Antisipasi El Nino, Kementan susun berbagai strategi.
Sumber :
  • Julio Trisaputra-tvOne

Antisipasi El Nino, Kementan Susun Berbagai Strategi

Sabtu, 29 April 2023 - 13:49 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Pertanian (Kementan) akan mengantisipasi musim kemarau tahun ini melalui beberapa upaya.

Apalagi cuaca yang anomali saat ini Indonesia harus menyusun strategi ketahanan pangan agar jangan sampai terjadi kelangkaan.

"Kita harus melakukan upaya antisipasi perubahan iklim terutama saat kemarau nanti. Seperti memanfaatkan infrastruktur air seperti embung dan parit maupun long storage saat kemarau datang," ujar Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jumat (28/4/2023).

Kondisi iklim kedepan (musim kemarau), seperti yang sudah BMKG prakirakan, akan terjadi kemarau yang ekstrim (El Nino). Sehingga, hal ini perlu diwaspadai.

"Kondisi kemarau harus diwaspadai. Terutama pada bulan Agustus yang diprediksi menjadi puncak musim kemarau tahun ini," kata Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil mengatakan terkait dengan ancaman El Nino Agustus mendatang, Kementan menyiapkan berbagai antisipasi kekeringan.

"Di antaranya mendorong petani untuk ikut program asuransi usaha tani padi (AUTP) dan mengerahkan gerakan serbu El Nino melalui penggunaan pompa air di wilayah-wilayah rentan kekeringan dengan memanfaatkan sumber-sumber air yang ada," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral