Gempa kembali Guncang Ambarawa, BPBD Terus Siaga.
Sumber :
  • tvOne/aditya bayu c

Gempa Kembali Guncang Ambarawa, BPBD Semakin Bersiaga

Kamis, 4 November 2021 - 10:35 WIB

Semarang, Jawa Tengah- Gempa  kembali mengguncang wilayah Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sesuai dengan rilis yang dikeluarkan melalui website BMKG, gempa yang terjadi pada Kamis (4/11/2021) pukul 05.17 Wib, berkekuatan magnitudo 2,6 dan terjadi di kedalaman satu kilometer. Gempa tersebut menjadi yang ke-41 dalam rentetan gempa darat yang tetjadi di wilayah Salatiga - Ambarawa dan 3 pekan terakhir.

Kepala Harian BPBD Kabupaten Semarang, Heru Subroto, mengatakan, jika gempa kamis pagi tadi yang terjadi di wilayah Ambarawa, dirasakan oleh warga Ambarawa dan sekitarnya. Meski demikian aktivitas warga pada pagi hari ini nampak normal dan berjalan seperti biasa.  

"Gempa pagi tadi (kamis, 4/11/2021), memang dirasakan oleh warga namun hal ini tidak berdampak pada aktivitas masyarakat. Semua kegiatan masyarakat hari ini berjalan normal dan tidak terdampak dari gempa swarm yang masih terus terjadi. Meski demikian kami tetap mengingatkan masyarakat agar selalu waspada karena datangnya gempa ini tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi sewaktu waktu", ujarnya.

Saat ini BPBD masih menyiagakan tenda darurat di rumah sakit umum daerah(RSUD) Dr. Gunawan Mangunkusumo Ambarawa. BPBD juga menyiagakan posko induk bencana gempa Ambarawa.

"Guna mendukung kesiap siagaan bencana akibat gempa Ambarawa dan mempercepat evakuasi masyarakat dan pasien RSUD Ambarawa, kami tetap menyiagakan tenda darurat di halaman RSUD. Selain itu kami juga terus menyiagakan posko induk bencana yang ada di kantor BPBD. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak percaya pada informasi yang belum tentu kebenarannya serta melaporkan kepada BPBD jika ada sesuatu hal akibat dari gempa swarm yang terjadi", pungkas Heru. (aditya bayu/ari)  

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral