BPBD Pasang Tenda Darurat Di RSUD (RSUD) pasca gempa.
Sumber :
  • Adit

Pasien Dievakuasi, BPBD Pasang Tenda Darurat di RSUD dr. Gunawan Mangunkusumo

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 23:46 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Gempa susulan yang terjadi di Salatiga, Ambarawa dan sekitarnya, masih terus terjadi dan dirasakan oleh masyarakat hingga Sabtu (23/10) malam pukul 21.11 Wib.

Dari informasi situs BMKG tercatat gempa ke 24, pusat gempa berada di darat 9 km barat laut Kota Salatiga dengan kedalaman gempa 11 Km dengan koordinat 7,27 LS-110,43359 BT, berkekuatan magnitudo 2.9 SR.

Guna mengantisipasi adanya dampak buruk dari getaran yang ditimbulkan oleh rentetan gempa ini, BPBD Kabupaten Semarang mendirikan tenda darurat dengan kapasitas 20 bed, di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Gunawan Mangunkusumo Ambarawa.

" Atas permintaan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Gunawan Mangunkusumo Ambarawa, kami BPBD Kabupaten Semarang memasang satu buah tenda darurat di halaman RSUD. Pemasangan tenda darurat ini merupakan bentuk kewaspadaan pihak rumah sakit apabila nanti ada kejadian yang tidak diinginkan dan membutuhkan evakuasi dengan segera, sehingga keselamatan pasien bisa tetap terjaga", ujar Kepala Harian BPBD Heru Subroto.

Sementara itu dihubungi secara terpisah, Bupati Semarang Ngesti Nugraha, mengatakan untuk antisipasi kejadian tak terduga di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Gunawan Mangunkusumo Ambarawa kami melakukan evakuasi sejumlah pasien agar lebih nyaman dan tidak takut jika terjadi getaran akibat gempa.

" Malam hari ini(Sabtu, 23/10/2021) sejumlah pasien Covid-19 kami evakuasi ke RSUD Dr. Gondo Suwarno, Ungaran. Hal ini dilakukan demi keselamatan pasien jika dalam perkembangannya terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Pemindahan pasien Covid 19 ini dilakukan karena pasien Covid-19 memerlukan perawatan khusus yang tidak bisa dilakukan diluar ruang isolasi. Sementara untuk pasien umum lainnya yang berada di lantai 2 RSUD dr. Gunawan Mangunkusumo kami pindahkan ke lantai 1", Ujar Ngesti.

Evakuasi pasien di RSUD dr. Gunawan Mangunkusumo ini merupakan bentuk antisipasi Pemkab Semarang jika dalam perkembangannya terjadi getaran yang lebih kuat dan menyebabkan kejadian tak terduga di rumah sakit.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral