Petugas dari Dinas ESDM Periksa Kandungan Air Bercampur Minyak di Sumur Warga di Sumedang.
Sumber :
  • Lutfi Setia Rafsanjani

Heboh Minyak dalam Sumur di Sumedang, ESDM : Bukan Mengandung Minyak tapi Tercemar Solar

Rabu, 10 November 2021 - 11:09 WIB

Kabupaten Sumedang, Jawa Barat - Setelah heboh sebuah sumur yang mengandung minyak di Desa Cisempur, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Tim Dinas ESDM Jawa Barat mendatangi lokasi sumur dan memeriksa kandungan di dalamnya.

Di lokasi sumur milik warga atas nama Dadang, Analis Potensi Sumber Air Tanah cabang Dinas ESDM Jabar wilayah 5 Sumedang Evo Riskandar mengatakan, pihaknya kini tengah memeriksa sumur dan mengambil sampel untuk diteliti lebih lanjut.

"Kita ambil sampel untuk dibawa ke laboratorium dalam hal penelitian lebih lanjut," ujarnya di lokasi sumur, Selasa (9/11/21) petang kemarin.

Meski belum dilakukan penelitian lanjutan, lanjut Evo, pihaknya memastikan kandungan minyak dalam sumur adalah jenis solar. Namun solar tersebut bukan berasal dari dalam tanah, melainkan tercemar dari luar.

"Ini solar ya, tercemar bukan mengandung," tuturnya.

Pihak Dinas ESDM pun kini berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mencari penyebab pencemaran, lantaran di lokasi Desa Cisempur tidak ada indikasi pipa Pertamina maupun potensi minyak di dalam tanah.

"Ini dari banyaknya sumur hanya satu ini yang tercemar solar, kita belum tahu dari mana asalnya, rencana akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian," ungkapnya. (Lutfi Setia Rafsanjani/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral