Tutup Menu
LIVESTREAM
Ada Edhy Di Balik Benur

Ada Edhy Di Balik Benur

Kamis, 26 November 2020

Orang nomor satu di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster atau benur. Ia diamankan oleh petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rabu (25/11) dini hari beserta istri dan sejumlah pejabat KKP lainnya di bandara Soekarno Hatta usai melakukan kunjungan dari Amerika Serikat.

 

Menurut keterangan yang diungkapkan oleh Ali Fikri selaku PLT juru bicara KPK, pihaknya mengamankan Menteri Kelautan dan Perikanan ini dalam rangka penyelidikan terkait tindak pidana korupsi. Edhy yang juga politikus senior Partai Gerindra ini langsung dibawa ke Gedung Merah Putih KPK dari bandar udara untuk menjalani pemeriksaan intensif. Tim satuan tugas yang mengamankan Menteri Edhy Prabowo beserta pejabat KKP dan keluarganya ini dipimpin oleh penyidik senior KPK, Novel Baswedan.


Dalam konferensi pers Kamis (26/11), Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan, tangkap tangan yang dilakukan pihaknya terkait dengan penerimaan hadiah atau janji yang dilakukan oleh penyelenggara negara. Ia juga mengungkapkan telah mengamankan 17 orang dan menetapkan tujuh orang diantaranya sebagai tersangka. Namun Nawawi menegaskan tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah seiring jalannya proses penyidikan dan pengumpulan alat bukti.


"KPK menerima informasi adanya dugaan penerimaan uang oleh penyelenggara negara pada tanggal 21 November 2020 sampai dengan 23 November 2020. KPK kembali menerima informasi adanya transaksi pada rekening bank yang diduga sebagai penampung dana beberapa pihak bagi kepentingan penyelenggara negara untuk pembelian sejumlah barang diluar wilayah Indonesia," sebut Nawawi saat membacakan kronologis Operasi Tangkap Tangan (OTT).


Edhy diduga menerima suap senilai Rp3,4 miliar US$100 ribu. Diketahui uang tersebut digunakan oleh Edhy Prabowo beserta istri di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat untuk membeli barang-barang mewah senilai Rp750 juta.


Secara terpisah, anggota DPR RI komisi IV dari fraksi Partai Nasdem, Charles Meikyansah mengatakan bahwa pihaknya selaku mitra kerja dari KKP sudah menyampaikan kekhawatirannya terkait ekspor benih lobster. "Pada prinsipnya Komisi IV saat itu memberikan garis tegas bahwa kalaupun ekspor ini dilakukan oleh KKP maka kami meminta ekspor ini dilakukan dengan sangat hati-hati. Jangan sampai merusak lobster itu sendiri dan kemudian harus dilakukan dengan sangat transparan, siapa pemainnya dan aturan-aturan yang mengikat yang juga harus disampaikan ke publik," ujarnya.


Ia mengakui bahwa anggota dewan di Komisi IV merasa resah akibat adanya tudingan dari masyarakat bahwa bisnis ekspor benur ini melibatkan beberapa orang terdekat dari Menteri Edhy Prabowo. Namun saat itu Edhy menjawab bahwa bisnis ekspor ini terbuka bagi siapa saja yang ingin berusaha di bidang ekspor benur.


Sebelumnya dikabarkan bahwa Menteri KKP Edhy Prabowo melakukan lawatan ke Amerika Serikat untuk menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan sebuah universitas di Hawaii. Kerja sama itu bertujuan untuk transfer teknologi dan ilmu pengetahuan khususnya di sektor produksi induk udang unggul.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Ancaman tersebut berupa teror kekerasan hingga peretasan, pasca dirinya menyebut "Polisi se-Indonesia
Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Sebuah video amatir yang memperlihatkan aksi pemalakan yang dilakukan oleh AH alias Si Iblis atau Sibolis viral di media sosial.
Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Sebanyak 77 orang karyawan perusahaan pinjaman online (pinjol), tiba di Mapolsek Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (16/10/2021) malam.
Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

PT Jasamarga melaporkan sebuah truk kontainer sempat terguling di Tol Purbaleunyi ruas Plered KM 91 mengarah ke Jakarta, pada Sabtu (16/10) petang, dan sudah berhasil ditangani pada Minggu dini hari.
Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Cristiano Ronaldo benar-benar berada dalam suasana hati yang baik setelah membuat rekor gol internasional lagi untuk Portugal.
Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor  Pengendara Tergencet

Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor Pengendara Tergencet

Diduga sopir yang ugal-ugalan saat di jalur ramai, Bus Sugeng Rahayu jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak 3 motor dan juga satu bus lain di depannya.
Ini Cerita Salah Satu Korban Selamat Susur Sungai Maut di Ciamis

Ini Cerita Salah Satu Korban Selamat Susur Sungai Maut di Ciamis

Seorang korban selamat dalam musibah tenggelamnya 11 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTS) Harapan Baru Kabupaten Ciamis menceritakan peristiwa awal sebelum terjadinya musibah.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
Saat Ini
Best World Boxing
11:00 - 11:30
Indonesia Plus
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesia
14:00 - 15:00
OnePrix
Selengkapnya