Tutup Menu
LIVESTREAM
KRI Nanggala 402 On Eternal Patrol

KRI Nanggala 402 On Eternal Patrol

Kamis, 29 April 2021

Sabtu (24/4) menjadi hari yang kelabu bagi Bumi Pertiwi. KRI Nanggala 402, sebuah kapal selam milik Angkatan Laut Republik Indonesia yang sejatinya bertugas mengamankan teritorial, kini beristirahat dengan tenang di dasar laut utara Bali. Awaknya yang berjumlah 53 orang disebut 'on eternal patrol' atau melakukan patroli abadi, sebuah eufemisme atas gugurnya pelaut yang tengah bertugas.


Pada hari itu panglima TNI Hadi Tjahjanto mengumumkan kabar duka bahwa kapal tersebut memasuki fase 'subsunk' atau dinyatakan tenggelam. Sebelumnya, kapal selam sempat disematkan status 'submiss' atau hilang dan 'sublook' atau dalam pencarian dan diduga mengalami permasalahan.


Status tenggelam ini pun diperkuat dengan pencitraan yang dibantu oleh kapal MV Swift Rescue milik Angkatan Laut Singapura. Mereka menemukan puing utama KRI Nanggala yang tenggelam di kedalaman 838 meter. "KRI Nanggala terbelah menjadi tiga bagian seperti yang tadi sudah disampaikan oleh Panglima TNI," ucap Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono sambil menunjukkan rekaman video bawah laut kepada awak media.


Dari video yang ditampilkan tersebut tampak escape suit MK-11, buritan kapal, bagian kemudi horizontal, bagian kemudi vertikal, dan juga beberapa bagian KRI Nanggala lainnya. Dari data yang diperoleh, KSAL juga mengungkapkan bahwa kecelakaan terjadi akibat adanya keretakan pada kapal.


Sebelumnya diberitakan bahwa seharusnya KRI Nanggala 402 bertolak pada Rabu (21/4) untuk mengikuti latihan tempur. Awalnya, kapal selam buatan Jerman ini dijadwalkan untuk melakukan latihan tembak torpedo. Sesuai prosedur, penembakan tersebut juga akan dikawal oleh sea raider penjejak. Namun sesaat jelang waktu penembakan, KRI Nanggala tak kunjung meminta otorisasi penembakan. Begitu pun ketika dikontak petugas permukaan, KRI Nanggala tetap bergeming.


Selama beberapa hari tim gabungan melakukan penyisiran dan pencarian di lokasi sekitar hilangnya KRI Nanggala 402. Pencarian lalu dilokalisir di area sekitar tumpahan minyak dan pada titik-titik tersebut, petugas menemukan sejumlah benda yang merupakan bagian dari KRI Nanggala 402 seperti botol isi pelumas periskop, pelurus torpedo, serta alat sholat milik kru kapal.


Pemerintah Jamin Pendidikan Anak-Anak Prajurit KRI Nanggala

Hal demikian disampaikan oleh presiden Joko Widodo dalam siaran persnya belum lama ini. Ia mengatakan sebagai bentuk penghormatan, negara akan menjamin putra dan putri dari keluarga prajurit KRI Nanggala 402.


"Pemerintah juga akan menjamin pendidikan putra-putri dari keluarga prajurit KRI Nanggala 402 hingga jenjang pendidikan S1," tegasnya.


Dalam kesempatan tersebut Jokowi juga menyampaikan apresiasi terhadap pihak-pihak yang terlibat termasuk kepada negara-negara yang mengulurkan tangannya dalam operasi penyelamatan.

Sementara itu, secara terpisah, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan berupaya penuh melakukan peremajaan alutsista. "Kita sedang merumuskan pengelolaan pengadaan alutsista agar lebih tertib, lebih efisien," tegasnya. Ia mengungkapkan, modernisasi alat utama sistem pertahanan memang masih belum menjadi prioritas karena Pemerintah masih mengutamakan pembangunan kesejahteraan.
 

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Ancaman tersebut berupa teror kekerasan hingga peretasan, pasca dirinya menyebut "Polisi se-Indonesia
Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Sebuah video amatir yang memperlihatkan aksi pemalakan yang dilakukan oleh AH alias Si Iblis atau Sibolis viral di media sosial.
Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

PT Jasamarga melaporkan sebuah truk kontainer sempat terguling di Tol Purbaleunyi ruas Plered KM 91 mengarah ke Jakarta, pada Sabtu (16/10) petang, dan sudah berhasil ditangani pada Minggu dini hari.
Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Sebanyak 77 orang karyawan perusahaan pinjaman online (pinjol), tiba di Mapolsek Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (16/10/2021) malam.
Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Cristiano Ronaldo benar-benar berada dalam suasana hati yang baik setelah membuat rekor gol internasional lagi untuk Portugal.
Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor  Pengendara Tergencet

Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor Pengendara Tergencet

Diduga sopir yang ugal-ugalan saat di jalur ramai, Bus Sugeng Rahayu jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak 3 motor dan juga satu bus lain di depannya.
Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengakui kemenangan yang diraih oleh Jonatan Christie (Jojo) telah membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka saat melakoni laga semifinal Piala Thomas.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
Saat Ini
Best World Boxing
11:00 - 11:30
Indonesia Plus
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesia
14:00 - 15:00
OnePrix
Selengkapnya