Tutup Menu
LIVESTREAM
Penceramah Bersertifikat ala Kementerian Agama

Penceramah Bersertifikat ala Kementerian Agama

Kamis, 10 September 2020

Kementerian Agama menggulirkan program Penceramah Bersertifikat, sebuah rancangan sistem yang diklaim untuk mencetak pendakwah yang berwawasan kebangsaan, memahami konstitusi, dan menjunjung tinggi ideologi Pancasila. Rencana itu dibeberkan dalam Webinar Strategi Menangkal Radikalisme Pada Aparatur Sipil Negara, Rabu, 2 September 2020.


“Apa yang kami lakukan sekarang, Kementerian Agama, kami membuat program yang kami namakan ‘Penceramah Bersertifikat’. Akan kami mulai bulan ini. Tahap awal kami cetak lebih kurang 8.200 orang, semua agama, sukarela. Ada sedikit gesekan-gesekan tidak setuju, tidak masalah, kita lanjut terus,” ujar Fachrul di acara yang juga merupakan peluncuran aplikasi “ASN No Radikal” itu.


Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin menyatakan program yang akan segera diluncurkan ini merupakan sebuah pelatihan bagi para pendakwah untuk meningkatkan paham keagamaan yang moderat. Dengan kata lain mengantisipasi radikalisme. Menurutnya penceramah harus peka dengan dinamika sosial keagamaan yang berubah cepat melalui globalisasi.

Perkembangan teknologi informasi juga berdampak pada disrupsi kehidupan beragama. “Kita jangan tutup mata juga lah, kita tidak boleh lengah, kita tidak boleh menggaransi—menjamin  bahwa Indonesia ini aman-aman saja semuanya. Saya kira tidak realistis juga,” katanya Senin, 7 September 2020, di program Apa Kabar Indonesia Pagi.


Wacana Kemenag itu langsung menuai protes dari sejumlah organisasi, termasuk Majelis Ulama Indonesia, lembaga yang sedianya akan diajak kerjasama untuk menjalankan program Penceramah Bersertifikat itu. Wakil Ketua MUI, Muhyiddin Junaidi menyatakan tidak setuju dan menolak keras rencana tersebut. Sebab, berdasarkan perspektif Islam, adalah wajib bagi setiap muslim untuk menyampaikan ajaran Islam. 


“Menyampaikan ayat Allah adalah kewajiban setiap individu muslim, laki-laki atau perempuan, sesuai dengan hadits Nabi (Muhammad SAW),’Sampaikanlah pada umat manusia tentang ajaran Islam walau pun satu ayat,” ujar Muhyiddin. 

Bagi Wakil Ketua MUI itu Penceramah Bersertifikat bukanlah hal mendesak untuk dilakukan. Ia meminta Kemenag fokus dalam hal yang lebih mendesak, salah satunya antara lain sertifikasi halal. MUI juga mengaku mendapat data dan menemukan fakta adanya penolakan da’i tak bersertifikat ketika memberikan ceramah pada publik di beberapa provinsi. Namun Muhyiddin tidak menjelaskan lebih rinci mengenai peristiwa tersebut. 


Menteri Agama Fachrul Razi meminta sejumlah pihak untuk tenang dan tidak takut dengan program Penceramah Bersertifikat. Hal itu ia sampaikan di Kabar Petang, Selasa, 8 September 2020. Fachrul menegaskan bahwa program baru itu tidak akan membuat penceramah tanpa sertifikat tidak bisa lagi berdakwah.  Ia menjamin tidak akan ada pembubaran ceramah bagi da’i tak bersertifikat. Namun Fachrul menjelaskan bahwa negara menginginkan semua penceramah mempunyai wawasan yang lebih luas khususnya mengenai kebangsaan.

Nantinya Kemenag akan bekerja sama dengan sejumlah badan dan lembaga untuk menjalankan program itu, di antaranya Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, serta ormas keagamaan. (act)

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Jokowi Cek Obat Covid-19,  Epidemiolog UI: Itu Obat Keras, Petugas Bilang Ada Bisa Bermasalah

Jokowi Cek Obat Covid-19,  Epidemiolog UI: Itu Obat Keras, Petugas Bilang Ada Bisa Bermasalah

Pandu mengatakan paket obat yg disediakan pemerintah itu kontra-produktif & tidak mendidik rakyat agar hindari konsumsi obat keras.
Sabtu Pagi Harga Emas Jatuh 3,6 dolar AS

Sabtu Pagi Harga Emas Jatuh 3,6 dolar AS

Harga emas turun atau melemah pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu, 24 Juli 2021 pagi WIB).
Presiden Cari Obat Covid-19 di Apotek di Bogor, Hasilnya Nihil

Presiden Cari Obat Covid-19 di Apotek di Bogor, Hasilnya Nihil

Presiden kemudian langsung menelepon Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.
Filipina Diguncang Gempa Magnitudo 6,7

Filipina Diguncang Gempa Magnitudo 6,7

Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (United States Geological Survey/USGS) mengeluarkan informasi terjadinya gempa bumi magnitudo 6,7 di Filipina, Sabtu dini hari, pukul 03.48 WIB.
Ini Jadwal Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Ini Jadwal Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Sejumlah atlet Indonesia dari beberapa cabang olahraga akan memulai perjalanan tim Merah Putih dalam Olimpiade 2020 Tokyo, Sabtu.
Red Bull Alami Kerugian 26 miliar rupiah Akibatkan Tabrakan Max Verstappen vs Lewis Hamilton

Red Bull Alami Kerugian 26 miliar rupiah Akibatkan Tabrakan Max Verstappen vs Lewis Hamilton

Tabrakan antara mobil Max Verstappen dan Lewis Hamilton di Grand Prix Inggris telah mengakibatkan Red Bull mengalami kerugian sebesar 1,8 juta dolar AS.
Sejumlah Wilayah Indonesia Diprakirakan Alami Hujan Disertai Petir

Sejumlah Wilayah Indonesia Diprakirakan Alami Hujan Disertai Petir

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) memprakirakan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Pesona Nusantara
11:30 - 12:30
Kabar Siang
14:00 - 14:30
OnePrix
14:30 - 15:00
Football Vaganza
15:00 - 15:30
Buru Sergap
15:30 - 16:00
Ragam Perkara
Selengkapnya