dedengkot Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang.
Sumber :
  • Istimewa

Dituding Ajak Jemaah Tawaf Keliling Ponpes Al Zaytun Pakai Mobil, Panji Gumilang Langsung Tunjukkan Bukti

Sabtu, 1 Juli 2023 - 17:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Soal Ponpes Al Zaytun masih menjadi buah bibir masyarakat. Hal ini lantaran, berbagai media massa memberitakan soal isu ponpes tersebut. 

Namun, baru-baru ini dedengkot Ponpes Al Zaytun angkat bicara serta menunjukan bukti atas tudingan yang menyudutkan pondok pesantrennya yang diucapkan Pendiri NII Crisis Center Ken Setiawan.

Di mana Ken Setiawan menyebutkan santri Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu memiliki haji sendiri setiap tanggal 1 Muharram dalam kalender Hijriah. Ken katakan para jemaah berkeliling bangunan Ponpes Al Zaytun menyerupai jemaah haji berkeliling Kabah di Mekah. 

"Bedanya, jemaah Al Zaytun tawaf menggunakan mobil," sebut Ken Setiawan dalam seminar mewaspadai penyimpangan agama melalui doktrin radikalisme, yang diselenggarakan oleh Nii Crisis Center, di pondok pesantren Hidayatut Tholibin, Desa Karanganyar, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat Minggu, (18/6/2023).


Pendiri NII Crisis Center, Ken Setiawan

Kemudian, hal tersebut pun langsung ditanggapi Panji Gumilang hingga menujukan buktinya. Dia katakan, bahwa apa yang disampaikan Ken Setiawan adalah salah satu cara untuk menyudutkan Al Zaytun, dia mengatakan tuduhan tersebut tidak benar.

“Itulah dalam rangka menyudutkan orang. Lah kalau itu dipercayai, kacau dunia. Sangat tidak benar,” ujar dedengkot ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang seperti dilihat dalam TikTok Heri Patoeng pada Sabtu, (1/7/2023).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral