Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya
Teror Berdarah di Sigi

Teror Berdarah di Sigi

Kamis, 3 Desember 2020

Kelompok teroris MIT (Mujahidin Indonesia Timur) kembali menebar teror. Kelompok pimpinan Ali Kalora ini membunuh satu keluarga di Sigi, Sulawesi Tengah. Selain membunuh keempat anggota keluarga ini secara sadis, mereka juga membakar sejumlah rumah.

 

Salah seorang saksi menceritakan bahwa dirinya sedang menyantap makan pagi bersama suaminya pada Jumat (27/11). Kemudian sejumlah orang bersenjata mendatangi salah satu rumah di lingkungan tersebut dan membantai keluarga yang tinggal di dalamnya. Pelaku juga merusak dan membakar rumah korban.

 

Pasca kejadian tragis tersebut, Presiden Joko Widodo mengutuk keras aksi terorisme yang dilakukan MIT. Presiden menegaskan tidak boleh ada teroris di Indonesia. Ia juga telah menugaskan Panglima TNI dan Kapolri untuk meningkatkan kewaspadaan serta membongkar jaringan teroris tersebut di Indonesia. "Tindakan yang biadab itu jelas untuk menciptakan provokasi dan teror di tengah-tengah masyarakat, yang ingin merusak persatuan dan kerukunan di antara warga bangsa," ujarnya belum lama ini. 

 

Secara terpisah, Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan bahwa pihaknya telah memerintahkan Satgas Operasi Tinombala untuk melakukan pengejaran dan pengepungan terhadap para pelaku yang terafiliasi dengan ISIS ini. Polisi menduga kelompok ini berjumlah sepuluh orang dan bersenjatakan senapan laras panjang serta pistol. Identitas pelaku terbongkar setelah kepolisian menunjukkan foto DPO teroris MIT kepada sejumlah saksi untuk mencocokkan identitas. Siapa sebenarnya Ali Kalora dan mengapa komplotan MIT ini masih terus beroperasi?

 

Wawan Purwanto selaku Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) mengungkapkan bahwa kekuatan MIT makin mengecil pasca tewasnya Santoso dalam kontak senjata 2016 silam. Santoso yang awalnya merupakan tokoh pimpinan dari MIT kemudian digantikan oleh Ali Kalora. "Mereka melakukan rekrutmen-rekrutmen baru dan itu sebabnya mereka masih dalam tahap pengejaran. Memang situasinya mereka terus bersembunyi dari gunung ke gunung," sebutnya saat diwawancarai tvOne.

 

Kelompok Mujahidin Indonesia Timur ini disebut terpecah ke dalam dua kelompok dan salah satu kelompok bertugas untuk sesekali turun ke permukiman warga untuk mencari makanan dan logistik. Mereka juga tak segan melakukan kekerasan dalam aksinya tersebut. 
"Kebetulan satu keluarga ini punya rumah peribadatan, tapi bukan gereja, kemudian dia (MIT) menyerang, dibakar, kemudian dibunuh. Tadinya disandera kemudian ada salah satu anaknya yang lari dan melapor ke penduduk. Kemudian aparat turun ke lokasi tapi posisi keluarga itu sudah dalam keadaan terbunuh," ujar Wawan menambahkan.

 

Analis terorisme, Al Chaidar menjelaskan bahwa kelompok MIT melakukan hal tersebut untuk menunjukkan eksistensi mereka dan afiliasi mereka kepada ISIS. Ia juga mengatakan bahwa dukungan terhadap MIT ini cukup besar baik dari jaringan ISIS di Indonesia, Filipina, maupun Uighur. "Selain itu memang mereka melakukan teror karena motif teologis mereka sangat kuat, karena mereka alirannya adalah takfiri. Mereka menganggap bahwa orang-orang kafir itu sebagai sasaran," ujarnya.

 

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Dituding Menganiaya Karyawan Restoran Mai Cenggo, Benny K Harman Ungkap Kronologis

Dituding Menganiaya Karyawan Restoran Mai Cenggo, Benny K Harman Ungkap Kronologis

Anggota Komisi III Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman dituding menganiaya karyawan restoran Mai Cenggo di Labuan Bajo, NTT. Video penganiayaannya itu viral
Pembelaan Wasekjen Demokrat saat Benny K Harman Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran

Pembelaan Wasekjen Demokrat saat Benny K Harman Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran

Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon membela anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman yang dituduh menganiaya karyawan restoran Mai Cenggo di Labuan Bajo
Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran, Benny K Harman Akui Dorong Muka

Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran, Benny K Harman Akui Dorong Muka

Benny membantah menganiaya karyawan restoran seperti yang dituduhkan, tetapi dia mengakui telah mendorong muka karyawan resto Mai Cenggo, Labuan Bajo, NTT.
Gery Mengaku Dapat Sabu Sejak Bulan Maret Dari Seseorang Inisial P

Gery Mengaku Dapat Sabu Sejak Bulan Maret Dari Seseorang Inisial P

Beberapa hari menjalani pemeriksaan berkala, sejak ditangkap pada Senin 23 Mei lalu, Gery Iskak kembali menjalani pemeriksaan hari ini, Kamis (26/05/22). Gery dan 4 temannya diperiksa di Ditresnarkoba Polda Jabar, ada beberapa kemajuan dalam kasus narkoba yang menjerat artis senior ini.
UMKM Harus Bisa Memanfaatkan Sistem Daring untuk Pasarkan Produknya

UMKM Harus Bisa Memanfaatkan Sistem Daring untuk Pasarkan Produknya

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukabumi mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan sistem daring untuk promosikan dan pasarkan produknya.
NIck Kuipers Berharap Pemain Anyar Persib Bandung Bisa Tingkatkan Kualitas Tim

NIck Kuipers Berharap Pemain Anyar Persib Bandung Bisa Tingkatkan Kualitas Tim

Nick Kuipers bek andalan Persib Bandung menaruh harapan besar terhadap pemain anyar yang didatangkan timnya untuk menyongsong Liga 1 Indonesia musim 2022/23.
Seorang Pemuda yang Hanyut di Sungai Batanghari Ditemukan Meninggal Dunia

Seorang Pemuda yang Hanyut di Sungai Batanghari Ditemukan Meninggal Dunia

Setelah dilakukan pencarian hingga malam hari, seorang pemuda bernama Dani Nurdiansyah (23) warga RT 04 Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari, Jambi yang hanyut di Sungai Batanghari ditemukan mengapung dan meninggal dunia tidak jauh dari lokasi kejadian.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
03:00 - 03:30
Kabar Utama
03:30 - 04:00
Sidik Jari
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
06:00 - 06:30
Kabar Arena Pagi
Selengkapnya