Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya
Mensos Terjerat Korupsi

Mensos Terjerat Korupsi

Kamis, 10 Desember 2020

Hanya dalam kurun waktu beberapa hari, dua orang menteri dari Kabinet Indonesia Maju ditangkap atas dugaan tindak pidana korupsi. Nama terbaru yang menyeruak adalah Juliari Peter Batubara, Menteri Sosial Republik Indonesia. Juliari ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada Sabtu (5/12).


Menteri yang juga politisi PDI Perjuangan ini dijerat KPK dalam kasus korupsi dana bantuan sosial (bansos) COVID-19. Ia diduga mengantongi Rp17 miliar setelah memotong Rp10 ribu dari setiap paket sembako yang harusnya diterima masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 di wilayah Jabodetabek. Hal ini tentu mengikis kepercayaan publik terhadap Pemerintahan Joko Widodo terutama dalam hal penanganan COVID-19.


Wakil Ketua KPK Nurul Gufron saat berbicara dalam program Indonesia Lawyers Club mengungkapkan bahwa pihaknya telah menangkap sinyal-sinyal mencurigakan di tubuh Kemensos saat penyaluran bansos COVID-19 tahap kedua. "Perubahan yang terjadi, misalnya kami minta transparansi siapa saja yang ditunjuk (untuk pengadaan bansos), mana ketentuannya, dan bagaimana pemenuhan perusahaan-perusahaan itu berdasarkan peraturan Kemensos. Di gelombang pertama terbuka, tapi di gelombang kedua mulai ada yang ditutup-tutupi," kata Nurul Gufron.


Sementara itu, anggota DPR RI yang juga politisi senior Gerindra Fadli Zon menyayangkan kejadian ini. Fadli Zon menegaskan bahwa Kementerian Sosial bersama dengan Kementerian Kesehatan seharusnya menjadi pemangku kebijakan terpenting dalam menanggulangi dampak COVID-19.
"Dengan terjeratnya Menteri Sosial dalam korupsi dana bantuan sosial, saya kira ini adalah titik 'kesempurnaan' dari carut marut penanganan pandemi COVID-19. Jadi ini mungkin titik kulminasinya. Karena memang sejak awal sudah ada ‘opportunity’," sebutnya. Fadli lalu mengutip pepatah dalam bahasa Inggris 'opportunity makes a thief' atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia bermakna adanya kesempatan bisa membuat orang menjadi maling.


Lalu usai Juliari menyerahkan diri pada KPK (6/12) Presiden Joko Widodo mengatakan kepada para jajarannya untuk berhati-hati dalam menggunakan anggaran negara baik itu APBN maupun APBD. Presiden Jokowi juga menegaskan akan menghormati proses hukum yang sedang berjalan di KPK.
"Perlu juga saya sampaikan bahwa saya sudah ingatkan sejak awal kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju, jangan korupsi. Sejak awal. Dan juga terus-menerus saya ingatkan untuk menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi," ujarnya.


Jokowi juga menegaskan bahwa ia tidak akan melindungi pejabat negara yang terlibat korupsi dan mengungkapkan kepercayaan dirinya terhadap KPK yang melaksanakan proses hukum secara transparan dan profesional.
Mantan Wali Kota Solo ini juga menegaskan Pemerintah secara konsisten akan terus mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia. Dalam kesempatan terpisah, pihak Kementerian Sosial juga menyatakan komitmennya secara tegas untuk membuka akses bagi upaya pemberantasan korupsi di tubuh Kemensos.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Dituding Menganiaya Karyawan Restoran Mai Cenggo, Benny K Harman Ungkap Kronologis

Dituding Menganiaya Karyawan Restoran Mai Cenggo, Benny K Harman Ungkap Kronologis

Anggota Komisi III Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman dituding menganiaya karyawan restoran Mai Cenggo di Labuan Bajo, NTT. Video penganiayaannya itu viral
Pembelaan Wasekjen Demokrat saat Benny K Harman Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran

Pembelaan Wasekjen Demokrat saat Benny K Harman Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran

Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon membela anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman yang dituduh menganiaya karyawan restoran Mai Cenggo di Labuan Bajo
Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran, Benny K Harman Akui Dorong Muka

Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran, Benny K Harman Akui Dorong Muka

Benny membantah menganiaya karyawan restoran seperti yang dituduhkan, tetapi dia mengakui telah mendorong muka karyawan resto Mai Cenggo, Labuan Bajo, NTT.
Gery Mengaku Dapat Sabu Sejak Bulan Maret Dari Seseorang Inisial P

Gery Mengaku Dapat Sabu Sejak Bulan Maret Dari Seseorang Inisial P

Beberapa hari menjalani pemeriksaan berkala, sejak ditangkap pada Senin 23 Mei lalu, Gery Iskak kembali menjalani pemeriksaan hari ini, Kamis (26/05/22). Gery dan 4 temannya diperiksa di Ditresnarkoba Polda Jabar, ada beberapa kemajuan dalam kasus narkoba yang menjerat artis senior ini.
UMKM Harus Bisa Memanfaatkan Sistem Daring untuk Pasarkan Produknya

UMKM Harus Bisa Memanfaatkan Sistem Daring untuk Pasarkan Produknya

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukabumi mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan sistem daring untuk promosikan dan pasarkan produknya.
NIck Kuipers Berharap Pemain Anyar Persib Bandung Bisa Tingkatkan Kualitas Tim

NIck Kuipers Berharap Pemain Anyar Persib Bandung Bisa Tingkatkan Kualitas Tim

Nick Kuipers bek andalan Persib Bandung menaruh harapan besar terhadap pemain anyar yang didatangkan timnya untuk menyongsong Liga 1 Indonesia musim 2022/23.
Profil Idayati, Adik Jokowi yang Menikah di Usia 56 Tahun dengan Ketua MK

Profil Idayati, Adik Jokowi yang Menikah di Usia 56 Tahun dengan Ketua MK

Sebelumnya Idayati mempunyai suami bernama Hari Mulyono. Namun suaminya meninggal dunia akibat stroke pada 2018 lalu dan menghembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
03:00 - 03:30
Kabar Utama
03:30 - 04:00
Sidik Jari
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
06:00 - 06:30
Kabar Arena Pagi
Selengkapnya