Tutup Menu
LIVESTREAM
Artikel
MU pecat Solskjaer, solusi atau masalah baru?
Sumber :
  • Antara

MU Pecat Solskjaer, Solusi atau Masalah Baru?

Senin, 22 November 2021 - 01:49 WIB

Jakarta, tvOne

"Manchester United mengumumkan bahwa Ole Gunnar Solskjaer telah meninggalkan perannya sebagai manajer. Ole akan senantiasa menjadi legenda di Manchester United dan dengan penuh sesal kami mesti membuat keputusan ini."

Pernyataan itu disampaikan oleh klub sehari setelah MU dibantai 1-4 oleh klub promosi Watford. Solskjaer dipecat hanya empat bulan setelah memperpanjang kontraknya sampai 2024.

Dalam dua musim terakhir, pelatih asal Norwegia itu mengembalikan Manchester ke empat besar Liga Inggris, bahkan sekali mencapai final Liga Europa.

Musim ini mereka menambah kekuatan dengan mendatangkan superstar-superstar seperti Cristiano Ronaldo, Raphael Varane dan Jadon Sancho, tetapi malah babak belur.

Solskjaer seperti tak memiliki formula pasti agar United bermain dalam identitas yang jelas. Yang terjadi malah metode untung-untungan yang akhirnya membuat keretakan di dalam skuad.

Dan puncak keretakan itu terlihat jelas saat digasak Watford yang ironisnya tak pernah menang di kandangnya sepanjang musim ini sehingga terlihat lebih memalukan ketimbang takluk 2-4 kepada Leicester atau ambruk 0-5 di tangan Liverpool atau terkapar 0-2 dihantam oleh tetangga sekota, Manchester City.

Total, United sudah lima kali kalah dalam 12 pertandingan liga pertamanya, termasuk Aston Villa yang menjadi tim pertama yang mengalahkan MU dalam pertandingan liga musim ini.

Musim lalu, ketika Liga Inggris dipertandingkan dalam stadion-stadion kosong karena diharuskan protokol kesehatan COVID-19, United tampil bagus namun dicemooh oleh sejumlah kalangan termasuk pelatih Liverpool Juergen Klopp dan Jose Mourinho yang kini melatih AS Roma, karena ditolong wasit dan faktor kebetulan semata.

Klopp dan Mourinho ada benarnya karena ketika sekalipun sudah diperkuat salah satu superstar sepak bola dunia Cristiano Ronaldo, United musim ini malah terpuruk.

Ada pula yang beranggapan sukses Solskjaer dua musim lalu lebih karena faktor individu pemain, bukan karena teamwork.

"Solskjaer sudah sering sekali diselamatkan oleh individu pemain yang membuat Manchester United bisa bangkit kembali," kata Louis Saha, mantan striker Man United, kepada BBC Radio seperti dikutip Reuters.

Sayangnya Solskjaer tak bisa terus mengandalkan dukungan individu pemain, sambung Saha.

Karena menggantungkan kepada individu pemain pula membuat Solskjaer menjadi terlihat pilih kasih sehingga dituding melakukan favoritisme oleh sejumlah pemainnya yang juga menganggap Solskjaer tak punya visi.

Sudah lama disfungsional

Bek tengah Eric Bailly kesal Solskjaer masih saja memasang Harry Maguire ketika MU kalah 2-4 melawan Leicester, padahal sang kapten tidak fit. Ronaldo kecewa berat oleh turunnya standar bermain timnya dan menilai rekan-rekan satu timnya terlalu gampang membuat kesalahan.

Yang lain mempertanyakan keputusan Solskjaer tak memainkan Donny van de Beek padahal Setan Merah dihadapkan kepada krisis di lapangan tengah. Mereka juga bersimpati kepada Jesse Lingard yang walau bermain cemerlang selama dipinjam West Ham United musim lalu, lebih sering didudukkan di bangku cadangan.

Keretakan dalam skuad bukan satu-satunya masalah Setan Merah. Klub ini juga sering pendek ingatan tapi tidak pernah tegas dalam memberikan penilaian.

MU lupa bahwa ketika dilatih David Moyes, Louis van Gaal dan Jose Mourinho yang merupakan pelatih-pelatih berpengalaman, tampil tidak konsisten dengan gaya bermain yang tidak jelas juga terjadi semasa ketiga pelatih pendahulu Solskjaer itu.

Man United, mengutip harian Inggris The Guardian, sudah disfungsional jauh sebelum Solskjaer melatihnya dan mungkin akan terus begitu setelah dia tak lagi melatih Setan Merah.

Kesalahan terbesar United adalah menyimpulkan Solskjær akar masalah, padahal skuad yang egoitis namun minim sosok pemimpin lapangan sehingga bermain hanya menurut egonya masing-masing, adalah juga masalah berat Man United yang juga tugas berat yang harus ditangani pengganti Solskjaer.

Tetapi, tak seperti Tottenham yang segera menendang Nuno Espirito Santo untuk kemudian nyaris instan digantikan Antonio Conte atau Aston Villa yang mendepak Dean Smith dengan merekrut Steven Gerrard, United terlihat tidak siap ketika harus memecat Solskjaer.

Alih-alih bertindak cepat mungkin menggaet pelatih-pelatih hebat seperti Zinedine Zidane yang saat ini tak terikat klub mana pun, United malah menunjuk salah satu staf pelatih Solskjaer, Michael Carrick, sebagai caretaker, yang disebutnya akan "memimpin tim dalam menjalani pertandingan-pertandingan mendatang, selagi klub menunjuk manajer sementara sampai akhir musim".

Status caretaker untuk Carrick itu hanya menunjukkan manajemen United tak mempercayai kemampuan Carrick dan memperlihatkan sikap United tidak tegas mengenai siapa yang mereka inginkan sebagai manajer berikutnya.

Namun untuk saat ini memang tidak ada kandidat yang pasti, termasuk Zidane yang paling difavoritkan melatih mereka. Sayang, Zidane tak mau melatih pada pertengahan musim. Legenda sepak bola Prancis ini juga terkendala faktor bahasa dan keluarga yang tak ingin tinggal di Inggris.

Sebenarnya bisa saja hirarki United meyakinkan Zidane untuk mau melatih di Old Trafford. Masalahnya tak seperti klub-klub lain di mana urusan mencari manajer menjadi urusan orang-orang khusus yang diserahi tugas ini, taruhlah direktur sepak bola Ferran Soriano dan pemimpin senior klub Txiki Begiristain di Manchester City, situasi sama tak ditemui di Manchester United.

Urusan merekrut manajer malah menjadi urusan wakil ketua eksekutif Ed Woodward, direktur sepak bola John Murtough dan direktur teknik Darren Fletcher. Bahkan bos besar Joel Glazer ikut-ikutan mengurusinya, dan tak ketinggalan direktur pelaksana Richard Arnold.

Ini yang membuat MU lamban sampai-sampai Antonio Conte yang sudah bersedia melatih mereka pun akhirnya disambar Tottenham.

Oleh karena itu masih perlu dilihat lagi apakah memecat Solskjaer itu solusi atau malah menciptakan masalah baru. (Ant/Jeg)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Lokasi Eduwisata, Kampung Inggris Hadir Di Kota Tangerang

Lokasi Eduwisata, Kampung Inggris Hadir Di Kota Tangerang

Kampung inggris kini tidak hanya hadir di wilayah Jawa Timur saja, namun saat ini juga ada di Kota Tangerang tepatnya di Jalan KS Tubun, Gang Ampera, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci.
Serba-serbi Hari Dongeng Nasional

Serba-serbi Hari Dongeng Nasional

Hari Dongeng Nasional pertama kali dideklarasikan pada 28 November 2015 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dijabat oleh Anies Baswedan.
Empat Rekomendasi Wisata Alam di Likupang, Cocok untuk

Empat Rekomendasi Wisata Alam di Likupang, Cocok untuk "Self-Healing"

Wisata alam menjadi destinasi andalan yang dapat dijadikan pilihan untuk menghilangkan penat serta tekanan pikiran bagi orang-orang yang hidup di wilayah perkotaan.
Liburan Berkelas, Sewa Kapal Yacht ke Kepulauan Seribu

Liburan Berkelas, Sewa Kapal Yacht ke Kepulauan Seribu

Pernahkah terbayang menyewa Kapal Pesiar Yacht mewah semudah mengetuk beberapa tombol di aplikasi?
Garut Disapu Banjir Bandang, 8 Jembatan Rusak dan 312 KK Terdampak

Garut Disapu Banjir Bandang, 8 Jembatan Rusak dan 312 KK Terdampak

Pasca banjir bandang yang menerjang dua Kecamatan di Garut, Sabtu (27/11/2021), Pemerintah Kabupaten Garut merinci 8 jembatatan rusak dan ratusan warga terdampak.
BMKG: Pusaran Angin di Kalimantan dan Bali Picu Peningkatan Awan Hujan

BMKG: Pusaran Angin di Kalimantan dan Bali Picu Peningkatan Awan Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi pusaran angin di utara Kalimantan dan Bali berpotensi memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan di Indonesia, Minggu (28/11/2021).
Trending
Pemangku Adat di Jeneponto Tolak Kegiatan Pelantikan Raja Bulukumba di Bangkala

Pemangku Adat di Jeneponto Tolak Kegiatan Pelantikan Raja Bulukumba di Bangkala

Pemangku Adat Bangkala menolak keras pengukuhan Lembaga Adat Gallarang, dan pelantikan Karaeng (Raja) Barana, Puang Karaeng Botto Deppa Beta (Karaeng Bulu) Raja ke-XII Kajang Karaeng Sajanga Ri Kajang, Bulukumba di Desa Barana, Kecamatan Bangkala Barat, Jeneponto, Sulawesi Selatan, pada Minggu 5 Desember 2021 mendatang. Hal ini, lantaran Pelantikan Karaeng Barana dinilai kontroversial dan melanggar norma adat istiadat Bangkala.
Asrama Mahasiswa Diserang  Bom Molotov, Satu Mahasiswa Terluka Parah, Sejumlah Bagian Asrama Rusak dan Terbakar

Asrama Mahasiswa Diserang Bom Molotov, Satu Mahasiswa Terluka Parah, Sejumlah Bagian Asrama Rusak dan Terbakar

Serangan bom molotov terjadi sekitar pukul 3.30 Wita, pada Minggu dinihari tadi (28/11). Pelaku penyerangan diduga berjumlah lebih dari dua orang tak dikenal.
Bravo! Satgas Nemangkawi dan Polres Yahukimo Berhasil Ringkus Demius Magayang Pentolan KKB Yahukimo

Bravo! Satgas Nemangkawi dan Polres Yahukimo Berhasil Ringkus Demius Magayang Pentolan KKB Yahukimo

Pada hari Sabtu (27/11/2021\) Pukul 10.40 WIT, bertempat diseputaran PT Indopapua Jalan Gunung Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, personil gabungan Satgas Nemangkawi dan Polres Yahukimo berhasil melakukan penangkapan  terhadap DPO Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo an. Demius Magayang alias Temius Magayang.
Pria Misterius Ditemukan Kritis di Dalam Gedung Penangkaran Burung Walet

Pria Misterius Ditemukan Kritis di Dalam Gedung Penangkaran Burung Walet

Seorang pria ditemukan dalam keadaan kritis di gedung penakaran burung walet di Jalan Haji Misbah, Kota Kisaran, Asahan Sumatera Utara pada Minggu dini hari (28/11/2021).
Aksi Pencurian Dua Sepeda Motor di Rumah Kos Jember Jawa Timur Terekam Kamera CCTV

Aksi Pencurian Dua Sepeda Motor di Rumah Kos Jember Jawa Timur Terekam Kamera CCTV

Aksi pencurian motor (curanmor) di salah satu rumah kos Jalan Sumatra gang 5, Kelurahan Tegal Boto, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, terjadi Sabtu (27/11/2021) dini hari. Pencurian itu terjadi sekitar pukul 03.04 WIB dan terekam kamera CCTV yang terpasang di depan rumah kos.
Banjir Luapan Sungai Cikeruh Rendam Permukiman dan Jalan Kabupaten Di Jatinangor Sumedang

Banjir Luapan Sungai Cikeruh Rendam Permukiman dan Jalan Kabupaten Di Jatinangor Sumedang

Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Sumedang selama tiga jam, membuat air sungai Cikeruh meluap dan merendam permukiman di dua desa, yakni Desa Cikeruh dan Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (27/11/22) petang.
Khawatir Bencana Susulan, Korban Banjir Bandang di Garut Mengungsi ke Rumah Sanak Saudara

Khawatir Bencana Susulan, Korban Banjir Bandang di Garut Mengungsi ke Rumah Sanak Saudara

Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Garut masih terus mencatat warga yang menjadi terdampak banjir bandang di Kecamatan Karang Tengah dan Kecamatan Sukawening Garut. Muspika setempat menyatakan sebagian terdampak mengungsi ke sanak saudara mengingat bahaya banjir susulan masih mengancam. Logistik mulai berdatangan untuk menangani warga terdampak banjir bandang di 2 Kecamatan di Garut, selain itu tenda dadurat mulai didirikan untuk kepentingan dapur umum yang dibuat oleh aparat TNI - Polri.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
Saat Ini
Live World Boxing
11:00 - 11:30
Indonesia Plus
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesia
14:00 - 15:30
OnePrix
Selengkapnya