Roy Suryo.
Sumber :
  • tvOne

Roy Suryo Kritik Perayaan HUT RI Pakai Lagu Rungkad: Joget-joget Kayak Film G30S PKI

Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:08 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Perayaan HUT ke-78 RI di Istana Negara dengan adanya sesi lantunan lagu Rungkad oleh Putri Ariyani kemudian joget-joget jadi sorotan Roy Suryo

Mantan Menpora era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menilai cara itu justru menodai peringatan HUT RI di Istana Negara.

Roy menjelaskan lagu Rungkad itu yang ia ketahui berasal dari Bahasa Jawa. Ia mengetahui sejak kecil bahwa makna rungkad itu seperti jebol atau mirip dengan kata ambyar.

"Jadi, memang ada perluasan arti. Tapi, ini dalam bahasa tradisional, apa yang terjadi itu, maksudnya mau benar, tapi tidak benar. Maksudnya mau betul tapi jadi salah," kata Roy dalam Catatan Demokrasi tvOne pada Rabu (23/8/2023).

Dia mengingatkan peringatan HUT RI di Istana itu mesti dilakukan dengan khidmat. Kata Roy, meriah boleh tapi mesti ada tempatnya. Menurut dia, biasanya ada pemisahan tempat serta waktu antara kemeriahan dan peringatannya.

Namun, ia juga mengapresiasi ada sesi rangkaian yang positif dalam peringatan HUT RI di Istana.

"Bagus, ketika ada variasi, ketika dulu-dulu gak ada kereta kencana yang membawa bendera dari Monas ke Istana. Itu modifikasi yang bagus," tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
08:58
01:43
08:40
04:43
01:04
Viral