Tutup Menu
LIVESTREAM
Mensos Terjerat Korupsi

Mensos Terjerat Korupsi

Kamis, 10 Desember 2020

Hanya dalam kurun waktu beberapa hari, dua orang menteri dari Kabinet Indonesia Maju ditangkap atas dugaan tindak pidana korupsi. Nama terbaru yang menyeruak adalah Juliari Peter Batubara, Menteri Sosial Republik Indonesia. Juliari ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada Sabtu (5/12).


Menteri yang juga politisi PDI Perjuangan ini dijerat KPK dalam kasus korupsi dana bantuan sosial (bansos) COVID-19. Ia diduga mengantongi Rp17 miliar setelah memotong Rp10 ribu dari setiap paket sembako yang harusnya diterima masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 di wilayah Jabodetabek. Hal ini tentu mengikis kepercayaan publik terhadap Pemerintahan Joko Widodo terutama dalam hal penanganan COVID-19.


Wakil Ketua KPK Nurul Gufron saat berbicara dalam program Indonesia Lawyers Club mengungkapkan bahwa pihaknya telah menangkap sinyal-sinyal mencurigakan di tubuh Kemensos saat penyaluran bansos COVID-19 tahap kedua. "Perubahan yang terjadi, misalnya kami minta transparansi siapa saja yang ditunjuk (untuk pengadaan bansos), mana ketentuannya, dan bagaimana pemenuhan perusahaan-perusahaan itu berdasarkan peraturan Kemensos. Di gelombang pertama terbuka, tapi di gelombang kedua mulai ada yang ditutup-tutupi," kata Nurul Gufron.


Sementara itu, anggota DPR RI yang juga politisi senior Gerindra Fadli Zon menyayangkan kejadian ini. Fadli Zon menegaskan bahwa Kementerian Sosial bersama dengan Kementerian Kesehatan seharusnya menjadi pemangku kebijakan terpenting dalam menanggulangi dampak COVID-19.
"Dengan terjeratnya Menteri Sosial dalam korupsi dana bantuan sosial, saya kira ini adalah titik 'kesempurnaan' dari carut marut penanganan pandemi COVID-19. Jadi ini mungkin titik kulminasinya. Karena memang sejak awal sudah ada ‘opportunity’," sebutnya. Fadli lalu mengutip pepatah dalam bahasa Inggris 'opportunity makes a thief' atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia bermakna adanya kesempatan bisa membuat orang menjadi maling.


Lalu usai Juliari menyerahkan diri pada KPK (6/12) Presiden Joko Widodo mengatakan kepada para jajarannya untuk berhati-hati dalam menggunakan anggaran negara baik itu APBN maupun APBD. Presiden Jokowi juga menegaskan akan menghormati proses hukum yang sedang berjalan di KPK.
"Perlu juga saya sampaikan bahwa saya sudah ingatkan sejak awal kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju, jangan korupsi. Sejak awal. Dan juga terus-menerus saya ingatkan untuk menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi," ujarnya.


Jokowi juga menegaskan bahwa ia tidak akan melindungi pejabat negara yang terlibat korupsi dan mengungkapkan kepercayaan dirinya terhadap KPK yang melaksanakan proses hukum secara transparan dan profesional.
Mantan Wali Kota Solo ini juga menegaskan Pemerintah secara konsisten akan terus mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia. Dalam kesempatan terpisah, pihak Kementerian Sosial juga menyatakan komitmennya secara tegas untuk membuka akses bagi upaya pemberantasan korupsi di tubuh Kemensos.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Ancaman tersebut berupa teror kekerasan hingga peretasan, pasca dirinya menyebut "Polisi se-Indonesia
Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Sebuah video amatir yang memperlihatkan aksi pemalakan yang dilakukan oleh AH alias Si Iblis atau Sibolis viral di media sosial.
Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

PT Jasamarga melaporkan sebuah truk kontainer sempat terguling di Tol Purbaleunyi ruas Plered KM 91 mengarah ke Jakarta, pada Sabtu (16/10) petang, dan sudah berhasil ditangani pada Minggu dini hari.
Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Sebanyak 77 orang karyawan perusahaan pinjaman online (pinjol), tiba di Mapolsek Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (16/10/2021) malam.
Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Cristiano Ronaldo benar-benar berada dalam suasana hati yang baik setelah membuat rekor gol internasional lagi untuk Portugal.
Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor  Pengendara Tergencet

Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor Pengendara Tergencet

Diduga sopir yang ugal-ugalan saat di jalur ramai, Bus Sugeng Rahayu jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak 3 motor dan juga satu bus lain di depannya.
Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengakui kemenangan yang diraih oleh Jonatan Christie (Jojo) telah membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka saat melakoni laga semifinal Piala Thomas.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
Saat Ini
Indonesia Plus
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesia
14:00 - 15:00
OnePrix
15:00 - 15:30
Football Vaganza
Selengkapnya