Ilustrasi pemeriksaan eSAF..
Sumber :
  • astra-honda.com

KNKT Umumkan Hasil Penelitian Rangka eSAF

Rabu, 27 September 2023 - 21:50 WIB

tvOnenews.com – Menindaklanjuti adanya keluhan masyarakat terkait rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) sepeda motor Honda, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah mengadakan penelitian terhadap masalah ini mulai 29 Agustus hingga 11 September 2023.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengungkapkan penelitian dilakukan dengan mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda di Kawasan Industri Indotaise Karawang pada hari Jumat (01/09). AHM membuat rangka eSAF dari raw material berupa High tensile plate yang akhirnya diproses dengan pelapisan coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping.

Pada hari yang sama, KNKT juga melihat proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding dan pelapisan. Item kontrol baik berupa dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan. Berdasarkan hasil perhitungan finite element method, dapat dikatakan structure eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi. Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah Yield Point dari material.

KNKT juga meneliti rangka eSAF dari motor konsumen. Berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan adanya karat yang merupakan gabungan dari berbagai jenis karat. Penyebabnya karena kelembaban udara di sekitar rangka, sisa kotoran akibat motor jarang dirawat atau bersihkan dan lainnya.

Berdasarkan hal tersebut di atas, KNKT memberikan beberapa rekomendasi untuk peningkatan kualitas yang disesuaikan dengan iklim indonesia. Pertama, PT AHM diminta untuk melakukan evaluasi dan optimalisasi terhadap prose surface treatment (coating) untuk peningkatan perlindungan dari korosi.

Kedua, melakukan evaluasi dan optimalisasi terhadap lubang pembuangan (drain hole) baik pada rangka maupun pada cover bagian bawah. Ketiga, melakukan evakuasi dan optimalisasi tambahan perlindungan untuk acrylic coating, terutama pada rangka bagian bawah.

Terakhir, membuat program pemeriksaan dan penanganan yang diperlukan pada rangka nomor eSAF.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral