LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
MU pecat Solskjaer, solusi atau masalah baru?
Sumber :
  • Antara

MU Pecat Solskjaer, Solusi atau Masalah Baru?

"Manchester United mengumumkan bahwa Ole Gunnar Solskjaer telah meninggalkan perannya sebagai manajer. Ole akan senantiasa menjadi legenda di Manchester United dan dengan penuh sesal kami mesti membuat keputusan ini." Pernyataan itu disampaikan oleh klub sehari setelah MU dibantai 1-4 oleh klub promosi Watford. Solskjaer dipecat hanya empat bulan setelah memperpanjang kontraknya sampai 2024. Dalam dua musim terakhir, pelatih asal Norwegia itu. mengembalikan Manchester ke empat besar Liga Inggris, bahkan sekali mencapai final Liga Europa. Oleh karena itu masih perlu dilihat lagi apakah memecat Solskjaer itu solusi atau malah menciptakan masalah baru.

Senin, 22 November 2021 - 01:49 WIB

Jakarta, tvOne

"Manchester United mengumumkan bahwa Ole Gunnar Solskjaer telah meninggalkan perannya sebagai manajer. Ole akan senantiasa menjadi legenda di Manchester United dan dengan penuh sesal kami mesti membuat keputusan ini."

Pernyataan itu disampaikan oleh klub sehari setelah MU dibantai 1-4 oleh klub promosi Watford. Solskjaer dipecat hanya empat bulan setelah memperpanjang kontraknya sampai 2024.

Dalam dua musim terakhir, pelatih asal Norwegia itu mengembalikan Manchester ke empat besar Liga Inggris, bahkan sekali mencapai final Liga Europa.

Musim ini mereka menambah kekuatan dengan mendatangkan superstar-superstar seperti Cristiano Ronaldo, Raphael Varane dan Jadon Sancho, tetapi malah babak belur.

Solskjaer seperti tak memiliki formula pasti agar United bermain dalam identitas yang jelas. Yang terjadi malah metode untung-untungan yang akhirnya membuat keretakan di dalam skuad.

Dan puncak keretakan itu terlihat jelas saat digasak Watford yang ironisnya tak pernah menang di kandangnya sepanjang musim ini sehingga terlihat lebih memalukan ketimbang takluk 2-4 kepada Leicester atau ambruk 0-5 di tangan Liverpool atau terkapar 0-2 dihantam oleh tetangga sekota, Manchester City.

Total, United sudah lima kali kalah dalam 12 pertandingan liga pertamanya, termasuk Aston Villa yang menjadi tim pertama yang mengalahkan MU dalam pertandingan liga musim ini.

Musim lalu, ketika Liga Inggris dipertandingkan dalam stadion-stadion kosong karena diharuskan protokol kesehatan COVID-19, United tampil bagus namun dicemooh oleh sejumlah kalangan termasuk pelatih Liverpool Juergen Klopp dan Jose Mourinho yang kini melatih AS Roma, karena ditolong wasit dan faktor kebetulan semata.

Klopp dan Mourinho ada benarnya karena ketika sekalipun sudah diperkuat salah satu superstar sepak bola dunia Cristiano Ronaldo, United musim ini malah terpuruk.

Ada pula yang beranggapan sukses Solskjaer dua musim lalu lebih karena faktor individu pemain, bukan karena teamwork.

"Solskjaer sudah sering sekali diselamatkan oleh individu pemain yang membuat Manchester United bisa bangkit kembali," kata Louis Saha, mantan striker Man United, kepada BBC Radio seperti dikutip Reuters.

Sayangnya Solskjaer tak bisa terus mengandalkan dukungan individu pemain, sambung Saha.

Karena menggantungkan kepada individu pemain pula membuat Solskjaer menjadi terlihat pilih kasih sehingga dituding melakukan favoritisme oleh sejumlah pemainnya yang juga menganggap Solskjaer tak punya visi.

Sudah lama disfungsional

Bek tengah Eric Bailly kesal Solskjaer masih saja memasang Harry Maguire ketika MU kalah 2-4 melawan Leicester, padahal sang kapten tidak fit. Ronaldo kecewa berat oleh turunnya standar bermain timnya dan menilai rekan-rekan satu timnya terlalu gampang membuat kesalahan.

Yang lain mempertanyakan keputusan Solskjaer tak memainkan Donny van de Beek padahal Setan Merah dihadapkan kepada krisis di lapangan tengah. Mereka juga bersimpati kepada Jesse Lingard yang walau bermain cemerlang selama dipinjam West Ham United musim lalu, lebih sering didudukkan di bangku cadangan.

Keretakan dalam skuad bukan satu-satunya masalah Setan Merah. Klub ini juga sering pendek ingatan tapi tidak pernah tegas dalam memberikan penilaian.

MU lupa bahwa ketika dilatih David Moyes, Louis van Gaal dan Jose Mourinho yang merupakan pelatih-pelatih berpengalaman, tampil tidak konsisten dengan gaya bermain yang tidak jelas juga terjadi semasa ketiga pelatih pendahulu Solskjaer itu.

Man United, mengutip harian Inggris The Guardian, sudah disfungsional jauh sebelum Solskjaer melatihnya dan mungkin akan terus begitu setelah dia tak lagi melatih Setan Merah.

Kesalahan terbesar United adalah menyimpulkan Solskjær akar masalah, padahal skuad yang egoitis namun minim sosok pemimpin lapangan sehingga bermain hanya menurut egonya masing-masing, adalah juga masalah berat Man United yang juga tugas berat yang harus ditangani pengganti Solskjaer.

Tetapi, tak seperti Tottenham yang segera menendang Nuno Espirito Santo untuk kemudian nyaris instan digantikan Antonio Conte atau Aston Villa yang mendepak Dean Smith dengan merekrut Steven Gerrard, United terlihat tidak siap ketika harus memecat Solskjaer.

Alih-alih bertindak cepat mungkin menggaet pelatih-pelatih hebat seperti Zinedine Zidane yang saat ini tak terikat klub mana pun, United malah menunjuk salah satu staf pelatih Solskjaer, Michael Carrick, sebagai caretaker, yang disebutnya akan "memimpin tim dalam menjalani pertandingan-pertandingan mendatang, selagi klub menunjuk manajer sementara sampai akhir musim".

Status caretaker untuk Carrick itu hanya menunjukkan manajemen United tak mempercayai kemampuan Carrick dan memperlihatkan sikap United tidak tegas mengenai siapa yang mereka inginkan sebagai manajer berikutnya.

Namun untuk saat ini memang tidak ada kandidat yang pasti, termasuk Zidane yang paling difavoritkan melatih mereka. Sayang, Zidane tak mau melatih pada pertengahan musim. Legenda sepak bola Prancis ini juga terkendala faktor bahasa dan keluarga yang tak ingin tinggal di Inggris.

Sebenarnya bisa saja hirarki United meyakinkan Zidane untuk mau melatih di Old Trafford. Masalahnya tak seperti klub-klub lain di mana urusan mencari manajer menjadi urusan orang-orang khusus yang diserahi tugas ini, taruhlah direktur sepak bola Ferran Soriano dan pemimpin senior klub Txiki Begiristain di Manchester City, situasi sama tak ditemui di Manchester United.

Urusan merekrut manajer malah menjadi urusan wakil ketua eksekutif Ed Woodward, direktur sepak bola John Murtough dan direktur teknik Darren Fletcher. Bahkan bos besar Joel Glazer ikut-ikutan mengurusinya, dan tak ketinggalan direktur pelaksana Richard Arnold.

Ini yang membuat MU lamban sampai-sampai Antonio Conte yang sudah bersedia melatih mereka pun akhirnya disambar Tottenham.

Oleh karena itu masih perlu dilihat lagi apakah memecat Solskjaer itu solusi atau malah menciptakan masalah baru. (Ant/Jeg)

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Sambangi JK, Pendeta Gilbert Lumoindong Jelaskan Ceramah Singgung Isu Salat dan Zakat Bukan Konsumsi Umum

Sambangi JK, Pendeta Gilbert Lumoindong Jelaskan Ceramah Singgung Isu Salat dan Zakat Bukan Konsumsi Umum

Pendeta Gilbert Lumoindong sambangi rumah Jusuf Kalla (JK) di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2024). Khotbah isu salat dan zakat bukan untuk umum.
Wasit Nasrullo Kabirov Diancam Dibunuh usai Rugikan Timnas Indonesia U-23

Wasit Nasrullo Kabirov Diancam Dibunuh usai Rugikan Timnas Indonesia U-23

Akun Instagram wasit Nasrullo Kabirov diserbu netizen tanah air setelah dianggap tidak adil dalam memimpin pertandingan Qatar lawan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.
Bawaslu Sebut Kemungkinan Ikut Pindah ke IKN pada 2029

Bawaslu Sebut Kemungkinan Ikut Pindah ke IKN pada 2029

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan menjadi salah satu instansi negara yang akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Rencananya, Bawaslu pindah tahun 2029.
Lupakan Kontroversi Wasit, Timnas Indonesia Punya 3 PR yang Harus Diselesaikan Usai Dikalahkan Qatar di Piala Asia U-23

