Memilukan Kondisi Kalimantan Timur, 154 Titik Panas Indikator Awal Karhutla Terpantau.
Sumber :
  • Istimewa

Memilukan, Kondisi Kalimantan Timur Saat Ini, 154 Titik Panas Indikator Awal Karhutla Terpantau

Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:35 WIB

Balikpapan, tvOnenews.com - Memilukan kondisi Kalimantan Timur, pasalnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 154 titik panas indikator awal kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Kalimantan Timur selama periode pemantauan Sabtu (26/8/2023), sekira pukul 01.00 hingga 24.00 WITA.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman-Sepinggan Balikpapan, Diyan Novrida menyampaikan bahwa selama kurun itu titik panas terpantau di Kabupaten Paser (2), Kutai Barat (6), Kutai Timur (52), Kutai Kartanegara (2), Berau (90), dan Mahakam Ulu (2).

Di wilayah Kabupaten Berau, ia mengatakan, titik panas dengan tingkat kepercayaan menengah terdeteksi di Kecamatan Kelay Gunung Tabur, Pulau Derawan, Sambaliung, dan Segah.

Selain itu, titik panas terpantau di wilayah Kecamatan Batu Sopang dan Pasir Belengkong di Kabupaten Paser serta Kecamatan Long Iram dua dan Muara Pahu di Kabupaten Kutai Barat.

Diyan jelaskan, informasi mengenai sebaran titik panas sudah disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah di tingkat provinsi dan kabupaten.

Kemudian dia mengingatkan warga agar selama musim kemarau tidak melakukan tindakan yang bisa memicu kebakaran seperti membuang puntung rokok sembarangan serta melakukan pembakaran untuk membuka atau membersihkan lahan. (ant/aag)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral