Tutup Menu
LIVESTREAM
Trump, You're Fired!

Trump, You're Fired!

Kamis, 12 November 2020

Sejumlah pemimpin negara di dunia memberikan selamat kepada Joe Biden yang telah memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat. Hubungan kerja sama yang baik juga dinantikan oleh pemimpin dunia atas kemenangannya.

 

Pasangan Capres-Cawapres Joe Biden dan Kamala Harris akhirnya berhasil memenangkan pertempuran politik yang alot di Amerika Serikat. Pasangan dari Partai Demokrat ini berhasil mengamankan 270 suara dari electoral college pada tanggal 8 November waktu setempat. Ia mengalahkan capres petahana dari Partai Republik, Donald Trump.

 

Dalam pidato kemenangannya, Biden mengatakan bahwa dirinya akan berusaha menyatukan Amerika Serikat yang saat ini tercabik oleh pandemi, perlambatan ekonomi, dan kekacauan sosial.

 

"Kini saatnya untuk mengesampingkan retorika kejam, menurunkan temperatur (politik), untuk kembali saling sapa, saling mendengar, membangun kemajuan, dan berhenti memperlakukan pesaing kita sebagai musuh," sebut Joe Biden dalam pidato kemenangannya. Ia kemudian kembali menegaskan, "Kita bukan musuh, kita sama-sama warga Amerika Serikat.

 

Namun demikian, Donald Trump menolak untuk menyerah dan mengancam untuk membawa hasil penghitungan suara ke meja pengadilan. Ia mengatakan bahwa hasil perhitungan tersebut diwarnai oleh kecurangan. Para pendukungnya pun menyuarakan hal serupa. Mereka turun ke jalan untuk mengecam hasil pemilu.

 

Analis Kebijakan Publik, Abdul Malik Gismar menjelaskan bahwa faktor utama yang membuat kemenangan berhasil diraih Joe Biden adalah justru karena kebijakan-kebijakan Trump dinilai keliru oleh mayoritas masyarakat AS. "Negara bagian yang pada tahun 2016 dijadikan merah (mendukung Trump dan Partai Republik), kali ini kembali menjadi biru (mendukung Partai Demokrat). Contohnya Pennsylvania, Minnesota, Wisconsin. Saya kira ini faktor Trump. Jadi ini bukan referendum terhadap Partai Republik tapi lebih mengenai Trump. Karena ternyata Partai Republican  di banyak negara bagian tetap bertahan," ujarnya kepada tvOne. Hal itu kemudian membuat calon anggota kongres dari Partai Republik tetap terpilih.

 

Lebih lanjut, Gismar mengatakan memang masih ada kemungkinan suara pilpres tersebut dihitung ulang sesuai permintaan Donald Trump jika pengadilan menganggap permintaan Trump tersebut memiliki dasar hukum yang kuat. Namun ia beranggapan kemungkinan ini sangat tipis karena banyaknya negara bagian yang perlu dihitung ulang oleh Trump jika ia ingin mengalahkan Biden.

 

Joe Biden menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat setelah mengalahkan Donald Trump. Sedangkan Kamala Harris juga menorehkan sejarah sebagai wakil presiden perempuan pertama dari keluarga keturunan Asia Selatan. Harris juga menjadi perempuan pertama yang berhasil menduduki tampuk kekuasaan paling utama dalam konstelasi politik Amerika Serikat.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Jokowi Cek Obat Covid-19,  Epidemiolog UI: Itu Obat Keras, Petugas Bilang Ada Bisa Bermasalah

Jokowi Cek Obat Covid-19,  Epidemiolog UI: Itu Obat Keras, Petugas Bilang Ada Bisa Bermasalah

Pandu mengatakan paket obat yg disediakan pemerintah itu kontra-produktif & tidak mendidik rakyat agar hindari konsumsi obat keras.
Presiden Cari Obat Covid-19 di Apotek di Bogor, Hasilnya Nihil

Presiden Cari Obat Covid-19 di Apotek di Bogor, Hasilnya Nihil

Presiden kemudian langsung menelepon Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.
Sabtu Pagi Harga Emas Jatuh 3,6 dolar AS

Sabtu Pagi Harga Emas Jatuh 3,6 dolar AS

Harga emas turun atau melemah pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu, 24 Juli 2021 pagi WIB).
Presiden Haiti yang Tewas Dibunuh Dimakamkan Setelah Dua Pekan

Presiden Haiti yang Tewas Dibunuh Dimakamkan Setelah Dua Pekan

Moise ditembak mati di rumahnya di Port-au-Prince pada Selasa (6/7). Pembunuhan Moise memicu krisis politik di negara miskin itu.
Filipina Diguncang Gempa Magnitudo 6,7

Filipina Diguncang Gempa Magnitudo 6,7

Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (United States Geological Survey/USGS) mengeluarkan informasi terjadinya gempa bumi magnitudo 6,7 di Filipina, Sabtu dini hari, pukul 03.48 WIB.
Ini Jadwal Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Ini Jadwal Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Sejumlah atlet Indonesia dari beberapa cabang olahraga akan memulai perjalanan tim Merah Putih dalam Olimpiade 2020 Tokyo, Sabtu.
Red Bull Alami Kerugian 26 miliar rupiah Akibatkan Tabrakan Max Verstappen vs Lewis Hamilton

Red Bull Alami Kerugian 26 miliar rupiah Akibatkan Tabrakan Max Verstappen vs Lewis Hamilton

Tabrakan antara mobil Max Verstappen dan Lewis Hamilton di Grand Prix Inggris telah mengakibatkan Red Bull mengalami kerugian sebesar 1,8 juta dolar AS.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Siang
14:00 - 14:30
OnePrix
14:30 - 15:00
Football Vaganza
15:00 - 15:30
Buru Sergap
15:30 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:30
Kabar Petang
Selengkapnya