Lupakan Kontroversi Wasit, Timnas Indonesia Punya 3 PR yang Harus Diselesaikan Usai Dikalahkan Qatar di Piala Asia U-23

Selain faktor wasit yang dianggap merugikan, Timnas Indonesia punya tiga permasalahan yang harus diselesaikan usai kalah dari Qatar di Piala Asia U-23 2023.
Respon Israel Atas Serangan Rudal Iran: Kami Segera Koordinasikan dengan Amerika

Respon Israel Atas Serangan Rudal Iran: Kami Segera Koordinasikan dengan Amerika

Seorang pejabat Israel menyatakan Tel Aviv mungkin "segera" merespons serangan balasan yang dilakukan Iran akhir pekan lalu
Bawa-Bawa Kubu 03, Hotman Paris Meradang Kapasitasnya Diejek Rocky Gerung: Otak Saya Lebih Tajam, Kau Hanya Tahu Ilmu Filsafat

Bawa-Bawa Kubu 03, Hotman Paris Meradang Kapasitasnya Diejek Rocky Gerung: Otak Saya Lebih Tajam, Kau Hanya Tahu Ilmu Filsafat

Hotman Paris memberi balasan Rocky Gerung yang diduga telah menyinggung kompetensinya dengan menyebut isi otaknya tak lebih cemerlang dari cicin yang dipakainya
Trending
Suporter Thailand Ikut Komentari Kartu Merah Ivar Jenner di Laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar

Suporter Thailand Ikut Komentari Kartu Merah Ivar Jenner di Laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar

Suporter Thailand ikut berkomentar mengenai kartu merah yang diberikan wasit Nasrullo Kabirov kepada Ivar Jenner saat timnas Indonesia U-23 menghadapi Qatar.
Tak Cuma Nasrullo Kabirov, Wasit VAR asal Thailand Jadi Sorotan Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Qatar

Tak Cuma Nasrullo Kabirov, Wasit VAR asal Thailand Jadi Sorotan Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Qatar

Tak hanya Nasrullo Kabirov, wasit VAR asal Thailand juga menjadi sorotan netizen setelah timnas Indonesia U-23 dikalahkan Qatar 0-2 di Piala Asia U-23 2024.
Shin Tae-yong Tak Bisa Tahan Amarah Usai Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Qatar dan Wasit: Komedi Abad Ini

Shin Tae-yong Tak Bisa Tahan Amarah Usai Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Qatar dan Wasit: Komedi Abad Ini

Berkat kerja sama apik wasit Nasrullo Kabirov dan wasit VAR Sivakorn Pu-Udom, Qatar mampu mengalahkan Timnas Indonesia U-23 dengan skor 2-0, Senin (15/4/2024)
Asisten Shin Tae-yong Beberkan Ulah Kotor Qatar Sebelum Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan 0-2

Asisten Shin Tae-yong Beberkan Ulah Kotor Qatar Sebelum Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan 0-2

Sebelum menderita kekalahan 0-2 dari Qatar, timnas Indonesia U-23 nyatanya telah mencium keanehan sebelum laga. Hal ini dibeberkan oleh asisten Shin Tae-yong.
Justin Hubner dan Shayne Pattynama Ikut Heran dengan Tingkah Nasrullo Kabirov di Laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar

Justin Hubner dan Shayne Pattynama Ikut Heran dengan Tingkah Nasrullo Kabirov di Laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar

Justin Hubner dan Shayne Pattynama ikut mengomentari tingkah wasit Nasrullo Kabirov dalam pertandingan timnas Indonesia U-23 vs Qatar di Piala Asia U-23 2024.
Netizen Malaysia Soroti Wasit di Laga Qatar U-23 Vs Timnas Indonesia U-23, Singgung Soal Uang

Netizen Malaysia Soroti Wasit di Laga Qatar U-23 Vs Timnas Indonesia U-23, Singgung Soal Uang

Kepemimpinan wasit pada pertandingan perdana Grup A Piala Asia U-23 2024 antara Qatar U-23 menghadapi Timnas Indonesia U-23 di Stadion Jassim Bin Hamad, Senin (16/4/2024) jadi perhatian netizen Malaysia.
Reaksi Ivar Jenner Usai Dikartu Merah Wasit asal Tajikistan dalam Laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar

Reaksi Ivar Jenner Usai Dikartu Merah Wasit asal Tajikistan dalam Laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar

Ivar Jenner memberi respons atas keputusan wasit yang mengartu merahnya dalam pertandingan timnas Indonesia U-23 kontra Qatar U-23 di Piala Asia U-23 2024.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Siang
13:00 - 14:00
Damai Indonesiaku
14:00 - 14:30
Manusia Nusantara
14:30 - 15:00
Kabar Pasar Sore
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
Selengkapnya