Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memantau dampak tanah bergerak di Desa Karanggintung, Gandrungmangu, Cilacap, Kamis (18/11/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Ian Sutriana

Sepekan Terakhir Banjir, Longsor dan Tanah Bergerak Landa Wilayah Cilacap

Jumat, 19 November 2021 - 10:32 WIB

Cilacap, Jawa Tengah - Dalam sepekan ini, wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah diterjang sejumlah peristiwa bencana alam.

Dari pantauan tvonenews dalam waktu sepekan ini bencana alam seperti banjir, longsor dan tanah bergerak terjadi di sejumlah pemukiman warga di Kabupaten Cilacap. 

Seperti banjir yang melanda empat desa di Kecamatan Majenang akibat jebolnya tanggul sungai Cikawung. Hari Jumat pagi (19/11/2021) ini pantauan banjir mulai surut dan warga mulai pulang dari tempat pengungsian. 

Bencana pergerakan tanah juga terjadi di Desa Karanggintung, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 

Pergerakan tanah ini merupakan pergerakan susulan setelah peristiwa amblasnya tanah di pemukiman warga pada bulan Mei 2021 lalu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama pejabat pemerintah daerah dan anggota DPRD Cilacap, telah melakukan tinjauan langsung ke lokasi bencana alam pergerakan tanah tersebut. 

“Jadi kalau dari sisi geologisnya ini tidak memenuhi syarat dan pergerakannya ternyata sudah sejak Mei dan ini bergerak lagi. Tapi ini tadi indikasinya ada pengaruh dari cuaca, maka ya suka tidak suka, mau tidak mau mereka ngungsi dulu. Ini satu keluarga ternyata dan ibunya paling parah, jadi mereka ngungsi dulu, mereka kami kasih bantuan,” ucap Ganjar saat meninjau lokasi bencana pada Rabu (17/11/2021) kemarin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral