Tutup Menu
LIVESTREAM
Satu Tahun Jokowi: Antara Cercaan & Penghargaan

Satu Tahun Jokowi: Antara Cercaan & Penghargaan

Kamis, 22 Oktober 2020

20 Oktober 2020, tepat setahun Joko Widodo dan Ma’ruf Amin memegang tampuk kekuasaan republik. Banyak catatan penting dan menarik untuk dibahas. Utamanya datang dari polemik sektor kesejahteraan rakyat (kesra). Sebut saja kebijakan penanganan pandemi COVID-19, perlambatan perekonomian hingga pertumbuhan utang, serta yang terakhir adalah demonstrasi berskala besar menentang UU Cipta Kerja.

 

Sejak terpilih menjadi presiden untuk periode kedua, harapan masyarakat terhadap Pemerintahan Jokowi sangat besar. Sayangnya, sejak dilantik pada Oktober 2019 lalu, kinerja ekonomi Indonesia justru kian terpuruk. Tren perlambatan ekonomi yang sudah terjadi sejak kuartal keempat tahun lalu ternyata justru semakin parah.



Pandemi COVID-19 yang terjadi di akhir kuartal pertama, bahkan memperburuk pertumbuhan ekonomi, hingga menyentuh angka -5,32 persen di kuartal selanjutnya. Walaupun pada kuartal ketiga terlihat membaik, Indonesia dipastikan masih belum keluar dari pertumbuhan ekonomi yang negatif hingga akhir tahun. Sebagian pakar memprediksi kinerja ini akan menjadi yang terburuk semenjak krisis ekonomi 1998 silam.
 

Seiring dengan melambatnya perekonomian, tingkat kepuasan terhadap Pemerintah juga tergerus. Di bulan Mei 2020, tingkat kepuasan sempat mencapai titik terendah. Namun seiring dengan membaiknya penanganan pandemi COVID-19 tingkat kepuasan berangsur meningkat, terutama pada masyarakat kelas menengah ke bawah. Namun demikian, Pemerintah masih optimistis Indonesia bisa segera pulih. Disahkannya UU Cipta Kerja diyakini bisa memperbaiki birokrasi dan menarik investasi asing secara masif.

 

Tahun pertama telah berlalu. Setidaknya masih ada empat tahun tersisa di masa kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf. Pemerhati politik Adi Prayitno mengatakan, sisa waktu yang tersisa harus menjadi pembuktian bagi Jokowi-Ma’ruf.

 

"Buktikan bahwa di tahun kedua, di tahun ketiga, investasi akan banyak masuk ke Indonesia. Di tahun kedua dan ketiga akan begitu banyak serapan tenaga kerja, akan begitu banyak anak-anak muda yang bisa mengakses pekerjaan sesuai janji awal. Tanpa itu semua Pak Jokowi tidak akan meninggalkan suatu legacy yang baik," tegasnya.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Ancaman tersebut berupa teror kekerasan hingga peretasan, pasca dirinya menyebut "Polisi se-Indonesia
Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Sebuah video amatir yang memperlihatkan aksi pemalakan yang dilakukan oleh AH alias Si Iblis atau Sibolis viral di media sosial.
Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

PT Jasamarga melaporkan sebuah truk kontainer sempat terguling di Tol Purbaleunyi ruas Plered KM 91 mengarah ke Jakarta, pada Sabtu (16/10) petang, dan sudah berhasil ditangani pada Minggu dini hari.
Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Sebanyak 77 orang karyawan perusahaan pinjaman online (pinjol), tiba di Mapolsek Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (16/10/2021) malam.
Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Cristiano Ronaldo benar-benar berada dalam suasana hati yang baik setelah membuat rekor gol internasional lagi untuk Portugal.
Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor  Pengendara Tergencet

Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor Pengendara Tergencet

Diduga sopir yang ugal-ugalan saat di jalur ramai, Bus Sugeng Rahayu jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak 3 motor dan juga satu bus lain di depannya.
Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengakui kemenangan yang diraih oleh Jonatan Christie (Jojo) telah membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka saat melakoni laga semifinal Piala Thomas.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
Saat Ini
Best World Boxing
11:00 - 11:30
Indonesia Plus
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesia
14:00 - 15:00
OnePrix
Selengkapnya