Inpektur Jenderal Kementerian Pertanian (Irjen Kementan), Jan Samuel Maringka memastikan ketersediaan bawang merah dan bawang putih jelang puasa dan lebaran 2023..
Sumber :
  • Istimewa

Di Temanggung, Irjen Kementan Pastikan Ketersediaan Bawang Jelang Puasa dan Lebaran Dalam Posisi Aman

Sabtu, 25 Februari 2023 - 14:30 WIB

Temanggung, tvOnenews.com - Inpektur Jenderal Kementerian Pertanian (Irjen Kementan), Jan Samuel Maringka memastikan ketersediaan bawang merah dan bawang putih jelang puasa dan lebaran 2023 dalam kondisi aman. Kepastian ini disampaikan Jan Maringka saat meninjau kondisi bawang di Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

"Saya pastikan kondisi bawang dalam keadaan aman," ujar Jan Maringka, Jumat, 24 Februari 2023.

Meski demikian, Jan mengaku sebagian pasokan bawang putih masih didapat dari impor. Tapi, bukan berarti bawang putih lokalnya tak ada. Menurutnya para petani di sejumlah sentra terus melakukan penanaman. Bahkan dia menyebut setiap importir yang memegang ijin RIPH diwajibkan melakukan penanaman

"Saya akan melihat ulang sejauh mana  pemegang RIPH Bawang Putih untuk  melunasi kewajiban tanamnya. Sudah cukup lama komitmen tanam bawang putih dari para pemegang RIPH disampaikan. Perlu dievaluasi dan kita tagih kalau belum melaksanakan kewajibannya," katanya.

Menurut Jan, bawang putih lokal memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan bawang putih impor. Di antaranya mengenai rasa dan aroma yang kuat sehingga menarik minat negara luar, terutama Taiwan untuk membeli bawang putih asal Indonesia.

"Bagi saya bawang putih lokal memiliki keunggulan dibandingkan bawang putih impor. Aromanya lebih harum, strong, dan tentu saja rasanya lebih gurih dan sedap," katanya.

Dia berharap, para petani tetap melakukan produksi dan meningkatkan kualitas bawang putih lokal untuk membuka peluang ekspor yang lebih besar. Karena itu, dia mengajak semua pihak untuk berkolaborasi menjaga dan meningkatkan produktivitas pangan Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral