Tutup Menu
LIVESTREAM
Indonesia Dikepung Banjir

Indonesia Dikepung Banjir

Kamis, 11 Februari 2021

Banjir kembali mengepung Indonesia. Sesuai prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan dengan curah hujan yang tinggi membuat sebagian wilayah terendam banjir. Belum lama ini BMKG mengingatkan potensi cuaca ekstrem pada puncak musim hujan yang terjadi pada bulan Januari dan Februari.


Bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang serta tanah longsor terjadi di beberapa daerah. Dampak cuaca ini mulai dirasakan masyarakat di DKI Jakarta, Bekasi, Karawang, Kabupaten Bandung, Majalengka, Semarang, Kendal, hingga Jombang.


Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan peringatan kepada 24 wilayah terkait prediksi cuaca ekstrem. Ia menjelaskan cuaca ini erat kaitannya dengan monsoon asia yang bergerak dari Asia ke Australia melalui Indonesia. Guswanto menambahkan, kejadian ini menimbulkan beberapa siklonik di bagian utara dan selatan pulau Jawa. Dari sekitar 24 provinsi menurutnya yang perlu diwaspadai adalah di Jawa Tengah, Papua, Jawa Timur, dan Kalimantan Utara.


"Khusus untuk DKI Jakarta, memang hari ini prakiraan tanggal 8 dan 9 agak meningkat. Artinya curah hujannya mulai dari ringan hingga sedang namun durasinya cukup panjang. Kami lihat juga akan terus terjadi hujan," ujarnya saat diwawancarai tvOne Senin (8/2).


Guswanto kemudian menyatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan cukup baik dengan memberikan sistem peringatan dini pada bulan Oktober 2020 silam serta menggelar rapat koordinasi nasional. Saat itu BMKG mengundang beberapa BPBD dan kepala daerah. Tak hanya itu, ia mengakui BMKG juga melakukan komunikasi informal dengan babinsa dan menyebarkan informasi lewat WhatsApp group. Hal demikian dilakukan untuk mencegah timbulnya korban jiwa akibat bencana yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia.


Di ibu kota sendiri, Pemprov DKI Jakarta melakukan antisipasi musim hujan dengan menggalakkan kegiatan Siaga, Tanggap, Galang di mana seluruh jajaran memantau kondisi curah hujan. Khususnya di Jakarta, fokusnya adalah mengendalikan volume air hujan. Apabila curah hujan di atas 100 milimeter maka target Pemprov adalah memastikan membuat air kering kembali dalam kurun waktu enam jam.


"Siaga artinya seluruh jajaran memantau kondisi curah hujan di kawasan pegunungan yang konsekuensinya adalah debit air yang tinggi dari arah hulu. Alhamdulillah dengan koordinasi pengelolaan pintu-pintu air di Jakarta saat ini kondisinya terkendali. Kita bersyukur program Gerebek Lumpur yang kita jalankan beberapa bulan terakhir menunjukkan hasilnya," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun demikian ia tetap mengimbau kepada semua pihak di DKI Jakarta untuk tetap waspada karena musim hujan belum selesai.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Jokowi Cek Obat Covid-19,  Epidemiolog UI: Itu Obat Keras, Petugas Bilang Ada Bisa Bermasalah

Jokowi Cek Obat Covid-19,  Epidemiolog UI: Itu Obat Keras, Petugas Bilang Ada Bisa Bermasalah

Pandu mengatakan paket obat yg disediakan pemerintah itu kontra-produktif & tidak mendidik rakyat agar hindari konsumsi obat keras.
Presiden Cari Obat Covid-19 di Apotek di Bogor, Hasilnya Nihil

Presiden Cari Obat Covid-19 di Apotek di Bogor, Hasilnya Nihil

Presiden kemudian langsung menelepon Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.
Sabtu Pagi Harga Emas Jatuh 3,6 dolar AS

Sabtu Pagi Harga Emas Jatuh 3,6 dolar AS

Harga emas turun atau melemah pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu, 24 Juli 2021 pagi WIB).
Presiden Haiti yang Tewas Dibunuh Dimakamkan Setelah Dua Pekan

Presiden Haiti yang Tewas Dibunuh Dimakamkan Setelah Dua Pekan

Moise ditembak mati di rumahnya di Port-au-Prince pada Selasa (6/7). Pembunuhan Moise memicu krisis politik di negara miskin itu.
Filipina Diguncang Gempa Magnitudo 6,7

Filipina Diguncang Gempa Magnitudo 6,7

Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (United States Geological Survey/USGS) mengeluarkan informasi terjadinya gempa bumi magnitudo 6,7 di Filipina, Sabtu dini hari, pukul 03.48 WIB.
Ini Jadwal Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Ini Jadwal Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Sejumlah atlet Indonesia dari beberapa cabang olahraga akan memulai perjalanan tim Merah Putih dalam Olimpiade 2020 Tokyo, Sabtu.
Red Bull Alami Kerugian 26 miliar rupiah Akibatkan Tabrakan Max Verstappen vs Lewis Hamilton

Red Bull Alami Kerugian 26 miliar rupiah Akibatkan Tabrakan Max Verstappen vs Lewis Hamilton

Tabrakan antara mobil Max Verstappen dan Lewis Hamilton di Grand Prix Inggris telah mengakibatkan Red Bull mengalami kerugian sebesar 1,8 juta dolar AS.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Siang
14:00 - 14:30
OnePrix
14:30 - 15:00
Football Vaganza
15:00 - 15:30
Buru Sergap
15:30 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:30
Kabar Petang
Selengkapnya