setelah ditekuk Prancis 0-1 dalam laga pertama dan tertinggal lebih dulu 0-1 dalam laga melawan Portugal dengan balik menang 4-2 pada pertandingan keduanya dalam Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Sabtu malam ini.

Dua dari empat gol Jerman itu tercipta dari sumbangan Portugal setelah Ruben Dias dan Raphael Guerreiro menjebol gawang sendiri yang membalikkan keunggulan Portugal dari gol Cristiano Ronaldo.

Sedangkan dua gol lainnya tercipta pada babak kedua dari kaki Kai Havertz dan kepala Robin Gosens. Portugal menambah satu gol Diogo Jota tujuh menit setelah gol keempat Jerman.

Jerman sebenarnya lebih dulu mencetak gol pada menit kelima dari sontekan Robin Gosens tetapi Serge Gnabry dinyatakan offside sebelum gol ini terjadi.

Jerman yang kalah pada pertandingan pertama melawan Prancis menjadi pihak yang lebih berinisiatif menyerang hampir sepanjang laga ini, tetapi Portugal yang justru lebih dulu unggul pada menit ke-15.

Gol ini berawal dari serangan balik yang cepat ketika Bernardo Silva menerima bola dari daerah permainan sendiri untuk dibawa ke area pertahanan Jerman. Dia lalu mengirimkan bola diagonal kepada Diogo Jota yang berlari berdampingan dengan Ronaldo pada sisi berbeda.

Jota menerima bola itu tapi dia tidak mau egois dengan menyilangkan bola kepada Ronaldo sehingga mengecoh Manuel Neuer.

Ronaldo menyarangkan bola tanpa kendala ke gawang Jerman sehingga dia kini tinggal dua gol untuk menyamai rekor dunia gol terbanyak dari seorang pemain untuk timnasnya.

Jerman berusaha keras membalas namun baru bisa melakukannya 20 menit kemudian ketika Joshua Kimmich mengumpan Gosens yang melanjutkan bola dengan tendangan voli yang berusaha disambut Kai Havertz, namun malah bek tengah Ruben Dias yang menyentuh bola untuk memasukkan bola ke gawang sendiri.

Empat menit kemudian pada menit 39, giliran Raphael Guerreiro yang menghadiahkan gol untuk Jerman lewat gol bunuh diri kedua Portugal dalam laga ini.

Thomas Mueller mengawali petaka Portugal itu setelah mengirimkan bola kepada Kimmich yang melepaskan bola ke sisi lain dari gawang Portugal dengan tujuan Gosens, tapi Guerreiro malah memotongnya untuk masuk ke gawang sendiri.

VAR kemudian mengintervensi gol ini untuk melihat kemungkinan Jerman lebih dulu offside sebelum gol tersebut. Tapi VAR memastikan gol ini sah.

Kai Havertz, Gosens, Kimmich dan Gnabry bermain cemerlang dalam pertandingan ini, dengan kerap merepotkan Portugal yang menjadi pihak yang lebih tertekan.

Pada menit ke-44 penjaga gawang Rui Patricio melakukan penyelamatan dari upaya Gosens, namun kedudukan 2-1 bertahan sampai babak pertama selesai.

Enam menit dari kickoff babak kedua pada menit ke-51, Jerman menambah keunggulan setelah kali ini Havetz berhasil memasukkan bola tanpa memaksa pemain Portugal melakukan gol bunuh diri.

Pemain Chelsea ini memasukkan bola setelah menerima sodoran umpan silang matang dari Gosens yang mendapatkan bola dari Thomas Mueller dan meneruskannya melewati kaki para bek Portugal untuk dimasukkan Havertz ke gawang yang sudah tak terjaga.

Sembilan menit kemudian pada menit ke-60, kemitraan Gosens dan Havertz kembali mengoyak gawang Portugal tapi kali ini Havertz yang memberikan assist.

Havertz menyelipkan bola di antara pemain-pemain Portugal untuk mencapai kaki Kimmich. Bola lalu diteruskan Kimmich dengan tendangan melengkung menyilangi depan gawang Portugal untuk disambut kepala Gosens yang menyundul masuk gawang Rui Patricio.

Portugal berusaha membalas dan tujuh menit kemudian pada menit ke-67 Portugal akhirnya mendapatkan gol yang awalnya dari tendangan bebas yang dieksekusi Joao Mouthino. Bola melengkung melewati pagar betis Jerman yang terlihat terlambat bereaksi untuk kemudian dimasukkaan Diogo Jota.

Gol Jota ini adalah gol terakhir dalam drama enam gol di Allianz Arena dan pertandingan pun berakhir 4-2 untuk Jerman.

Jerman lebih unggul dibandingkan Portugal dalam hampir semua statistik, di antaranya menguasai 56 persen distribusi bola dan melepaskan 13 percobaan gol yang 4 di antaranya tepat sasaran. Untuk kategori sama, Portugal melepaskan 8 percobaan gol yang 2 di antaranya tepat sasaran.

