Tutup Menu
LIVESTREAM
Teror Berdarah di Sigi

Teror Berdarah di Sigi

Kamis, 3 Desember 2020

Kelompok teroris MIT (Mujahidin Indonesia Timur) kembali menebar teror. Kelompok pimpinan Ali Kalora ini membunuh satu keluarga di Sigi, Sulawesi Tengah. Selain membunuh keempat anggota keluarga ini secara sadis, mereka juga membakar sejumlah rumah.

 

Salah seorang saksi menceritakan bahwa dirinya sedang menyantap makan pagi bersama suaminya pada Jumat (27/11). Kemudian sejumlah orang bersenjata mendatangi salah satu rumah di lingkungan tersebut dan membantai keluarga yang tinggal di dalamnya. Pelaku juga merusak dan membakar rumah korban.

 

Pasca kejadian tragis tersebut, Presiden Joko Widodo mengutuk keras aksi terorisme yang dilakukan MIT. Presiden menegaskan tidak boleh ada teroris di Indonesia. Ia juga telah menugaskan Panglima TNI dan Kapolri untuk meningkatkan kewaspadaan serta membongkar jaringan teroris tersebut di Indonesia. "Tindakan yang biadab itu jelas untuk menciptakan provokasi dan teror di tengah-tengah masyarakat, yang ingin merusak persatuan dan kerukunan di antara warga bangsa," ujarnya belum lama ini. 

 

Secara terpisah, Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan bahwa pihaknya telah memerintahkan Satgas Operasi Tinombala untuk melakukan pengejaran dan pengepungan terhadap para pelaku yang terafiliasi dengan ISIS ini. Polisi menduga kelompok ini berjumlah sepuluh orang dan bersenjatakan senapan laras panjang serta pistol. Identitas pelaku terbongkar setelah kepolisian menunjukkan foto DPO teroris MIT kepada sejumlah saksi untuk mencocokkan identitas. Siapa sebenarnya Ali Kalora dan mengapa komplotan MIT ini masih terus beroperasi?

 

Wawan Purwanto selaku Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) mengungkapkan bahwa kekuatan MIT makin mengecil pasca tewasnya Santoso dalam kontak senjata 2016 silam. Santoso yang awalnya merupakan tokoh pimpinan dari MIT kemudian digantikan oleh Ali Kalora. "Mereka melakukan rekrutmen-rekrutmen baru dan itu sebabnya mereka masih dalam tahap pengejaran. Memang situasinya mereka terus bersembunyi dari gunung ke gunung," sebutnya saat diwawancarai tvOne.

 

Kelompok Mujahidin Indonesia Timur ini disebut terpecah ke dalam dua kelompok dan salah satu kelompok bertugas untuk sesekali turun ke permukiman warga untuk mencari makanan dan logistik. Mereka juga tak segan melakukan kekerasan dalam aksinya tersebut. 
"Kebetulan satu keluarga ini punya rumah peribadatan, tapi bukan gereja, kemudian dia (MIT) menyerang, dibakar, kemudian dibunuh. Tadinya disandera kemudian ada salah satu anaknya yang lari dan melapor ke penduduk. Kemudian aparat turun ke lokasi tapi posisi keluarga itu sudah dalam keadaan terbunuh," ujar Wawan menambahkan.

 

Analis terorisme, Al Chaidar menjelaskan bahwa kelompok MIT melakukan hal tersebut untuk menunjukkan eksistensi mereka dan afiliasi mereka kepada ISIS. Ia juga mengatakan bahwa dukungan terhadap MIT ini cukup besar baik dari jaringan ISIS di Indonesia, Filipina, maupun Uighur. "Selain itu memang mereka melakukan teror karena motif teologis mereka sangat kuat, karena mereka alirannya adalah takfiri. Mereka menganggap bahwa orang-orang kafir itu sebagai sasaran," ujarnya.

 

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Ancaman tersebut berupa teror kekerasan hingga peretasan, pasca dirinya menyebut "Polisi se-Indonesia
Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Sebuah video amatir yang memperlihatkan aksi pemalakan yang dilakukan oleh AH alias Si Iblis atau Sibolis viral di media sosial.
Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

PT Jasamarga melaporkan sebuah truk kontainer sempat terguling di Tol Purbaleunyi ruas Plered KM 91 mengarah ke Jakarta, pada Sabtu (16/10) petang, dan sudah berhasil ditangani pada Minggu dini hari.
Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Sebanyak 77 orang karyawan perusahaan pinjaman online (pinjol), tiba di Mapolsek Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (16/10/2021) malam.
Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Cristiano Ronaldo benar-benar berada dalam suasana hati yang baik setelah membuat rekor gol internasional lagi untuk Portugal.
Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor  Pengendara Tergencet

Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor Pengendara Tergencet

Diduga sopir yang ugal-ugalan saat di jalur ramai, Bus Sugeng Rahayu jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak 3 motor dan juga satu bus lain di depannya.
Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengakui kemenangan yang diraih oleh Jonatan Christie (Jojo) telah membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka saat melakoni laga semifinal Piala Thomas.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
Saat Ini
Indonesia Plus
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesia
14:00 - 15:00
OnePrix
15:00 - 15:30
Football Vaganza
Selengkapnya