Tutup Menu
LIVESTREAM
Indonesia Dirundung Bencana

Indonesia Dirundung Bencana

Kamis, 21 Januari 2021

Belum genap purnama pertama di tahun 2021, tetapi hingga pekan ketiga ini setidaknya sudah ada empat bencana alam yang menghantam bumi pertiwi. Rentetan tersebut dimulai dengan longsor di Sumedang, gempa tektonik di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat, banjir yang merata di provinsi Kalimantan Selatan, hingga banjir bandang di kawasan wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

Dalam bencana longsor pada Sabtu (9/1), setidaknya ada 36 orang yang meninggal dunia karena tertimbun tanah dan beberapa lainnya dinyatakan hilang. Kurang dari sepekan berselang, bencana banjir melanda provinsi Kalimantan Selatan. Banjir tersebut disebabkan curah hujan yang tak kunjung reda dalam 10 hari terakhir. Akibatnya, ribuan rumah terendam karena ketinggian air mencapai dua meter. Bahkan, banjir sampai memutus jalan nasional Trans-Kalimantan di dua lokasi berbeda.

 

Belum selesai kisah tragis dari tanah Kalimantan, menyusul kemudian wilayah Majene, Provinsi Sulawesi Barat diguncang gempa magnitudo 5,9 pada Kamis (14/1) pukul 14.35 WITA. Tak sampai sehari, tepatnya pada Jumat (15/1)  pukul 02.30 WITA, gempa susulan dengan getaran lebih kuat dengan magnitudo 6,2.

 

Jikalau dijumlah, terdapat ratusan korban jiwa dan ratusan ribu pengungsi hingga hari ini dengan kerugian materiil yang belum terhitung jumlahnya. Belum lagi kerugian non-materiil yang terlalu mahal untuk dibayar.

 

Itu belum semua. Beberapa kejadian lain seperti tingginya air laut di Manado dan erupsi gunung Semeru juga akan menjadi bencana jika tidak diantisipasi dan ditangani dengan benar. Semua peristiwa ini kian pelik karena terjadi di masa pandemi.

 

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahkan mengungkapkan pihaknya telah memprediksi peningkatan bencana di tahun ini sejak 2020 silam. 

 

"Sejak bulan Oktober maupun September, kita telah mengadakan beberapa kali pertemuan bahwa bencana hidrometeorologi, gempa bumi, dan tsunami kemungkinannya akan meningkat. Saat ini dibuktikan dengan adanya beberapa kejadian di Sumedang, Kalsel, Manado, dan Jember," ujar Guswanto. 

 

Secara terpisah, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati juga menegaskan kepada semua pihak untuk tetap mewaspadai potensi bencana alam di seluruh Indonesia hingga Februari dan Maret. Ia juga meminta kepada pemerintah-pemerintah daerah untuk segera menutup lokasi yang diperkirakan akan terjadi cuaca ekstrem untuk mencegah korban jiwa.

 

Memang, posisi Indonesia yang berada di wilayah ring of fire, lokasi tumbukan tiga lempeng benua, dan curah hujan yang tinggi menjadikan wilayah kepulauan Indonesia rentan terhadap bencana alam. Dengan pemahaman tersebut, sebagai bangsa besar yang mengaku memiliki kedekatan dengan alam, sudah selayaknya masyarakat dan pemangku kebijakan memiliki kebijaksanaan dalam pengelolaan alam seperti reklamasi, pertambangan, maupun perkebunan. Hal ini untuk mengurangi dampak kerusakan dan kemungkinan bencana alam maupun bencana yang diakibatkan oleh manusia sendiri.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
200 Simpatisan Habib Rizieq Ditangkap Polisi

200 Simpatisan Habib Rizieq Ditangkap Polisi

Pihak kepolisian menangkap 200 orang yang diduga sebagai simpatisan Rizieq Shihab saat menuju ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur.
Polisi Tangkap Simpatisan Habib Rizieq yang Bawa Senjata Tajam

Polisi Tangkap Simpatisan Habib Rizieq yang Bawa Senjata Tajam

Polrestro Jakarta Timur menangkap massa simpatisan Habib Rizieq Shihab yang di antaranya kedapatan membawa senjata tajam saat hendak menuju ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur. "Periksa itu, periksa," perintah Wakapolrestro Jakarta Timur AKBP Ahmad Fanani di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (24 Juni 2021).
Tak Bisa Dekati PN Jaktim, Massa Pendukung Rizieq Bentrok dengan Aparat

Tak Bisa Dekati PN Jaktim, Massa Pendukung Rizieq Bentrok dengan Aparat

Petugas terlihat menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa yang memaksa menuju Pengadilan. Sementara di jalan terlihat batu-batu berserakan.
Tolong! Puluhan Pasien Covid-19 Menumpuk di Lorong RSUD Cengkareng Hingga Pagi Ini

Tolong! Puluhan Pasien Covid-19 Menumpuk di Lorong RSUD Cengkareng Hingga Pagi Ini

Setidaknya ada 15—20 pasien yang masih mengantre di luar ruang IGD RSUD Cengkareng hingga pagi ini. Meski tak bisa masuk, tetapi para pasien tersebut tetap mendapatkan perawatan dari pihak RS.
Dua Gol C. Ronaldo Bawa Portugal Lolos Sebagai Peringkat Ketiga Terbaik

Dua Gol C. Ronaldo Bawa Portugal Lolos Sebagai Peringkat Ketiga Terbaik

Tim nasional Portugal lolos ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik selepas bermain imbang 2-2 melawan Prancis dalam laga pemungkas Grup F.
Kasus Covid-19 Melonjak, Stok Oksigen Menipis

Kasus Covid-19 Melonjak, Stok Oksigen Menipis

Melonjaknya kasus Covid-19 membuat ketersediaan tabung oksigen di sejumlah agen di Sleman, Yogyakarta menipis.
Habib Rizieq Divonis Empat Tahun Penjara untuk Kasus Swab RS Ummi Bogor

Habib Rizieq Divonis Empat Tahun Penjara untuk Kasus Swab RS Ummi Bogor

Vonis hakim ini lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menginginkan hukuman enam tahun penjara atas kasus tes usap RS Ummi Bogor.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Dua Sisi
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Cover Story One
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
Selengkapnya