Inspektur Jenderal Kementan, Jan Samuel Maringka..
Sumber :
  • Humas Kementan

Perkuat Ketahanan Pangan Nasional, Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Gelar Rakorwas di Kepulauan Bangka Belitung

Jumat, 29 September 2023 - 12:40 WIB

tvOnenews.com - Untuk mengawal program Kementerian Pertanian di Kepulauan Bangka Belitung, Inspektur Jenderal Jan Samuel Maringka menggelar rapat Koordinasi Pengawasan Bidang Pangan, dengan mengusung tema Sinergi APIP dan APH Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan, pada Rabu 27 September 2023 lalu.

Rapat Rakorwas yang dihadiri pula oleh pemerintah daerah, Forkopimdo, Apdesi serta seluruh stakeholder terkait, Jan MAringka menekankan pada percepatan program strategis program prioritas dan super prioritas Kementerian Pertanian, sekaligus melindungi keberpihakan pengelolaan dana desa berbasis pertanian.

”Kita bisa lihat di seluruh Indonesia ada sekitar 70ribu lebih desa, masing-masing mendapatkan bantuan dana desa 1 milyar, tentunya dengan adanya pertemuan semacam ini, rapat koordinasi, kemudian kita sosialisasi ada peraturan dari Menteri Keuangan no. 201 tahun 2022, agar setiap kepala desa mengalokasikan minimal 20% anggaranya untuk kegiatan yang terkait dengan pertanian,” ungkap Irjen Kementan, Jan Maringka.

Melengkapi kunjungannya ke Pulau Bangka, Jan MAringka juga menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satu Bumdesma di wilayah Bangka Selatan. Sebuah perusahaan pengolah Lada Putih yang produknya dikenal hingga ke luar negeri, sebagai Lada dengan tingkat kepedasan dan kehangatan tertinggi di dunia.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian bantuan berupa bibit Hortikultura kepada pihak Pondok Pesantren An-Nawawi, Tanjung Pandan, sebagai bukti nyata dukungan pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan khususnya di Kepulauan Bangka Belitung.

”Tentu kegiatan semacam ini perlu mendapat dukungan, kita lihat tadi sinergi antara kementerian pertanian, kementerian desa, dengan dikawal oleh aparat penegak hukum. Kejaksaan juga memiliki program Jaga Desa, kita mengharapkan dari Desa untuk Indonesia,” tambah Irjen Kementan, Jan Samuel Maringka.
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral