Tutup Menu
LIVESTREAM
Hidup Susah, Mudik Pun Dilarang

Hidup Susah, Mudik Pun Dilarang

Jumat, 7 Mei 2021

Seorang wanita mendadak menangis saat diberhentikan di pos penyekatan mudik. Usut punya usut, wanita ini bingung karena diminta petugas berputar balik saat hendak menuju kampung halamannya di Lampung karena tidak membawa surat keterangan bebas COVID-19.


Di depan petugas ia memohon agar diperbolehkan melanjutkan perjalanan meski tanpa dilengkapi surat keterangan. Pasalnya, ia baru saja terkena PHK sehingga tidak lagi memiliki penghidupan di ibukota. Kesulitan inilah yang membuatnya memaksakan diri pulang kampung sendirian hanya dengan kendaraan roda dua. Tangisan dan kisah pilu sang wanita itu pun akhirnya mampu mendapat simpati dari petugas hingga akhirnya diperbolehkan lewat dengan diskresi dari petugas.


Peristiwa yang terjadi di Tangerang, Banten, Selasa (4/5) kemarin merupakan salah satu kisah pilu yang kian lazim di masa pandemi. Tak sedikit masyarakat yang terkena PHK dari tempatnya bekerja namun lantas terjebak kebijakan pelarangan mudik. Jika dilihat kembali, wanita ini merupakan salah satu orang yang beruntung. Sebab ada ratusan bahkan mungkin ribuan jiwa lainnya yang harus bertahan hidup tanpa pekerjaan, tanpa sanak saudara, dan tanpa jaminan apapun dari Pemerintah.


Mudik Awal Sebelum Dilarang

Pemerintah lewat SE No. 13 Tahun 2021 memberlakukan peniadaan mudik dari tanggal 6-17 Mei 2021 untuk seluruh wilayah Indonesia untuk pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19. Pengertian mudik yang tercantum dalan surat edaran itu ialah kegiatan perjalanan pulang ke kampung halaman selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.


Namun menyiasati larangan tersebut, masyarakat yang ingin mudik justru berangkat lebih awal dari tanggal mulai larangan. Tampak kepadatan di stasiun-stasiun kereta utama, bandara, pelabuhan, dan terminal bus. Beberapa pemudik yang diwawancarai beralasan tahun ini akan tetap mudik karena tahun lalu sudah tidak mudik lebaran. Pemerintah pun merespon hal tersebut dengan mendirikan pos-pos penyekatan dan pemeriksaan terpadu di titik-titik strategis.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Anjing Pelacak Bantu Penyekatan Suramadu

Anjing Pelacak Bantu Penyekatan Suramadu

"Penambahan pasukan dan juga penambahan K9 yang kita tempatkan di beberapa titik dan lokasi yang dimungkinkan terjadi kerusakan-kerusakan seperti beberapa waktu lalu," ujar Wakapolres.
Banyak Luka di Perut Pemuda yang Tewas di Pasar Tasikmalaya

Banyak Luka di Perut Pemuda yang Tewas di Pasar Tasikmalaya

Korban juga tampak lari dan dikejar oleh pelaku, tetapi beberapa saat kemudian korban sudah tersungkur di lantai pasar, dengan sejumlah luka pada bagian perut dan dada.
Luka Modric cs Bawa Kroasia Raih

Luka Modric cs Bawa Kroasia Raih "runner-up" Grup D Usai Bungkam Skotlandia 3-1

Tim nasional Kroasia lolos ke babak 16 besar Euro 2020 selaku runner-up Grup D seusai membungkam Skotlandia 3-1 di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia.
Pelaku Penembakan di Mangga Besar Ditangkap

Pelaku Penembakan di Mangga Besar Ditangkap

Polisi berhasil menangkap sepuluh pelaku keributan yang berakhir dengan penembakan terhadap Mochamad Idris Saputra. Dua di antara sepuluh pelaku yang diamankan merupakan wanita.
Parah! Ada 1078 Pasien Anak di RSDC Wisma Atlet

Parah! Ada 1078 Pasien Anak di RSDC Wisma Atlet

"Memang setelah lebaran sesuai yang kita prediksi akan meningkat dan meningkatnya lebih dari bulan Januari," kata Arifin.
Covid-19 Melonjak Insentif Pajak Diperpanjang

Covid-19 Melonjak Insentif Pajak Diperpanjang

Sejumlah insentif pajak akan diperpanjang hingga akhir tahun 2021, mengingat terdapat sejumlah insentif pajak yang seharusnya akan berakhir bulan Juni ini.
Erick Tohir Rilis Ivermectin, Saham Indofarma Melonjak

Erick Tohir Rilis Ivermectin, Saham Indofarma Melonjak

Saham INAF melesat 8,53% menjadi Rp2.800 per saham, Setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, merilis Ivermectin.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
02:30 - 03:00
Kabar Hari Ini
03:00 - 03:30
Buru Sergap
03:30 - 04:00
Sidik Jari
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
Selengkapnya