Hasil ini membuat Prancis tetap memuncaki Grup F dengan empat poin, sedangkan Jerman menyalip ke urutan kedua dengan tiga poin namun unggul selisih gol dari Portugal yang juga tiga poin dan menduduki urutan ketiga. Hungaria menjadi urutan buncit dengan satu poin setelah berhasil mengimbangi Prancis 1-1.

Pertandingan ketiga dalam grup ini menjadi pertandingan hidup mati bagi semua anggota grup ini yang semuanya punya peluang lolos ke 16 besar.

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Update Corona 28 Juli 2021: Penambahan Kasus Capai 47.791 Kasus

Update Corona 28 Juli 2021: Penambahan Kasus Capai 47.791 Kasus

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyatakan kasus baru COVID-19 mengalami penambahan sebanyak 47.791 orang dengan Jawa Barat menjadi provinsi penyumbang tertinggi.
Jalankan Jasa Sertifikat Vaksinasi Palsu Suami - Istri Ditangkap Polisi

Jalankan Jasa Sertifikat Vaksinasi Palsu Suami - Istri Ditangkap Polisi

Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menangkap AEP dan TS, pasangan suami-istri terkait kasus pemalsuan sertifikat vaksinasi COVID-19.
Kembali Erupsi, Sinabung Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 4.500 meter

Kembali Erupsi, Sinabung Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 4.500 meter

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Rabu mengalami erupsi dan menyemburkan abu vulkanik dengan tinggi kolom 4.500 meter, menurut data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).
F-PPP Tolak fasilitas isoman DPR di hotel

F-PPP Tolak fasilitas isoman DPR di hotel

Fraksi PPP DPR RI memilih untuk tidak menggunakan fasilitas isolasi mandiri (isoman) di dua hotel bintang 3 di Jakarta yang disiapkan Sekjen DPR RI.
Kenali Jenis Hepatitis dan Cara Penanggulangannya

Kenali Jenis Hepatitis dan Cara Penanggulangannya

Hepatitis adalah penyakit menular yang dapat menyebabkan kematian, bahkan lebih dari satu juta jiwa meninggal setiap tahunnya karena virus ini.
Kemenkes Perkirakan 18 Juta Orang Indonesia Mengidap Hepatitis

Kemenkes Perkirakan 18 Juta Orang Indonesia Mengidap Hepatitis

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mengintensifkan upaya pencegahan secara dini penularan hepatitis atau peradangan pada hati (lever) yang saat ini diperkirakan angka kasusnya sekitar 18 juta jiwa.
Trending
Menkeu: RI butuh Rp4.520 triliun untuk mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca

Menkeu: RI butuh Rp4.520 triliun untuk mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca

Sri Mulyani mengatakan berdasarkan estimasi kontribusi yang ditentukan secara nasional, Indonesia membutuhkan Rp4.520 triliun untuk mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) di 2030.
Warga Arab Saudi Akan Dicekal Tiga Tahun Jika Pergi ke Indonesia

Warga Arab Saudi Akan Dicekal Tiga Tahun Jika Pergi ke Indonesia

Pemerintah Arab Saudi akan menghukum warganya dengan larangan bepergian selama tiga tahun jika mereka mengunjungi Indonesia atau negara lain yang masuk "daftar merah".
Pebulutangkis Putri Indonesia Berhadapan dengan Petenis Dunia, Kok Bisa?

Pebulutangkis Putri Indonesia Berhadapan dengan Petenis Dunia, Kok Bisa?

Pebulutangkis Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, membuat kejutan dengan berhadapan dengan petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic di venue gelaran Olimpiade Tokyo, Jepang.
Catat, Ini Jadwal Laga Tim Badminton Indonesia Di Olimpiade Tokyo Hari Ini. 

Catat, Ini Jadwal Laga Tim Badminton Indonesia Di Olimpiade Tokyo Hari Ini. 

Ada empat laga yang akan dilakoni para atlet kebanggan nasional, semuanya berasal dari nomor tunggal putra, tunggal putri dan ganda campuran.
Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Ketua MUI Labuhanbatu Utara

Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Ketua MUI Labuhanbatu Utara

Personel Kepolisian Resor Labuhanbatu, Sumatera Utara, menangkap diduga pelaku pembunuhan Ketua Majelis Ulama (MUI) Labuhanbatu Utara Aminurrasyid Aruan.
Ganda Campuran Praveen/Melati terhenti di perempat final Tokyo 2020

Ganda Campuran Praveen/Melati terhenti di perempat final Tokyo 2020

Pasangan ganda campuran Praveen/Melati takluk 17-21, 15-21 dalam waktu 35 menit oleh pasangan asal China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.
Atlet Terseksi di Dunia Berlaga di Olimpiade Tokyo

Atlet Terseksi di Dunia Berlaga di Olimpiade Tokyo

Alica Schmidt, Perempuan 22 tahun asal Jerman itu memiliki prestasi gemilang pada cabang olahraga atletik sehingga membawanya tampil di Olimpiade Tokyo.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Indonesia Business Forum
22:00 - 22:30
Telusur
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
01:00 - 01:30
Ragam Perkara
Selengkapnya