Sejumlah petugas membantu perbaikan rumah warga yang rusak akibat puting beliung, Jumat (22/10/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Terjangan Puting Beliung, Rusak Ratusan Rumah Warga di Kabupaten Semarang

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 06:52 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Sebanyak 111 rumah di Desa Kauman Lor Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, rusak ringan hingga berat akibat diterjang angin puting beliung, pada Kamis sore (21/10/2021) pukul 17.00. 

Sekretaris Desa Kauman Lor Muhammad Masukin mengatakan kejadian bermula saat mendung tebal lalu disusul hujan lebat.

" Biasanya sebelum hujan lebat turun hujan rintik dulu, namun kemarin saat kejadian hujan langsung turun dengan deras disertai angin kencang yang terjadi kurang lebih 3 kali. Dan gelombang angin kedua yang terbesar sehingga mengakibatkan kerusakan pada ratusan rumah, tempat ibadah, gedung sekolah, pesantren dan balai desa", kata Masukin

Dari 111 rumah itu, yang mengalami kerusakan paling parah adalah rumah milik Setyo Pilih, warga RT 2 RW 3 Dusun Krajan yang tertimpa pohon kelapa yang tumbang.

Sementara itu, Kepala Harian BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto, menjelaskan, pasca kejadian pihaknya langsung menurunkan personil dan mengamankan warga yang rumahnya rusak.

"Tidak ada korban jiwa. Hanya kerusakan material bangunan terutama bagian atap dengan total kerugian Rp25 juta, sedangkan warga yang terdampak langsung diungsikan ke lokasi yang aman," jelas Heru.

Pasca kejadian, pemerintah desa setempat segera berkoordinasi dengan Polsek, Koramil serta BPBD Kabupaten Semarang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga telah menyalurkan bantuan logistik bagi warga terdampak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral