Sejumlah Mobil Isi BBM di SPBU.
Sumber :
  • Joni Banne Tonapa

Ini Cara Pengepul Timbun BBM di Tengah Kelangkaan

Rabu, 27 Oktober 2021 - 12:00 WIB

Toraja, Sulawesi Selatan - Kelangkaan BBM di Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, sejak tiga minggu terakhir terus terjadi. Hal tersebut kemudian diduga dimanfaatkan sejumlah oknum pengepul untuk meraup cuan dengan cara mengantre di SPBU menggunakan kendaraan dengan tangki rakitan dan jeriken. 

Lemahnya pengawasan baik dari pihak keamanan maupun dinas terkait, membuat para pengepul di dua kabupaten berani melakukan aksinya. Seperti yang tertangkap kamera di salah satu SPBU di Toraja Utara, ada yang membeli bahan bakar minyak menggunakan jeriken kemudian diangkut dengan mobil truk.

Selain itu, juga terekam saat sebuah mobil Kijang yang menggunakan tangki rakitan sedang mengisi BBM, mobil angkot yang membawa puluhan jeriken, motor dengan tangki yang telah dimodifikasi, dan bahkan untuk mengelabui petugas, beberapa oknum pengepul yang menggunakan mobil kemudian menyedot BBM ke dalam jeriken agar bisa kembali ikut mengantre di SPBU.

Padahal, berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, saat ini setidaknya ada delapan SPBU di dua Kabupaten di Toraja dipasok BBM jenis Pertalite, sebanyak kurang lebih delapan ton per SPBU. Namun sayang pasokan tersebut seolah tak mencukupi kebutuhan masyarakat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral