ASN Kediri sedang mengemas telur dan sayuran hasil borong di petani dan peternak.
Sumber :
  • Yusuf Saputro

Gerakan #JumatBerkah, ASN Borong Hasil Panen dan Dibagikan ke Warga Terdampak Pandemi

Jumat, 22 Oktober 2021 - 12:09 WIB

Kediri, Jawa Timur - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Kediri menunjukkan kepedulian pada warga terdampak pendemi dengan berbagi sayur dan bahan lauk mentah. Para ASN ini menyisihkan gaji mereka untuk dikumpulkan lantas digunakan memborong sayuran dan bahan lauk mentah dari petani dan peternak yang kini harganya anjlok.

Kegiatan ini rutin dilakukan pada tiap hari Jumat sesuai perintah Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Masing-masing dinas akan menentukan sasaran pembelian bahan mentah dan dibagikan di sekitar kantor.

Seperti terlihat di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri, yang memborong sayur dan hasil ternak langsung dari petani dan peternak.

"Kami membeli sayuran hasil panen langsung dari lahan petani. Ada terong, tomat, dan juga telur. Beberapa komoditas ini harganya anjlok di pasaran," ujar kepala DKPP Kota Kediri M Ridwan, Jumat (22/10/2021).

Pembelian sayur dan telur ini dengan harga lebih tinggi dari pasaran. Tujuannya agar petani dan peternak ikut merasakan manfaat dari program #JumatBerkah ini.

Ridwan menjelaskan, pihaknya membeli terong dari lahan pertanian milik Syamsul Hadi yang terletak di Kelurahan Banjar Mlati, Kecamatan Mojoroto, dibeli sebanyak 1,5 kuintal.

Para ASN ini sengaja membeli dengan harga Rp1.500/kg meski di pasaran hanya sekitar Rp 800-900/kg. Sedangkan untuk telur dibeli dengan harga Rp17.000/kg padahal di tingkat peternak hanya Rp13.000/kg.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral