Tutup Menu
LIVESTREAM
Kebrutalan Zionis di Penghujung Ramadhan

Kebrutalan Zionis di Penghujung Ramadhan

Rabu, 12 Mei 2021

Akhir Ramadhan sebentar lagi. Umat muslim di seluruh dunia secara serentak mulai bersiap-siap menyambut Idul Fitri. Namun tatkala mayoritas muslim sedang berbahagia menuju Hari Kemenangan, warga Palestina justru tengah mengalami rundungan kebijakan bercorak apartheid dan kolonial dari entitas zionis di Timur Tengah.


Ketegangan meningkat di kota suci Yerusalem ketika pemukim ilegal Yahudi melakukan intimidasi yang sporadis dan terorganisir di kantong-kantong pemukiman masyarakat Palestina. Intimidasi tersebut terjadi tidak hanya bersifat fisik namun juga verbal. Melansir dari kantor berita internasional, warga pendudukan Israel meneriakkan yel-yel 'death to arab' atau kematian untuk orang-orang arab dan merebut paksa rumah-rumah mereka.


Kekerasan kian meningkat ketika Israel memperingati 'Hari Yerusalem', yaitu perayaan tahunan pendudukan Yerusalem Timur, sebuah wilayah bertembok yang merupakan rumah bagi tempat-tempat suci Muslim, Yahudi, dan Kristiani, oleh tentara kolonial Israel dalam perang 1967.


Al Aqsa, situs tersuci ketiga umat Islam juga telah menjadi titik utama kekerasan di Yerusalem pada puncak bulan suci Ramadhan. Puluhan orang terluka setelah pasukan Israel menyerbu Masjid Al-Aqsa, Sabtu (8/5) malam waktu setempat dengan menembakkan peluru karet, gas air mata, dan granat kejut ke arah warga sipil yang tengah beribadah. Warga Palestina lalu berupaya mempertahankan diri dengan melempar batu dan botol ke arah aparat bersenjata Israel. Bentrokan ini berlangsung hingga beberapa hari di luar masjid al-Aqsa sehingga menimbulkan kecaman dari dunia internasional.


Penggusuran Sheikh Jarrah dan Pendudukan Yerusalem

Dari beberapa sumber yang didapatkan, kekerasan yang dilakukan entitas zionis terhadap warga Palestina dimulai oleh rencana penggusuran terhadap beberapa keluarga Palestina dari lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur. Para tentara dan polisi Israel bersenjata lengkap memasuki rumah warga Palestina yang tengah tidur di pagi buta serta mengusir penghuni rumah tanpa alas kaki dan pakaian yang pantas.


Pemindahan paksa tersebut didasari oleh keputusan pengadilan Israel yang telah mendukung klaim pemukim ilegal Yahudi atas tanah dan rumah tempat orang Palestina tinggal selama puluhan tahun di Sheikh Jarrah. Keputusan tersebut lantas dilihat oleh Palestina sebagai upaya Israel untuk mengusir warga asli Palestina dan menduduki Yerusalem.


Untuk merespon kekerasan sistemik ini, kelompok militan Hamas di Gaza meluncurkan roket ke wilayah Israel. Entitas zionis tersebut lalu membalasnya dengan roket dan serangan udara ke wilayah yang mereka yakini sebagai basis Hamas. Puluhan warga sipil Palestina meninggal akibat serangan tersebut, beberapa di antaranya merupakan wanita dan anak-anak.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Komisi Yudisial Terima Aduan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Oleh 150 Hakim di Jatim

Komisi Yudisial Terima Aduan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Oleh 150 Hakim di Jatim

Ketua Komisi Yudisial Mukti Fajar Nur Dewata mengungkapkan pihaknya telah menerima aduan pelanggaran kode etik kehakiman yang diduga dilakukan oleh 150 hakim di Jawa Timur.
Barcelona Taklukkan Levante 3-0

Barcelona Taklukkan Levante 3-0

Barcelona meraih kemenangan meyakinkan saat menjamu Levante dalam dengan skor 3-0 dalam pertandingan Liga Spanyol pekan ketujuh di Camp Nou pada Minggu malam WIB.
Arsenal Pecundangi Tottenham Hotspur 3-1

Arsenal Pecundangi Tottenham Hotspur 3-1

Kebangkitan Arsenal berlanjut setelah Minggu malam ini menang 3-1 atas seteru berat satu kota Tottenham Hotspur ketika kedua klub London utara itu terus bergerak berlainan arah.
Anggota DPR: Tindakan penyerangan kepada para ustad tidak boleh diremehkan

Anggota DPR: Tindakan penyerangan kepada para ustad tidak boleh diremehkan

Anggota DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsyi menegaskan tindakan penyerangan kepada para ustad beberapa waktu terakhir tidak boleh diremehkan.
Setelah Enam Hari Pencarian, Bocah Dua Tahun Terjatuh di Selokan Ditemukan Meninggal

Setelah Enam Hari Pencarian, Bocah Dua Tahun Terjatuh di Selokan Ditemukan Meninggal

Bocah berusia dua tahun ditemukan tak bernyawa di Manado, Sulawesi Utara, pada Minggu setelah terjatuh di selokan Selasa (22//9).
Satu Personel Brimob Gugur Dalam Kontak Tembak di Kiwirok Papua

Satu Personel Brimob Gugur Dalam Kontak Tembak di Kiwirok Papua

Kontak tembak antara TNI/Polri dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Bintan, Papua kembali terjadi, Minggu (26/9) pukul 04.50 WIT. Satu polisi dipastikan gugur.
VIRAL, Manusia Silver Diamankan Ternyata Pensiunan Polisi

VIRAL, Manusia Silver Diamankan Ternyata Pensiunan Polisi

Dalam keterangan akun instagram @lintas.patroli yang mengunggah video tersebut menyebutkan bahwa manusia silver itu adalah pensiunan polisi.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Tantangan Hidup
02:30 - 03:00
Reka Ulang
03:00 - 03:30
Kabar Utama
03:30 - 04:00
Sidik Jari
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
Selengkapnya