Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan jadi perantara rencana pertemuan Surya Paloh-Jokowi..
Sumber :
  • Sumber: Viva

Partai NasDem Minta Luhut Perantara Pertemuan Jokowi-Surya Paloh, Begini Riwayat Kedekatan Luhut dengan Presiden

Sabtu, 6 Mei 2023 - 17:28 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali dijadikan "perantara" untuk membuka komunikasi antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Presiden Jokowi.

Kiprah Luhut sebagai jembatan komunikasi Surya Paloh dengan Jokowi bukan hanya sekali ini saja. Setidaknya Luhut lebih dari dua kali menemui Surya Paloh sebagai "utusan" Presiden untuk membahas dinamika politik nasional.

Selain pertemuan di Wisma Nusantara, Jumat (5/5/2023), Luhut Binsar Pandjaitan dan Surya Paloh juga pernah bertemu di London, Inggris saat Partai NasDem baru mendukung Anies Baswedan sebagai Capres.

Ihwal kedekatan Luhut dengan Jokowi memang bukan hal baru. Presiden berkali kali memberikan tugas khusus pada Luhut selain tugasnya sebagai Menko Maritim dan Investasi. Sejak penanganan pandemi covid 19 hingga sengkarut harga minyak goreng; dari mencari investor untuk IKN hingga menggaet fulus untuk membiayai kereta cepat Jakarta-Bandung.

Karena berbegai perannya tersebut, sejumlah warganet menyebut Luhut sebagai menteri segala urusan.

Riwayat kedekatan Luhut-Jokowi

Kepercayaan Jokowi pada Luhut tak dibangun dalam semalam. Sejatinya, sejak perkoncoan keduanya terjalin sejak lama. Keduanya disebut telah mengenal sejak 15 tahun silam. Peneliti Lowy Institute, Aaron L Connelly, dalam jurnalnya yang berjudul Indonesia Foreign Policy Under President Jokowi, menyebutkan, Luhut dan Jokowi saling mengenal pada tahun 2008.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral