Ibu yang Mau Melahirkan Menahan Sakit ketika Lewati Jalan yang Rusak Parah.
Sumber :
  • Didi Syachwani

Jalan di Sampit Rusak Parah, Ambulans yang Bawa Ibu Melahirkan Nyaris Celaka

Kamis, 11 November 2021 - 08:03 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Seorang ibu muda bernama Mimi Sari (21), warga Desa Tumbang Manya, Kecamatan Antang Kalang, nyaris saja mengalami nasib fatal saat melahirkan anak pertamanya, akibat ambulans milik Puskesmas Tumbang Kalang, yang membawanya untuk dirujuk ke RSUD Dr Murdjani Sampit, sempat terjebak macet akibat jalan yang mereka lalui kondisinya rusak parah.

"Kami berangkat dari puskesmas sekitar pukul 1 siang, dan baru tiba di RS Murdjani sekitar pukul 18.30 WIB, akibat terjebak macet di jalan yang rusak parah," ungkap bidan yang mendampingi Mimi Sari, Reski Fauzianti, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya pula, keputusan rujuk itu terpaksa diambil oleh pihak puskesmas sebab saat dibawa keluarganya ke puskesmas, pasien sudah mengalami pembukaan lengkap tapi bayinya tidak bisa lahir, padahal mereka sadar medan perjalanan menuju Sampit cukup sulit dilewati.

"Kondisi ibu dan janinnya cukup kritis, sebab janin sudah stres (fetal distres), dan ibunya juga mulai demam. Kemungkinan ini adalah akibat telah terjadi infeksi karena air ketuban yang sudah pecah dan berwarna hijau," terang Reski, yang dalam perjalanan ditemani asisten bidan, Dewi Utari dan sopir, Dwi Aristya, yang juga merupakan perawat di Puskesmas Tumbang Kalang.

Rabu malam, sang ibu dan janinnya sudah ditangani oleh pihak RSUD Dr Murdjani. Namun proses persalinannya belum bisa dilakukan sebab kondisi jangung janin tersebut masih belum stabil. "Ibunya masih di ponek," katanya.

Menurut Reski, persoalan jalan di daerah pedalaman menuju Sampit yang rusak parah, memang merupakan beban bagi tenaga medis seperti dirinya, saat merujuk pasien. Apalagi kendaraan ambulans jenis minibus yang mereka gunakan sebenarnya sangat tidak cocok dengan medan yang dilalui.

Bisa dibayangkan, bagaimana penderitaan yang dirasakan pasien yang tubuhnya harus terguncang hebat saat mobil ambulans yang mereka tumpangi berjuang keras melewati jalan yang rusak dan  berlumpur, terutama di saat musim hujan seperti sekarang ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral