Tutup Menu
LIVESTREAM
Trump, You're Fired!

Trump, You're Fired!

Kamis, 12 November 2020

Sejumlah pemimpin negara di dunia memberikan selamat kepada Joe Biden yang telah memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat. Hubungan kerja sama yang baik juga dinantikan oleh pemimpin dunia atas kemenangannya.

 

Pasangan Capres-Cawapres Joe Biden dan Kamala Harris akhirnya berhasil memenangkan pertempuran politik yang alot di Amerika Serikat. Pasangan dari Partai Demokrat ini berhasil mengamankan 270 suara dari electoral college pada tanggal 8 November waktu setempat. Ia mengalahkan capres petahana dari Partai Republik, Donald Trump.

 

Dalam pidato kemenangannya, Biden mengatakan bahwa dirinya akan berusaha menyatukan Amerika Serikat yang saat ini tercabik oleh pandemi, perlambatan ekonomi, dan kekacauan sosial.

 

"Kini saatnya untuk mengesampingkan retorika kejam, menurunkan temperatur (politik), untuk kembali saling sapa, saling mendengar, membangun kemajuan, dan berhenti memperlakukan pesaing kita sebagai musuh," sebut Joe Biden dalam pidato kemenangannya. Ia kemudian kembali menegaskan, "Kita bukan musuh, kita sama-sama warga Amerika Serikat.

 

Namun demikian, Donald Trump menolak untuk menyerah dan mengancam untuk membawa hasil penghitungan suara ke meja pengadilan. Ia mengatakan bahwa hasil perhitungan tersebut diwarnai oleh kecurangan. Para pendukungnya pun menyuarakan hal serupa. Mereka turun ke jalan untuk mengecam hasil pemilu.

 

Analis Kebijakan Publik, Abdul Malik Gismar menjelaskan bahwa faktor utama yang membuat kemenangan berhasil diraih Joe Biden adalah justru karena kebijakan-kebijakan Trump dinilai keliru oleh mayoritas masyarakat AS. "Negara bagian yang pada tahun 2016 dijadikan merah (mendukung Trump dan Partai Republik), kali ini kembali menjadi biru (mendukung Partai Demokrat). Contohnya Pennsylvania, Minnesota, Wisconsin. Saya kira ini faktor Trump. Jadi ini bukan referendum terhadap Partai Republik tapi lebih mengenai Trump. Karena ternyata Partai Republican  di banyak negara bagian tetap bertahan," ujarnya kepada tvOne. Hal itu kemudian membuat calon anggota kongres dari Partai Republik tetap terpilih.

 

Lebih lanjut, Gismar mengatakan memang masih ada kemungkinan suara pilpres tersebut dihitung ulang sesuai permintaan Donald Trump jika pengadilan menganggap permintaan Trump tersebut memiliki dasar hukum yang kuat. Namun ia beranggapan kemungkinan ini sangat tipis karena banyaknya negara bagian yang perlu dihitung ulang oleh Trump jika ia ingin mengalahkan Biden.

 

Joe Biden menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat setelah mengalahkan Donald Trump. Sedangkan Kamala Harris juga menorehkan sejarah sebagai wakil presiden perempuan pertama dari keluarga keturunan Asia Selatan. Harris juga menjadi perempuan pertama yang berhasil menduduki tampuk kekuasaan paling utama dalam konstelasi politik Amerika Serikat.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Ancaman tersebut berupa teror kekerasan hingga peretasan, pasca dirinya menyebut "Polisi se-Indonesia
Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Sebuah video amatir yang memperlihatkan aksi pemalakan yang dilakukan oleh AH alias Si Iblis atau Sibolis viral di media sosial.
Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

PT Jasamarga melaporkan sebuah truk kontainer sempat terguling di Tol Purbaleunyi ruas Plered KM 91 mengarah ke Jakarta, pada Sabtu (16/10) petang, dan sudah berhasil ditangani pada Minggu dini hari.
Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Sebanyak 77 orang karyawan perusahaan pinjaman online (pinjol), tiba di Mapolsek Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (16/10/2021) malam.
Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Cristiano Ronaldo benar-benar berada dalam suasana hati yang baik setelah membuat rekor gol internasional lagi untuk Portugal.
Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor  Pengendara Tergencet

Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor Pengendara Tergencet

Diduga sopir yang ugal-ugalan saat di jalur ramai, Bus Sugeng Rahayu jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak 3 motor dan juga satu bus lain di depannya.
Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengakui kemenangan yang diraih oleh Jonatan Christie (Jojo) telah membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka saat melakoni laga semifinal Piala Thomas.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
Saat Ini
Best World Boxing
11:00 - 11:30
Indonesia Plus
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesia
14:00 - 15:00
OnePrix
Selengkapnya