Pengelola Wahana Permainan di Kota Kediri Wajib Catat Alamat Pengunjung.
Sumber :
  • tvone - yusuf saputro

Pengelola Wahana Permainan di Kota Kediri Wajib Catat Alamat Pengunjung

Minggu, 24 Oktober 2021 - 11:59 WIB

Kediri, Jawa Timur - Pengelola wahana permainan di Kota Kediri telah diperbolehkan beroperasi seiring status level 1 PPKM Jawa Bali. Berdasarkan Instruksi Mendagri, nomor 53 tahun 2021, Kota Kediri merupakan salah satu dari 9 pemda di Jawa yang masuk level 1.

Dalam status level 1, anak-anak dibawah usia 12 tahun kini juga bebas masuk ke arena permainan yang ada di pusat perbelanjaan atau mall. Meski telah dilonggarkan, namun sejumlah kebijakan baru ditetapkan, diantaranya pencatatan alamat pengunjung.

Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar dalam siaran pers tertulis menyampaikan bahwa masyarakat dapat kembali berkunjung ke pusat perbelanjaan, termasuk mengajak serta buah hatinya.

"Saat ini, Pemkot Kediri telah memperbolehkan anak di bawah 12 tahun memasuki mall dengan syarat pendampingan orang tua. Namun saya tetap berharap para orang tua selalu mengawasi dan patuhi protokol kesehatan," ujar Walikota Kediri.

Kebijakan pencatatan alamat pengunjung menjadi salah satu syarat bagi pengelola wahana, yang ingin membuka layanan. Selain penerapan protokol kesehatan yang juga wajib dijalankan di tempat wahana permainan.

Menurut Walikota Kediri, pencatatan alamat pengunjung akan lebih baik bila dilengkapi nomor handphone. Tujuannya adalah memudahkan untuk keperluan tracing bila ada temuan kasus penularan Covid-19.

Pengelola wahana permainan di Kota Kediri menyambut baik kembali dibukanya tempat usaha mereka. salah satunya adalah Game Fantasia di Kediri Town Square. Untuk memenuhi syarat pendataan alamat, pengelola Game Fantasia hanya melayani member saja.

"Tiap pengunjung yang bermain disini otomatis akan menggunakan kartu membernya untuk transaksi permainan. Di dalamnya sudah ada nama, nomor hp, dan alamat orang tua. Sehingga nanti jika ada keperluan tracing, kami sudah memiliki rekap data kunjungan," ujar Store Manager Game Fantasia Kediri, Tatit Wulandaru.

Teknis masuknya pengunjung pun berbeda dengan sebelum pandemi. Manager Kediri Mall Irwan Juli Hardianto menyampaikan wahana bermain yang ada di Kediri Mall telah menyediakan sarung tangan bagi para pengunjung.

"Setiap pengunjung yang masuk akan diberi sarung tangan plastik dan harus dipakai selama bermain. Pengelola juga secara rutin melakukan desinfeksi di seluruh wahana bermain," ujar Irwan.

Selain membuka seluruh pusat perbelanjaan, saat ini, di Kota Kediri juga telah dapat mengadakan pertunjukan seni, budaya, dan sosial masyarakat dengan kapasitas maksimal 75 persen.(Yusuf Saputro/rey)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
03:14
02:13
03:28
Viral