Danau Sentarum Meluap.
Sumber :
  • Wuri

Diguyur Hujan Sejak Awal November, Danau Sentarum Terus Meluap

Senin, 15 November 2021 - 08:05 WIB

Kapuas Hulu, Kalbar - Hujan deras yang terus mengguyur Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum sejak awal November 2021 menyebabkan kenaikan tinggi muka air danau yang cukup signifikan. Intensitas hujan yang tinggi dan hampir merata di Kawasan Danau Sentarum dan sekitarnya mempercepat laju kenaikan, mencapai 5-10 cm setiap harinya.

Kawasan seluas 127.393,40 ha ini merupakan reservoir yang berfungsi sebagai pengatur tata air yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu, dimana menjadi penampung limpahan air dari sungai Kapuas dan mensuplai air ke hilirnya. Namun, karena tingginya intensitas hujan yang terjadi baik dari hulu maupun hilir, menyebabkan tinggi muka air di danau juga terus mengalami kenaikan.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) Wahju Rudianto mengatakan, kondisi air danau yang semakin tinggi sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat yang ada di Kawasan Danau Sentarum, sebagian besar pemukiman masyarakat mulai tergenang.

"Hasil tangkapan ikan yang menjadi penopang perekonomian masyarakat di danau juga semakin sulit. Selain itu, madu hutan yang dihasilkan dari kawasan Danau Sentarum juga terancam gagal panen karena sarang lebah madu hutan yang ikut tergenang. Hal tersebut tentunya berdampak terhadap penghasilan yang didapat oleh masyarakat untuk pemenuhan kehidupan sehari-harinya.” ungkapnya kepada tvOnenews, senin (15/11) usai  melakukan kunjungan langsung ke Danau Sentarum untuk melihat kondisi danau.

Selain itu menurutnya,  tingginya muka air danau yang terus naik berdampak terhadap fasilitas wisata yang telah  dibangun. "Beberapa fasilitas wisata seperti dermaga dan walking bridge yang ada di Pulau Sepandan dan Bukit Tekenang ikut tergenang air “ tambah Wahju. Wuri/Ner

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
03:14
02:13
03:28
00:58
06:16
Viral